Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

7 Fakta Menarik Pulau Niihau, Wilayah Terlarang di Hawaii

Author :

Article Date : 21/12/2019

Article Category : Trending

Hawaii sering dianggap sebagai salah satu destinasi liburan ideal bagi banyak orang. Negara bagian asal Amerika Serikat ini dikenal dengan kekayaan budayanya yang melimpah. Hawaii juga diberkahi dengan spot wisata alam berupa pulau-pulau indah dan memesona.

 

Meski begitu, negara ini juga memiliki daerah yang disebut sebagai pulau terlarang. Namanya adalah Pulau Niihau. Apa saja fakta-fakta unik seputar Pulau Niihau yang perlu diketahui traveler? Berikut adalah 7 di antaranya. Silakan disimak ya bro!

 

1. Tertutup dari Dunia Luar

7 Fakta Menarik Pulau Niihau, Wilayah "Terlarang" di Hawaii. Photo Credit: travelingspace.net

Salah satu pulau tertua di Hawaii adalah Pulau Kauai. Pulau terbesar keempat se-Hawaii ini kabarnya berjarak cukup dekat dengan Pulau Niihau. Jarak yang terbentang antara dua pulau ini kurang lebih 27 kilometer.

 

Meski jaraknya berdekatan, keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Pulau Niihau diketahui tertutup dengan dunia luar. Pasalnya, orang yang boleh mendiami pulau ini hanyalah anggota keluarga Robinson dan warga asli Niihau. Siapa pun selain mereka dilarang memasuki wilayah Pulau Niihau.

 

Oleh sebab itu, traveler hendaknya membuang segala niat atau rencana untuk menjelajahi pulau ini selama berlibur di Hawaii. Pulau Niihau bukanlah destinasi wisata umum yang bisa dikunjungi semua kalangan. Lo takkan diperkenankan memasukinya karena wilayah pulau ini bersifat ekskusif untuk orang-orang tertentu. Oke, bro?

[readalso url=20736]

2. Kepemilikan Pulau Ini Dipegang oleh Keluarga Robinson

7 Fakta Menarik Pulau Niihau, Wilayah "Terlarang" di Hawaii. Photo Credit: privateislandnews.com

Pulau Niihau sejatinya masuk dalam deretan pulau terlarang di Hawaii. Terdapat beragam alasan mengapa pulau ini tergolong dalam kategori terlarang. Salah satunya adalah kepemilikan pulau ini dipegang oleh sebuah keluarga besar. Mereka diketahui memegang kuasa atas pulau ini sejak 150 tahun lalu.

 

Nama keluarga yang memiliki hak milik atas Pulau Niihau adalah Sinclair. Mereka dikabarkan membeli pulau ini dari Raja Kamehameha V pada tahun 1864 dengan harga 10 ribu dollar AS. Sejak saat itu, segala sumber daya Pulau Niihau resmi menjadi milik keluarga Sinclair.

 

Kepemilikan pulau ini kemudian diserahkan kepada keturunan Sinclair, yakni keluarga Robinson. Mereka diketahui mengelola wilayah ini sampai sekarang. Pulau Niihau nampaknya kurang cocok dijadikan destinasi liburan karena wilayahnya sulit didatangi wisatawan di Hawaii.

 

3. Serba Tradisional dan Jauh dari Kehidupan Modern

7 Fakta Menarik Pulau Niihau, Wilayah "Terlarang" di Hawaii. Photo Credit: huffpost.com

Sebagian besar wilayah di dunia diketahui mengalami perubahan seiring dengan berkembangnya teknologi dan meluasnya westernisasi. Akan tetapi, hal tersebut nampaknya tidak berlaku untuk Pulau Niihau. Masyarakat asli pulau ini masih menerapkan gaya hidup tradisional karena tempat tinggal mereka terisolasi dari dunia luar.

 

Sebagian besar warga asli Pulau Niihau diketahui menggunakan bahasa asli Hawaii dalam kehidupan sehari-hari. Uniknya, mereka juga dikabarkan memahami bahasa Inggris. Ciri khas penduduk asli Niihau lainnya adalah mereka gemar berjalan kaki saat bepergian.

 

Kentalnya nuansa tradisional Pulau Niihau juga terlihat dari tidak adanya fasilitas jalan raya di berbagai tempat. Lo tidak bakal menjumpai kendaraan bermotor di sini, mulai dari mobil hingga motor. Akses internet juga tidak tersedia sehingga penduduk pulau ini harus menjalankan aktivitas dengan perlengkapan seadanya.

