Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Kuliner Khas Nusantara

Author : Admin Adventure

Article Date : 18/04/2022

Article Category : Trending

Hidangan-hidangan ini terasa sangat spesial, karena sangat langka pada hari-hari biasanya. Yup, datangnya bulan suci Ramadan memang sangat ditunggu-tunggu umat muslim dan pecinta wisata kuliner di seluruh Tanah Air.

Keindahan alam Indonesia memang nggak ada tandingannya. Keberagaman suku dan budayanya pun nggak kalah istimewa di masing-masing daerahnya. Salah satu yang membuatnya istimewa bisa dibilang berasal dari cita rasa beragam kuliner di masing-masing daerahnya.

Uniknya, di Indonesia ada beberapa hidangan kuliner yang sangat khas mewakili daerahnya masing-masing dan sangat diburu para pecinta wisata kuliner. Berikut beberapa makanan khas daerah di seluruh penjuru Nusantara yang bisa lo nikmati saat bulan puasa, Superfriends!

Bubur kampiun

Image source: instagram.com/inaamalia_dmandehaus

Provinsi Sumatera Barat seakan nggak pernah kehabisan referensi hidangan-hidangan lezatnya. Salah satunya bubur kampiun yang sangat khas dan banyak dijumpai saat bulan puasa. Pada umumnya, bubur ini terbuat dari hasil kolaborasi beberapa bubur, seperti candil, sumsum, kacang hijau, kolak pisang/ubi, ketan, dan kolang-kaling.

Hasil kolaborasi tersebut kemudian disiram kuah santan dicampur gula merah yang semakin membuat hidangan ini terlihat sangat menggiurkan, Superfriends. Karena cita rasanya yang sangat khas, maka nggak heran kalau bubur kampiun sangat diburu pecinta wisata kuliner saat bulan suci Ramadan.

Bongko kopyor

Image source: instagram.com/fitrrafitruu

Warga Gresik dan sekitarnya pasti kangen banget dengan hidangan yang satu ini dong? Yap, bongko kopyor memang menjadi kuliner idola masyarakat Gresik dan sekitarnya untuk dijadikan hidangan saat berbuka puasa. 

Kuliner yang hanya bisa lo temukan saat bulan puasa ini umumnya dibuat dengan campuran tepung terigu, potongan roti tawar, serutan kelapa muda, santan, pisang, nangka, dan bubur mutiara. 

Bahan-bahan tersebut kemudian dibungkus daun pisang dan dikukus hingga matang. Cita rasa manis khas pisang dan nangka yang tercampur dengan santan akan memberikan rasa yang luar biasa di dalam mulut.

Sate susu

Image source: instagram.com/ketutarsini

Hidangan yang satu ini menjadi lambang toleransi yang sangat indah di Bumi Pertiwi. Pulau Bali yang didominasi umat Hindu pun sangat menghargai umat Muslim yang menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadan. Sate susu memang bisa dijumpai setiap hari di pulau Dewata, namun kehadirannya tak se-meriah saat bulan puasa.

Sate susu seringkali menjadi hidangan alternatif ketika lo terlalu jenuh dijejali menu berbuka puasa yang manis-manis. Biasanya sate susu terbuat dari kantong susu atau puting payudara sapi yang diiris kecil-kecil, kemudian direbus, lalu dibumbui rempah-rempah, dan dibakar diatas arang.

Hidangan ini akan terasa sangat sempurna saat disajikan dengan sambal plecing khas Bali. Rasa sate susu yang gurih berkolaborasi dengan sambal plecing yang punya rasa pedas khas tentunya bakal bikin lo kesengsem, Superfriends!

Mungkin lo pernah cobain salah satu makanan-makanan yang sangat lezat di atas? Atau ada makanan daerah lo yang belum disebutkan? Langsung ceritakan dalam kolom komentar di bawah ini, Superfriends!

Kicak

Image source: instagram.com/mrs.wijaya

Kota pelajar memang sangat populer dengan puluhan destinasi wisatanya yang eksotik. Tapi ada salah satu hidangan kuliner yang membuat kota ini terasa lebih istimewa saat bulan suci Ramadan. 

Yap, mungkin lo sudah tau kicak, menu hidangan yang selalu dinantikan saat bulan puasa di Yogyakarta. Kudapan ini biasanya banyak ditemukan pada saat sore hari menjelang waktu berbuka puasa. 

Kicak pada umumnya terbuat dari nasi ketan yang ditumbuk halus, lalu dicampur dengan gula, parutan kelapa, santan, daun pandan, serta potongan buah nangka sebagai komponen pelengkap. 

Cita rasa manis dan gurih yang memancar dari setiap gigitannya akan sangat berkesan sebagai menu berbuka puasa di Daerah Istimewa Yogyakarta.

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #Trending #Urban Action

Source:https://kemenparekraf.go.id/ragam-ekonomi-kreatif/Kuliner-Khas-Ramadan-dari-Berbagai-Daerah-di-Indonesia

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Trending

5 Kelezatan Kuliner Khas Daerah yang Sangat Dinanti Saat Lebaran

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Trending

Ide Bisnis yang Lumayan Menguntungkan di Bulan Ramadan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Trending

Mengenal Slow Tourism, Tren Traveling Viral Selain Virtual Tour dan Staycation

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Trending

Informasi Lengkap Wisata Balon Udara Luar Angkasa, Tertarik Mencobanya?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Trending

Demi Promo Pariwisata Hijau, Mahasiswa Ini Nekat Mendaki 35 Gunung di Indonesia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Trending

Alasan Kenapa Cowok Traveler Cocok Dijadikan Sebagai Pasangan Hidup

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Trending

Heboh Harga Outfit Pendaki Gunung Mencapai Rp 32 Juta, Kalau Lo?

Read to Get 5 Point