Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi soto. Image: Wikipedia

Author : Admin Adventure

Article Date : 09/10/2023

Article Category : News

Makanan yang satu ini paling enak kalau dinikmati di tengah hawa dingin. Perpaduan kuah berempah dan isian melimpah bikin siapa pun nggak bisa nolak. Yup, apa lagi kalau bukan soto.

 

Nggak cuma satu, ternnyata hampir setiap daerah di Indonesia tuh punya soto khasnya masing-masing, lho. Soto-soto tersebut punya ciri khasnya tersendiri, mulai dari segi kuah, rasa, dan isiannya. Penasaran apa aja? Simak deretan soto dari berbagai daerah di Indonesia berikut ini, Superfriends.

 

Soto Lamongan

Ilustrasi soto lamongan
Image: Wikipedia

Soto yang satu ini bisa dibilang jadi top of mind soto ayam. Yup, soto Lamongan. Yang ngebedain soto ini sama soto lainnya yaitu adanya topping koya yang bikin rasanya jadi lebih gurih. Selain itu, daging yang dipakai pun merupakan ayam kampung, lho. Ada juga soun yang bikin lo makin kenyang. Makin nggak bisa deh lo nolak kenikmatana soto berkuah kuning ini.

 

Soto Madura

Selain sate, kuliner lain dari Madura yang patut lo cobain yaitu soto daging. Satu porsinya terdiri dari daging sapi, jeroan, telur rebus, bihun, taoge, dan kol.  Udah paling bener soto Madura dinikmatin bareng nasi biar makin kenyang, Superfriends.

 

Soto Betawi

Ilustrasi soto betawi
Image: WIkipedia

Pengin nyobain soto dengan kuah kental? Soto yang satu ini wajib banget lo cobain. Yup, apa lagi kalau bukan soto Betawi. Dalam proses pembuatannya, kuah soto Betawi dicampur santan atau susu biar makin gurih dan kental. Selain itu, ada berbagai rempah yang ditambahin buat bikin rasanya makin kuat, kayak pala, cengkeh, dan kapulaga. Sebagai pelengkap, soto Betawi biasanya disajiin bareng emping yang renyah.

 

Soto Medan

Selain soto Betawi, soto Medan juga punya kuah yang kental karena mengandung santan. Biar rasanya makin kuat, kuah soto dengan isian daging sapi ini dimasak bareng bunga lawang, leungkuas, serai, bawang merah, bawang putih, ketumbar, jintan, lada hitam, jahe, kunyit, gula, dan garam. Dari bahan-bahannya udah kebayang kan senikmat apa rasa kuah soto Medan ini?

 

Soto Mi Bogor

Ilustrasi soto mie bogor
Image: WIkipedia

Sesuai namanya, makanan yang satu ini memadukan soto dan mi. Satu porsinya aja isinya melimpah banget, kayak daging sapi, kikil risol, mi kuning, dan bihun. Kehadiran mi kuning dan bihun sebagai pengganti nasi ini udah cukup buat bikin lo kenyang walaupun cuma makan satu porsi aja. Namun, kalau mau makin tambah begah, nggak masalah juga kalau lo mau tambah nasi.

 

Coto Makassar

Walaupun namanya sedikit beda, makanan yang satu ini masih termasuk jenis soto, kok. Apa lagi kalau bukan coto Makassar. Ciri khas makanan ini terletak pada isian jeroannya yang direbus pakai rempah-rempah, bikin rasanya jadi makin gurih dan kuat. Coto Makassar biasanya disajiin bareng ketupat.

 

Soto Banjar

Nggak mau kalah dari daerah lain, Kalimantan juga punya soto khas daerah, lho. Namanya soto Banjar. Kuah soto ini terkenal dengan rasanya yang berempah karena ada tambahan kayu manis, biji pala, dan cengkeh. Satu porsinya terdiri dari suwiran daging ayam, perkedel kentang, dan telur rebus. Soto Banjar paling nikmati kalau dimakan bareng ketupat.

 

Itu tadi beberapa ragam soto dari berbagai daerah di Indonesia. Mana yang jadi favorit lo, Superfriends? (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Kuliner #fakta unik #fact

Source:Orami

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

SYARAT UNTUK IKUTAN ADVENTURE RACE

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

ADVENTURE RACE, AJANG LOMBA UNTUK PARA MAPALA BERHADIAH TOTAL Rp 200 JUTA!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

S.T.O.P Cara Tepat Biar Gak Tersesat!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Ecobrick Cara Mencintai Lingkungan Saat Naik Gunung

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

MACAM-MACAM GRAPPLING YANG HARUS LO TAHU!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

TRAIL RUNNING TREKKING SAMBIL LARI, INGAT INI!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

HADAPI TANTANGAN RAPPELLING, INI CARANYA!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Suhu Tubuh Minimal Saat di Gunung Agar Terhindar Dari Hipotermia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

RAFTING TANPA INSTRUKTUR TETAP AMAN, INI TIPSNYA!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Terbawa Arus Bawah Laut Saat Menyelam? Jangan Panik!

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /