Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Adventure

Article Date : 12/10/2023

Article Category : News

Sutan Syahrir pernah menulis dalam suratnya, “Jangan mati sebelum ke Banda Neira.” Saat ini, ungkapan ini semakin terkenal, khususnya di media sosial. Kira-kira kenapa ya? Banda Neira adalah salah satu lokasi wisata sejarah yang terkenal dengan pemandangan alam yang sangat indah. Pemandangan laut dan pegunungannya bahkan sampai didokumentasikan dalam uang rupiah pecahan seribu, loh.

Salah satu pulau yang berada di Kepulauan Banda, Maluku ini memiliki banyak pesona yang wajib untuk lo kunjungi. Selain pemandangan alamnya, lo juga bisa mengunjungi bangunan-bangunan bersejarah, hingga lokasi pengasingan Bung Hatta dan Sutan Syahrir.

Sebagai panduan untuk kunjungan lo ke Banda Neira nanti, berikut adalah beberapa lokasi wisata di Banda Neira yang wajib masuk ke list liburan lo.

1. Benteng Belgica

Benteng Belgica adalah salah satu bangunan bersejarah yang wajib lo kunjungi di Banda Neira. Benteng ini pertama kali dibangun oleh Portugis pada abad ke-16. Namun, pada saat kedatangan VOC ke Banda Neira, benteng ini dibangun kembali dan ditambahkan bangunannya oleh Belanda di bawah pimpinan Gubernur Jenderal Pieter Both. Setelah itu, benteng ini dinamakan sebagai Fort Belgica.

Mirip seperti benteng lainnya, Benteng Belgica berfungsi sebagai markas tentara militer dan pertahanan Belanda saat menghadapi perlawanan dari masyarakat Banda yang menentang monopoli perdagangan VOC saat itu. Selain itu, benteng ini juga menjadi sejarah jejak perdagangan rempah dunia di masa lalu.

Nggak hanya untuk mengenang sejarah, lo juga bisa melihat pemandangan keindahan laut dan Gunung Api Banda dari benteng ini. Banyak wisatawan yang datang ke benteng ini untuk menikmati pemandangan indah Pulau Banda Neira dari ketinggian benteng.

2. Gunung Api Banda

Gunung Api Banda terletak di salah satu pulau dari Kepulauan Banda di Provinsi Maluku, Indonesia. Gunung Api Banda adalah gunung berapi aktif dengan sejarahnya yang mencatat beberapa letusan besar. Gunung Api Banda tetap aktif hingga saat ini, dan letusan kecil masih terjadi dari waktu ke waktu. Pemerintah Indonesia telah mengambil langkah-langkah untuk memantau aktivitas vulkanik gunung ini dan menjaga keselamatan penduduk setempat.

Dengan ketinggian sekitar 656 mdpl, lo juga bisa melakukan pendakian di gunung api ini. Namun, jalur pendakiannya terbilang cukup terjal dan membutuhkan energi lebih. Walaupun termasuk gunung api aktif, gunung ini tetap aman untuk didaki. Saat mencapai puncak, lo akan melihat keindahan alam Banda dari atas.

Gunung ini juga terkenal akan banyaknya jenis endemik yang tinggal di dalamnya. Kurang lebih terdapat 23 jenis burung di gunung ini, yang menjadikannya sebagai salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki keendemikan satwa yang tinggi, terutama dari jenis burung. Wow banget nggak tuh?

3. Lava Flow

Image source: backpackerjakarta.com

Banda Neira juga terkenal akan spot snorkeling dan diving. Alam bawah lautnya dikenal masih sangat asri dan beragam. Dari sekian banyak spot menyelam di pulau ini, salah satu spot terbaiknya adalah Lava Flow. Spot Lava Flow memiliki terumbu karang dan biota bawah laut yang masih alami.

Sesuai dengan namanya, spot ini terbentuk akibat aliran lava yang mengalir saat Gunung Api Banda meletus. Gunung tersebut meletus pada tahun 1988 dan membentuk aliran lava yang mengalir sampai ke dasar laut. Setelah beberapa waktu, akhirnya terbentuklah kawasan bawah laut yang indah.

4. Pulau Nailaka

Salah satu alasan wisata ke Banda Neira semakin terkenal adalah keberadaan pulau kecil yang satu ini. Pulau tak berpenghuni ini memiliki hamparan pasir putih yang bersih dan jernihnya air laut dengan pesona dunia bawah lautnya yang akan membuat orang ingin terus menyelam di dalamnya. Bersiap untuk bertemu dengan aneka ragam makhluk bawah laut yang cantik dan memanjakan mata.

5. Pulau Hatta

Image source: gotripina.com

Pulau lainnya di Banda Neira yang tidak kalah menawan adalah Pulau Hatta. Pulau yang memiliki nama asli Pulau Rozengain ini memiliki daya tarik alam bawah laut yang masih terjaga dengan baik, mulai dari terumbu karangnya hingga palung cantiknya. Lokasinya yang tergolong terpencil juga membuat kondisi alam di pulau ini masih sangat asri.

6. Rumah Budaya Banda Neira

Ingin mengetahui sejarah Kepulauan Banda dengan cepat? Lo bisa langsung mengunjungi Rumah Budaya Banda Neira. Rumah ini sebenarnya merupakan rumah pribadi milik sejarawan Banda bernama Des Alwi. Ia dikenal sebagai anak angkat dari Bung Hatta.

Kini, Rumah Budaya Banda Neira sudah menjadi museum yang berisi tentang sejarah Banda Neira. Kamu bisa melihat ragam koleksi benda-benda bersejarah, seperti lukisan yang menceritakan pembantaian masyarakat banda oleh VOC pada tahun 1621. Selain itu, juga masih banyak hal menarik lainnya yang bisa lo lihat di museum ini.

7. Rumah Pengasingan Bung Hatta

Image source: pustaka.bunghatta.ac.id

Tak lengkap rasanya ke Banda Neira tanpa mengunjungi lokasi yang satu ini. Rumah Pengasingan Bung Hatta adalah lokasi pengasingan Bung Hatta sebagai tahanan politik selama 6 tahun lamanya. Bersama Sutan Syahrir, wakil presiden kedua Indonesia ini diasingkan karena dinilai membangkang terhadap pemerintah kolonial Belanda. Rumah ini telah ditetapkan sebagai Cagar Budaya dari Maluku oleh Kemdikbud.

Rumah ini terbagi ke dalam 3 bagian, yaitu bagian rumah utama, paviliun samping dan paviliun belakang. Di dalam rumah utama terdapat 5 kamar dan 2 teras. Kemudian, di paviliun belakang terdapat ruangan tempat Bung Hatta mengajar anak-anak Banda Neira termasuk Des Alwi dan saudaranya.

Seru banget kan? Sepertinya kalimat terkenal dari Sutan Syahrir tadi valid ya. Kalau lo , kira-kira ingin berkunjung ke Banda Neira nggak? Jangan lupa untuk mengunjungi seluruh lokasi wisatanya yang sudah disebutkan di atas ya!

 

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Solo Travelling #Backpacker #begginer

Source:Superadventure

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Dari Cara Main Hingga Perlengkapan, Ini Yang Harus Kalian Ketahui Tentang Olahraga Kayak

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Mengenal Drift Diving, Sensasi Menyelam Mengikuti Arus Laut

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

5 Air Terjun di Jawa Timur yang Paling Indah dan Wajib Dikunjungi

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Kenalan dengan Hitchhiking, Cara Traveling Hemat Budget

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Sport Climbing, Jenis Panjat Tebing yang Bisa Dilakukan di Indoor dan Outdoor

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Backpacker Hemat Petualangan Seru dengan Budget Minim

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

9 hal yang perlu diperhatikan saat akan membeli sepatu hiking

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

6 Cara Ampuh Menghindari Mabuk Laut di Perjalanan, Traveler Wajib Tahu!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Berani Lihat Gunung Anak Krakatau dari Dekat? Ikuti Panduan Traveling Ini, Bro!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Trik Main Sepeda Gunung yang Seru dan Menantang

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /