Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Adventure

Article Date : 07/11/2023

Article Category : News

Mau merasakan relaksasi dengan berendam dan berenang di sumber air alami dari air terjun? Berlibur dengan berkunjung ke air terjun bisa jadi pilihan buat lo yang mau lebih dekat dengan alam. Apalagi air terjun biasanya terletak di dalam hutan yang masih sangat terjaga. Lo harus menyusuri hutan terlebih dahulu sebelum menemukan surga tersembunyi, yaitu air terjun.

Pemandangan hutan yang hijau di sekitar air terjun pastinya bakal membuat lo lebih tenang, rileks, dan recharge lagi deh, Superfriends. Nah, buat lo arek-arek Jawa Timur, kali ini kita bakal bahas beberapa air terjun di Jawa Timur yang katanya paling indah. Langsung simak daftarnya ya.

1. Air Terjun Tumpak Sewu

Pertama, dan paling terkenal ada Air Terjun Tumpak Sewu. Air terjun yang satu ini juga memiliki julukan Tebing Nirwana, akibat keindahan alamnya. Selain itu, air terjun ini juga memiliki julukan Air Terjun Seribu atau Tirai Seribu. Yup, semua julukan ini berasal dari bentuk air terjunnya yang memiliki banyak sekali sumber sehingga terlihat seperti tirai dari air terjun.

Lokasinya berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Letaknya nggak jauh dari objek wisata Goa Tetes. Untuk mencapainya, lo perlu effort yang cukup keras. Jarak tempuhnya sekitar 55 kilometer atau dua jam dari Kota Lumajang. Setelah sampai di gerbang masuk, lo juga masih harus berjalan kaki lagi hingga mencapai titik air terjun.

Tenang aja, Superfriends, seluruh usaha lo ini pastinya bakal terbayar dengan keindahan panorama dari Air Terjun Tumpak Sewu. Lo bakal disuguhi pemandangan air yang membentang seperti tirai dengan ketinggian air mencapai sekitar 120 meter.

Selama di sana, lo bisa menjelajahi area dasar air terjun sepuasnya. Tapi, ingat untuk tetap berhati-hati dan mempersiapkan fisik yang prima, sebab medan untuk menuju bagian dasarnya cukup terjal.

2. Air Terjun Madakaripura

Tahu nggak sih, katanya Air Terjun Madakaripura pernah menjadi tempat pertapaan terakhir dari Patih Gadjah Mada, loh. Selain karena kisah tadi, air terjun ini memang memiliki daya tarik yang nggak bisa lo temuin di tempat lain. Keindahan dan keeksotisannya membuat banyak orang rela jauh-jauh datang ke air terjun ini.

Berlokasi di Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Air Terjun Madakaripura memiliki pemandangan indah dari tebing cekung melingkar. Bentuk tebingnya ini membuat aliran airnya tidak hanya jatuh dari depan saja namun juga kanan dan kiri.

Air terjun dengan ketinggian sekitar 200 meter ini masih berada dalam satu kawasan dengan Taman Nasional Bromo Semeru Tengger. Banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara yang mengunjungi air terjun ini setelah menikmati keindahan Gunung Bromo.

Saat lo sampai di pos tiket, lo harus berjalan kaki sejauh 1,5 km melewati jalan setapak untuk mencapai air terjun. Tenang aja, lo bakal menemukan beberapa pos pemberhentian untuk beristirahat sejenak.

3. Air Terjun Coban Pelangi

Dari namanya aja, pasti lo sudah nggak sabar ingin melihat keindahannya kan? Air Terjun Coban Pelangi juga masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo, Superfriends. Lokasi tepatnya adalah di Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang.

Disebut sebagai Coban Pelangi karena memang di air terjun ini sering muncul penampakan pelangi. Air terjun dengan ketinggian 110 meter ini juga dikelilingi oleh tebing batu dan pepohonan hijau. Lokasi air terjun ini terletak 1 km dari pintu masuk wisata. Salah satu daya tariknya adalah jembatan bambu yang akan lo lewati untuk mencapai air terjun.

Medan yang akan lo lewati untuk mencapai air terjun cukup curam dan licin. Apalagi saat musim hujan. Udaranya pun cukup dingin. So, lo disarankan untuk mengenakan jaket dan alas kaki yang nyaman saat berkunjung.

4. Air Terjun Toroan

Kalau lo sedang berkunjung ke Madura, jangan lewatkan untuk berkunjung ke Air Terjun Toroan. Keunikan dari air terjun ini adalah airnya yang langsung jatuk ke laut. Selain menikmati air terjun, lo juga bisa menikmati pantai dan laut di sekitar air terjun. Apalagi kalau lo datang di saat sunset atau sunrise.

Lokasi Air Terjun Toroan berada di Desa Ketapang Daya, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang, Madura. Tepatnya, di tepi Pantai Nepa. Untuk mencapai titik air terjun lo hanya perlu berjalan kaki sejauh 50 meter aja dari pos masuk.

Walaupun ketinggiannya hanya sekitar 20 meter saja, air terjun ini tetap terlihat indah karena dikelilingi oleh tebing berwarna kuning keemasan dan pemandangan laut di sekitarnya. Eits, ingat ya lo nggak bisa berenang di air terjun ini karena khawatir akan terperosok ke dalam palung.

5. Air Terjun Jagir