Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Rasyiqa

Author : Admin Music

Article Date : 06/07/2023

Article Category : Super Buzz

Setelah melepas dua singlenya “Get Up (Get Out!)” dan “I’ve Had Enough” pada tahun 2022 lalu, solois pendatang baru asal Jakarta, Rasyiqa, kembali melepas lagu terbarunya berjudul “2:15 (Steph’s Song)”. Masih konsisten dengan membawa musik pop bernuansa era 2000-an yang memiliki beberapa elemen rock, single ini menyuguhkan sebuah karya balada yang lebih soft dibandingkan single terdahulunya yang terbilang angsty.

Mungkin buat para Superfriends yang familiar dengan Rasyiqa tidak akan kaget dengan karya-karyanya yang terbilang personal layaknya sobekan kertas dari diari masa lampau miliknya. Terlepas demikian, "2:15 (Steph's Song)" membawa Rasyiqa ke dalam relung kejujuran yang lebih gelap sekaligus mendalam.

Ditulis oleh Rasyiqa dan Heston Prasetyo (Vintonic) yang juga kembali berperan sebagai produser, balada pop-rockberdurasi 4 menit dan 41 detik ini bercerita tentang momen nyata dalam hidupnya ketika dia terjaga di kamar tidurnya akibat rasa kerinduan yang tidak disangka-sangka olehnya. Akan tetapi, rasa rindu tersebut mungkin tidaklah seindah yang pendengar lagu ini hendak bayangkan.

Mengambil inspirasi dari warna musik pop-rock awal dekade 2000-an, lagu ini mengungkap segala uneg-unegnya dengan kombinasi antara produksi musik yang berang dan tekstur vokal yang semakin merapuh hingga refrain terakhirnya. "Cause I'm falling apart to hear voices inside my heart / But it's time for me to close the door / Why I'm falling apart, can't see nothing inside of your heart / But it's time for me to close the door."

"Lagu terbaru ini merefleksikan sisi diriku yang lebih rapuh dan vulnerable. Mungkin banyak orang yang mengira aku adalah pribadi yang cukup acuh berdasarkan apa mereka lihat atau mungkin dengarkan melalui ‘Get Up (Get Out!)’ dan juga ‘I’ve Had Enough’. Akan tetapi, percayalah kalau lagu ini sebenarnya prolog sebelum memasuki sosok yang ada di dua lagu sebelum dirilisnya lagu ini,” jelas Rasyiqa dalam siaran persnya.

Dengerin dulu deh lagunya di sini, Superfriends!

Dari segi produksi, sekilas "2:15 (Steph's Song)" menyiratkan sebuah kesimpulan bahwa Rasyiqa mungkin terinspirasi oleh musik balada pop-rock yang berapi-api yang dipopulerkan oleh musisi era 2000-an seperti Avril Lavigne, Paramore, Vierra atau band pop-punk lainnya. Akan tetapi, single tebaru ini lebih dipengaruhi oleh penyanyi pop wanita dan grup pop yang besar di era akhir 90-an sampai pertengahan 2000-an seperti Britney Spears, Hillary Duff,  M2M, Hepburn, Michelle Branch bahkan Audy dan juga Ratu.

Atmosfer sonik yang dibangun pada setiap lagu memang selalu menjadi perhatian utama Rasyiqa dan Heston Prasetyo selaku produser musiknya. Meskipun demikian, substansi lirikal di lagu "2:15 (Steph's Song)" tetap menjadi prioritas. Awal mula penulisan lagu ini pun juga terjadi karena pengalaman pribadi yang dilalui Rasyiqa; di mana dia salah membaca pertanda seseorang sehingga dia malah bergantung pada harapan palsu dan ekspetasi dirinya sendiri.

Walaupun kembali membawa pengalaman pribadinya ke dalam penulisan lagunya, bagian bridge lagu ini, khususnya, mendeskripsikan pengalaman hubungan tanpa status yang dilalui oleh sahabatnya, Steph. Alhasil, judul lagu ini pun dijuluki sebagai lagunya Steph (“Steph’s Song”) karena Rasyiqa merasa pengalaman hidup sahabatnya tersebut juga diwakili oleh lagu yang satu ini. Sementara itu, “2:15” merupakan sebuah jam rawan ketika Rasyiqa terbangun oleh karena perasaan gelisah dan overthinking.

 “Jam di atas pukul 2 pagi itu adalah waktu dimana kita ditinggalkan dengan pikiran kita sendiri. Kerap berkontemplasi mengenai apa yang seharusnya kita lakukan dalam situasi di mana cinta yang kita berikan ini terancam hanyalah bertepuk sebelah tangan. Kita harus memilih, memendam cinta ini walaupun rasanya sakit atau menutup pintu hati kita rapat-rapat. Akan tetapi, di sisi lain, kita juga tahu bahwa, ketika kita menutup pintu tersebut, pasti ada kala ketika kita akan merindukan sosok tersebut,” lanjut Rasyiqa.

Lagu "2:15 (Steph's Song)" memang sarat akan duka, namun bukan berarti lagu ini bisa disandingkan dengan banyaknya balada pop 'galau' di luar sana. Dengan tetap mempertahankan kemasan musik pop-rock yang telah menjadi visi-misi Rasyiqa  sejak single perdananya "Reckless" pada tahun 2021 silam, dia juga hendak membuktikan bahwa musik pop-rock juga sanggup memancarkan emosi lara yang otentik dan relatable bagi para audiens musik.

”Di sini aku hendak menunjukkan kerapuhan aku dengan menggarap sebuah lagu yang, esensinya, bertujuan untuk menyembuhkan luka dan bukannya melulu membakar jiwa pendengarnya. Ditambah lagi, aku berharap semakin banyak musisi juga mengeksplorasi ranah musik pop yang sebenarnya banyak variasinya - salah satunya subgenre musik pop-rock.”

Terakhir dan tidak kalah penting, Rasyiqa sedang dalam proses menyelesaikan album perdananya yang direncanakan untuk dirilis pada tahun 2023 ini. Album tersebut akan mencakup lagu-lagunya yang sudah dirilis sebelumnya sekaligus lagu-lagu baru.

"Aku punya keinginan untuk bisa meramaikan skena musik modern ini. Semoga lagu-laguku yang tengah aku kerjakan bersama teman-teman terdekat ini bisa sanggup menjadi katalis untuk musik pop-rock di Tanah Air," tutup Rasyiqa. Nikmatin musik videonya di bawah ini, Superfriends!

Image source: Dok. Rasyiqa

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Single #ballad #Rock #Pop #rasyiqa

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

Lalahuta Cerita tentang Patah Hati di Single Terbaru 1 2 3

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

The Rain Rilis Single Mengembara, Rayakan 22 Tahun Berkarya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Suara Kayu Lepas Single Terbaru Berjudul Rekat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

D’Jenks Rilis Musik Video Reggae Reseh, Penghormatan untuk Kebayoran

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Yovie Widianto Bentuk Supergrup SEMVA, Rilis Single Sumpah Cintaku

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Gugun Blues Shelter Lepas Single Terbaru Berjudul Don’t Cry For Me

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Sarah Barrios Rilis Lagu Singkat Serba Nyeleneh Berjudul Bitter Bitches

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ganti Nama, Club Mild Lepas Single Baru Bertajuk Sun Gazer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ranu Pani Mengajak Berimajinasi di Album Terbaru Berjudul Inklusi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Umumkan Album Baru, Neck Deep Rilis Single Berjudul “It Won’t Be Like This Forever”

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /