Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Koil Hadirkan Lagu Baru yang Ngebut: Pecandu Narkotbah

Author : Admin Music

Article Date : 10/06/2023

Article Category : Super Buzz

Babak baru Koil resmi dimulai. Untuk menandai babak baru tersebut, unit metal industrial asal Bandung ini merilis single terbaru berjudul Pecandu Narkotbah. Single ini resmi meluncur pada 14 Mei 2023 lalu. Single ini merupakan salah satu upaya unit asal Bandung ini untuk menyelesaikan album keempat mereka yang sudah tertunda perillisannya selama belasan tahun.

Gitaris Donnyantoro mengatakan bahwa lagu Pecandu Narkotbah merupakan lagu sisa dari penggarapan album Blacklight. Ia menambahkan, lagu ini sudah banyak mengalami perubahan aransemen sejak pertama kali diciptakan tahun 2005 silam. 18 tahun, Superfriends!

Dalam siaran pers mereka, Donnyantoro mengungkapkan, “Sejak dibuat 18 tahun lalu, lagu ini sudah mengalami bongkar pasang aransemen berulang kali, sebelum akhirnya sampai ke versi seperti sekarang. Tapi mood-nya, sedikit-banyak masih melingkar di range musik era Blacklight Shines On, namun tentunya dengan gaya yang berbeda.”

Hasilnya? Memuaskan! Para personel Koil merasa single Pecandu Narkotbah adalah lagu dengan aransemen yang lebih kompleks dibanding lagu-lagu mereka sebelumnya. Nggak cuma itu, lagu ini juga dirasa paling kencang dan ngebut yang pernah ada di katalog musik Koil.

Dari segi lirik, single Pecandu Narkotbah ini menawarkan kata-kata menohok tentang fenomena kesalehan sosial—ketaatan dalam menjalankan ibadah. Meski begitu, sang vokalis sekaligus pentolan Koil, Verdiantoro ‘Otong’, tetap menyisipkan diksi-diksi humor yang menjadi ciri khasnya menulis lirik.

Perilisan single Pecandu Narkotbah juga menyertakan tujuh versi remix yang dikemas dalam judul The Ghost Spell Evangelist. Nama-nama yang melakukan remix untuk lagu ini antara lain EfanEvanEpan, Kassaf, dan Batu Besi Pasir. Proses remix dilakukan di bawah kurasi dari pemain bass dan synthesizer Adam ‘Vladvamp’ Joswara.

Di hari yang sama dengan peluncuran lagu ini, Koil juga sempat melakukan release party yang diselenggarkan di Bandung. Dalam release party tersebut, penampilan Koil dibuka oleh band Bandung, Sunbath. Koil juga mengajak Fanny dari Soegi Bornean berkolaborasi di atas panggung dan dicatat sebagai kolaborasi yang cukup unik.

Superfriends, lo bisa dengerin dulu nih lagunya:

Di single Pecandu N★rkotbah ini Koil kembali dengan sindirian sosial keagamaan menggelitik paling cerdas tahun ini. Muncul lagi setelah 16 tahun lalu, lagu ini memiliki judul menggelitik. Koil juga menggunakan karakter bintang di judulnya yang sedikit menyulitkan untuk ditulis ulang. Lagu ini dibekali dengan riff gitar dan reff vokal catchy. Musiknya menggebrak dan menderu untuk menggambarkan emosi yang kuat dalam lagu ini.

Single Pecandu N★rkotbah ini dibuka dengan suara synthesizers muram. Adlibs berulang “dari mana duitnya” mengikuti pembuka lagu itu, dillanjutkan dengan alunan musik instrumental menggebrak. Selama 50 detik kemudian bagian terbaik lagu ini menyeruak yaitu untaian lirik yang ditulis oleh gitaris Donny dan vokalis’gitaris Otong.

Penggalan liriknya berbunyi: “Atas nama harta / Atas nama cinta / atas nama setan berkedok agama / yang menjanjikan surga / mencuci membayar dosa / Budak kemegahan fana / Aku pecandu narkotbah.

Lagu ini memuat begitu banyak sindiran yang tepat sasaran. Deretan penggalan lirik tadi cukup untuk menggambarkan betapa nyinyirnya lagu ini. Belum lagi penggunaan potongan suara dari video salah satu pemuka agama yang sempat viral beberapa waktu lalu. Lagu ini juga menggambarkan tentang hal-hal yang terjadi di sekitar kita. Liriknya pun masih relevan dengan kondisi tanah air masa kini, bahkan hingga beberapa tahun ke depan.

Sebelumnya lagu ini pernah dirilis terbatas dalam CD First Installment (2020), bersama beberapa single lain. Namun, lagu ini dicatat dalam resensi Anto Arief di situs Pop Hari Ini telah mengalami perubahan aransemen yang nggak begitu signifikan. Termasuk juga di bagian liriknya.

Lirik Pecandu N★rkotbah kini menjadi lebih efisien dan tidak melebar ke mana-mana. Terutama subjek dari ‘kamu’ menjadi ‘aku’ dalam lagu ini. Tetapi yang nggak efisien adalah opsi berlebihan untuk menikmati single ini dalam lima balutan musik berbeda yang semua versinya. Koil melepas lagu ini bersama opsi lainnya seperti musik gospel, drum n bass, fun-kot, soul/funk, hingga dark electronic.

Single Pecandu N★rkotbah yang sepenuhnya catchy ini seolah-olah membatalkan kesan berlebihan, lantaran upaya ini justru jitu, tidak sia-sia, dan penuh kejutan. Inilah trik yang cukup cerdik dari Koil sebagai upaya lainnya untuk kembali membuat perkenalan yang memorable.

Pecandu N★rkotbah dikemas ke dalam sebuah maxi-single bersama delapan buah trek. Ini juga nggak bisa dibilang biasa aja, karena maxi-single ini ternyata bisa dikategorisasikkan menjadi album penuh yang bakal nendang banget di gendang tellinga selama kurang dari 30 menit sejak 29 Mei 2023 lalu. Superfriends, lo bisa simak baik-baik nih maxi-single Pecandu N★rkotbah dari Koil:

Image source: https://www.instagram.com/koilofficial/

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Metal #Koil #single baru #Pecandu Narkotbah #Maxi-Single #Pecandu N★rkotbah

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

Lalahuta Cerita tentang Patah Hati di Single Terbaru 1 2 3

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

The Rain Rilis Single Mengembara, Rayakan 22 Tahun Berkarya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Suara Kayu Lepas Single Terbaru Berjudul Rekat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

D’Jenks Rilis Musik Video Reggae Reseh, Penghormatan untuk Kebayoran

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Yovie Widianto Bentuk Supergrup SEMVA, Rilis Single Sumpah Cintaku

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Gugun Blues Shelter Lepas Single Terbaru Berjudul Don’t Cry For Me

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Sarah Barrios Rilis Lagu Singkat Serba Nyeleneh Berjudul Bitter Bitches

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ganti Nama, Club Mild Lepas Single Baru Bertajuk Sun Gazer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ranu Pani Mengajak Berimajinasi di Album Terbaru Berjudul Inklusi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Umumkan Album Baru, Neck Deep Rilis Single Berjudul “It Won’t Be Like This Forever”

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /