Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Tulisan ini merupakan kajian argumentasi tentang tiga aspek rahasia dalam proses kreatif Kasino Brothers.

Terkadang musisi tidak merasakan bahwa dirinya adalah seorang musisi, dan adapula yang menganggap (berandai-andai) bahwa dirinya adalah musisi. Beberapa calon musisi membutuhkan momen untuk menyadari bahwa ia adalah seorang musisi, dan momen tersebut dapat diciptakan dalam sebuah pencapaian. Pencapaian itu berbeda-beda tergantung dengan profesi yang akan dicapai, misalnya menjadi pengajar, pencipta, arranger, dan penyaji musik (performer).

Berdasarkan pengalaman yang telah saya alami, tujuh tahun menjadi akademisi musik tidak membuat saya merasakan bahwa saya adalah seorang musisi penyaji (performer). Namun momen yang membuat saya merasakannya adalah ketika grup band saya, Kasino Brothers, menjadi The Mighty 8 Supermusic ID Rockin' Battle. Dengan pencapaian itu saya mendapatkan momen bahwa saat ini saya adalah seorang musisi dengan titel performer.

Triol Aspect

Proses kreatif dalam mencapai suatu momen merupakan hal terpenting yang harus diamati dan dipelajari, karena akan menjadi bekal dalam karier musik seorang musisi. Dalam proses tersebut saya menemukan tiga aspek penting yang membantu saya dan Kasino Brothers menemukan suatu keselarasan dalam berkarir di dunia musik, aspek itu saya beri nama TRIOL ASPECT.

Triol dalam bahasa musik adalah suatu nilai ketukan pada notasi balok yang artinya dalam satu ketukan terdapat tiga nada (Prier : 3)

Ilustrasi diatas merupakan bentuk dari triol dalam notasi balok yang akan saya gunakan untuk membuat struktur TRIOL ASPECT.

Aspek pertama ialah MUSIKALITAS, merupakan kemampuan individu atau kelompok dalam bermusik. Contohnya bermain alat musik hingga menciptakan karya musik. Musikalitas dapat ditingkatkan dengan cara melatih kemampuan bermusik berdasarkan karakter musik yang diinginkan. Diskusi atau biasa disebut dengan kata sharing dapat meningkatkan musikalitas dan juga dapat mengetahui tingkat musikalitas yang dimiliki. Sharing dapat dilakukan bersama kolega yang memiliki kemampuan bermusik, misalnya perfomer, guru, pengamat, hingga penikmat musik. Untuk mendapatkan kolega dalam kategori tersebut dibutuhkan 'LINKUNGAN' yang mendukung dan cocok sebagai wadah untuk sharing.

Penulisan kata 'LINKUNGAN' berbeda dengan kata LINGKUNGAN karena ada perubahan huruf ‘G’ yang digantikan dengan huruf ‘K’. Dapat dikatakan istilah 'linkungan' ini merupakan makna konotatif dan juga dalam ilmu bahasa sekilas seperti homofon. Maksud dari mengubah huruf ‘G’ menjadi huruf ‘K’ adalah untuk memperluas arti dari kata sebelumnya, berdasarkan artinya 'LINK' adalah koneksi dari suatu sumber ke sumber lainnya.

LINKUNGAN para musisi saat ini dapat berupa komunitas musik hingga komunitas seni kolektif lainnya. Bergabung dengan komunitas dapat meningkatkan relasi atau link, hal ini tentu saja dapat memberikan suatu hasil yang dinginkan oleh musisi, misalnya panggung pertunjukan musik. 'LINKUNGAN' yang baik akan membantu musisi untuk mengenal budaya lainnya seperti media partner, event organizer, hingga sponsorship.

Hal penting lainnya dalam TRIOL ASPECT ini adalah looks atau penampilan. Looks menjadi kata yang kerap digunakan dalam komunikasi mengenai physical appearance. Physical appearance meliputi bentuk tubuh hingga jenis fashion yang digunakan. Mengapa hal ini (looks) dikatakan penting? Karena musisi membutuhkan disiplin atau penguasaan ilmu yang lain untuk mendukung penampilannya, yaitu fashion, tidak hanya memikirkan musikalitas dan 'linkungan' (relasi) namun juga memikirkan penampilan fisiknya agar selaras dengan style musik yang dipilih.

Dalam Ilustrasi TRIOL ASPECT yang saya buat tertulis ATTITUDE, dalam hal ini attitude merupakan ritme, sedangkan musikalitas linkungan dan looks adalah nada, jadi dapat di analogikan bahwa ATITUDE adalah ritme yang selalu menguatkan setiap nada (musikalitas, linkungan, looks).

Ketiga aspek yang telah dikemukakan merupakan skema rahasia proses kreatif saya bersama Kasino Brothers. Dengan menggunakan TRIOL ASPECT, saya dan personel Kasino Brothers lainnya dapat mencapai suatu momen dari hasil proses dalam bermusik.

Lantas setelah proses TRIOL ASPECT mau ngapain?

Yaa MANGGUNG LAH ! PERFORM !!!

*Foto: Dokumentasi pribadi penulis

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Kasino Brothers #jeffika wijaya #Yogyakarta #jogja #triol aspect

Article Category : Noize

Article Date : 31/12/2017

Supermusic
Supermusic
Admin Music
Penulis artikel dan penggila musik rock/metal yang setiap hari ngulik rilisan baru, liputan gig, dan cerita di balik panggung band legendaris. Gue percaya musik keras itu bukan cuma suara, tapi energi dan gaya hidup. Konten gue disajikan dengan detail dan semangat yang sama garangnya sama musik yang gue bahas. Superfriends yang hidupnya nggak bisa lepas dari riff gitar dan gebukan drum pasti betah nongkrong di sini. Tiap artikel gue bikin biar lo ngerasa kayak lagi ada di depan panggung.

1 Comments

Comment
SUROSO R

SUROSO R

15/04/2025 at 16:43 PM

Jeff 'Kasino Brothers': 'Triol Aspect' dalam Bermusik
Other Related Article
1 / 10

Daftar dan Dapatkan Point Reward dari Superlive