 

4. Penghuni Pulau Niihau

7 Fakta Menarik Pulau Niihau, Wilayah "Terlarang" di Hawaii. Photo Credit: niberaldictionary.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pemilik sah pulau ini adalah keluarga Robinson. Meski demikian, Pulau Niihau dihuni oleh masyarakat asli Hawaii. Jumlah penduduk pulau terisolasi ini kabarnya mencapai sekitar 100-200 orang.

 

Mayoritas penduduk menjalani gaya hidup sederhana yang jauh dari kesan modern. Mereka bahkan masih menggunakan cara berburu dan memancing untuk bisa bertahan hidup. Kehidupan seperti ini tentunya sudah jarang ditemukan di era globalisasi dan modern.

 

5. Dilarang Berambut Panjang

Seluruh aturan yang berlaku di Pulau Niihau dibuat oleh keluarga Sinclair. Hingga sampai saat ini, aturan-aturan tersebut masih dipertahankan oleh keluarga Robinson selaku pewaris pulau. Salah satu aturan yang wajib dipatuhi penduduk Niihau adalah tidak boleh berambut panjang.

 

Mereka juga tidak diperkenankan memakai anting, membawa alkohol, atau menggunakan senjata di pulau ini. Orang yang tidak menaati aturan ini bisa dijatuhi hukuman berupa pengusiran dari pulau. Penduduk Pulau Niihau juga kabarnya dihimbau untuk pergi ke gereja setiap hari Minggu.

 

6. Tempat yang Bisa Dikunjungi Wisatawan di Niihau  

7 Fakta Menarik Pulau Niihau, Wilayah "Terlarang" di Hawaii. Photo Credit: cheatsheet.com

Pulau ini memang tertutup dari dunia luar, namun ada daerah yang bisa disambangi traveler untuk berlibur. Wilayah tersebut adalah Kawah Lehua yang berlokasi di sisi utara Pulau Niihau. Aktivitas yang bisa lo lakukan di sana adalah snorkeling dan diving.

 

Selain itu, traveler juga diperbolehkan mendatangi pantai Niihau untuk bersantai. Semua hal ini boleh dinikmati wisatawan asalkan privasi penduduk Niihau tidak diganggu. Apakah lo tertarik mengunjungi pulau ini?

 

7. Kewajiban Para Pemuda untuk Mengurus Lansia

Di Pulau Niihau, setiap penduduk berusia muda diwajibkan merawat lansia. Para orang tua yang tak mampu berburu atau memancing nantinya diberi makan oleh pemuda sehat. Intinya, mengurus lansia sudah dianggap menjadi hal prioritas bagi penduduk Niihau.

 

Demikian 7 fakta menarik seputar Pulau Niihau. Semoga informasi ini dapat menambah luas wawasan dan pengetahuan lo seputar geografi. Jika tertarik ke sini, ada baiknya lo menyiapkan segala hal yang diperlukan secara matang. Jangan lupa juga untuk menghomarti aturan dan budaya yang berlaku di sana. Selamat liburan ya bro!

[readalso url=20891]

Source: okezone.com

Feature Image - huffpost.com

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Trending

5 Kelezatan Kuliner Khas Daerah yang Sangat Dinanti Saat Lebaran

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Trending

Kuliner Khas Nusantara yang Wajib Hadir Saat Buka Puasa

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Trending

Ide Bisnis yang Lumayan Menguntungkan di Bulan Ramadan

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Trending

Mengenal Slow Tourism, Tren Traveling Viral Selain Virtual Tour dan Staycation

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Trending

Informasi Lengkap Wisata Balon Udara Luar Angkasa, Tertarik Mencobanya?

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Trending

Demi Promo Pariwisata Hijau, Mahasiswa Ini Nekat Mendaki 35 Gunung di Indonesia

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Trending

Alasan Kenapa Cowok Traveler Cocok Dijadikan Sebagai Pasangan Hidup

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Trending

Heboh Harga Outfit Pendaki Gunung Mencapai Rp 32 Juta, Kalau Lo?

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Trending

Kreskros Plasticycle, Brand Fashion Ciamik Hasil Upcycling Sampah Plastik

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Trending

Selama Pandemi, Wisatawan Indonesia Menciptakan Tren Perilaku Baru, Apa Aja?

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /