Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Yulio Piston: Tentang Menjadi Pengkritik Musik

Author : Admin Music

Article Date : 26/06/2023

Article Category : Noize

Seiring dengan perkembangan teknologi yang luar biasa, sejumlah hal dapat dikejar dalam kurun waktu yang singkat, terlebih dengan dukungan media sosial yang kian mencengangkan. Dalam konteks musik, selain menjadi musisi, sound engineer, dan organizer, menjadi pengkritik musik, secara spesifik, atau mungkin yang hanya sebatas ingin menyampaikan kritik tentang musik, juga rasanya sangat mudah dilakukan hari ini.

Setiap orang memang bebas saja menyampaikan apa yang dirasakan tentang daftar putar mereka, entah itu format single, EP, video musik, atau album. Kalau banyak yang masih menganggap bahwa menjadi pengkritik musik itu harus melulu valid lewat pendidikan formal, dalam hal ini lulusan sekolah jurnalistik, atau minimal bekerja di media musik besar yang memiliki pengaruh signifikan, mari kita singkirkan sebentar. Soalnya, konteksnya kita akan membahas kemampuan siapa pun itu dalam mengemukakan penilaian mereka terhadap sebuah karya.

Kritik musik sendiri adalah proses atau upaya analisis serta evaluasi yang tujuannya meningkatkan pemahaman tentang musik itu sendiri. Bahkan sederhananya bisa juga sekadar memberikan apresiasi, atau dalam beberapa level tertentu, bisa sampai membantu memperbaiki beberapa kecacatan dalam sebuah karya yang dihasilkan.

Meski hal tersebut dapat dilakukan oleh semua orang, baiknya analisis atau kritik yang disampaikan dilakukan secara mendalam dan penuh rincian. Plus bijaknya lagi disampaikan dengan pendapat atau pesan yang sifatnya tidak menjatuhkan pihak-pihak tertentu, karena apabila kritik yang disampaikan itu bertujuan agar sebuah karya bisa berkembang menjadi lebih baik lagi. 

Begitu pula dalam penyampaiannya, kritiknya harus berlandaskan dasar-dasar pemahaman yang ajeg, tegas, dan objektif, tanpa ada tendesi untuk menjadi subjektif sedikit pun.

Yang pasti, proses pengkritikan tidak sesederhana terlihat seperti debat kusir yang banyak kita jumpai sehari-harinya. Meskipun musik sifatnya sangat subyektif dan sensitif, pengamatan atau riset yang dilakukan wajib bisa ditelaah secara empiris dan sistematik. Kembali lagi, pengkritik tidak boleh terbatasi oleh preferensi pribadinya saja, mungkin bisa mengambil sampel data dan sejumlah fakta lewat rangkaian wawancara dengan pihak-pihak yang dianggap relevan.

Kalau membahas secara lebih teknikal, baiknya kritik atau argumen, dalam apapun formatnya, disampaikan secara rapi serta informatif, agar yang menerima tetap mengerti konteksnya. Bobot dari analisa dan evaluasi juga sudah seharusnya berimbang, tanpa menggunakan kata-kata kasar yang cenderung menjatuhkan. 

Pengkritik juga sebisa mungkin memposisikan dirinya sebagai seorang one-way interpreter yang menjadi penengah antara seniman dan karyanya kepada para pendengar. Dangdut, pop, rock, punk, instrumental, atau apa pun jenisnya, pengkritik juga harus tahu secara mendalam dan paham betul akan apa yang ditulisnya, termasuk pemahaman tentang kebudayaan, sejarah, aspek psikologi, antropologi, juga penguasaan terhadap struktur penampilan dari karya-karya yang diulas. 

Lahirnya seorang pengkritik yang valid biasanya berasal dari pendalaman dan pengamatan yang terlatih.

Image source: Shutterstock

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Kritik Musik #Musik #yulio piston #Supernoize

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Noize

Rudolf Dethu: Muda, Bali, Bernyali

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Noize

Perilaku Individu Musik Indonesia di Era ‘Baby Boomers’ dan ‘Gen X’

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Noize

Sudah Saatnyakah Indonesia Punya Rock ‘n Roll Hall of Fame?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Noize

Acum Bangkutaman: Mencari Band Buruk yang Berpengaruh

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Noize

Berkeliling Eropa Bersama Morgensoll dalam Eternal Tour 2023

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Noize

Pentingnya Paham Soal Hukum dalam Industri Musik

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Noize

Musisi Bertopeng dan Budaya Asalnya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Noize

Menebak-nebak Masa Depan Vinyl Indonesia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Noize

Catatan Perjalanan: EHG Forever, Forever EHG!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Noize

Yulio Piston: Akhirnya Bertemu Legions of the Black Light

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /