Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Agung Hellfrog: Aksesoris Gitar yang Diperlukan Agar Cepat Jago Main Gitar

Author : Admin Music

Article Date : 24/11/2021

Article Category : Noize

Memainkan gitar sebenarnya sangat sederhana, karena kita hanya membutuhkan gitar dan pick. Tetapi patut diakui jika aksesoris gitar sangat menunjang peningkatan skill bermusik kita, Superfriends. Ada beberapa daftar aksesoris yang segera harus Superfriends miliki, dan beberapa di antaranya bahkan sangat memudahkan pekerjaan gitaris. Untuk itu, dalam artikel kali ini saya ingin berbagi daftar aksesoris yang saya anggap dapat membantu peningkatan kemampuan bermain gitar sobat.

Pick

Pick, atau kadang disebut plectrum, menempati urutan pertama. Sebab menurut pengalaman saya, benda kecil ini sangat menentukan suara dari gitar yang dimainkan. Pilihlah beberapa ukuran pick yang sesuai, agar bisa memilih mana yang cocok untuk musik dan gaya permainan kalian, Superfriends. Secara umum, pick tipis dapat membantu sobat belajar memetik dan strumming dengan baik. Jangan lupa, Superfriends, kalian juga perlu punya beberapa pick dengan ketebalan medium atau bahkan tebal untuk memainkan tangga nada atau riff dengan distorsi yang berat.

Tuner

Menjaga seteman gitar tetap stabil sangat penting. Maka dari itu, Superfriends juga harus belajar menyetem gitar tanpa alat bantu. Tapi skill itu tidak mungkin didapatkan dengan cepat, butuh waktu bertahun-tahun untuk mendapatkannya. Solusinya, gunakan tuner sebagai alat bantu. Kasihanilah mereka yang mendengarkan kalian berlatih jika setemannya kacau.

Karena nge-tune tergolong pekerjaan yang membosankan, maka akan lebih baik rasanya jika bisa menyetem gitar hanya dalam waktu 1-2 menit saja. Nah, jika Superfriends ingin hemat waktu, gunakan saja The Roadie 2. Gadget gitar pintar ini adalah penggulung senar dan penyetem gitar otomatis yang menghilangkan kerumitan penyetelan dan penggantian senar. Cukup pasang alat ini ke tuning machine kalian Superfriends. Pilih senarnya dan yiha, secara otomatis alat ini akan menyetem gitar untuk kalian.

Senar Cadangan

Jangan membuat kesalahan dengan tidak memiliki senar cadangan. Sebab, kita tidak akan tahu kapan senar kita akan putus. Simpan dan miliki setidaknya dua set senar cadangan di rumah. Jangan lupa ukuran dan ketegangannya disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk pemula, lebih baik memilih senar dengan ukuran 0,09 mm, karena akan meringankan beban jari. Semakin kecil ukuran otomatis suara semakin tipis, begitupun sebaliknya, walaupun tidak mutlak. Superfriends bisa memilih merk senar yang sesuai dengan isi dompet saja, karena harganya bervariasi mulai dari murah sampai yang mahal.

Sabuk Gitar

Main gitar sambil duduk dan main sambil berdiri cukup mempengaruhi posisi jari yang digunakan. Jadi, lakukan keduanya. Lagu yang dibawakan idealnya bisa dibawakan dengan baik saat duduk dan berdiri. Jika latihan berdiri, maka Superfriends perlu sabuk gitar. Aksesoris ini membantu menjaga gitar tetap stabil dan melatih kemampuan ketika Superfriends ingin menyajikan keterampilan ke penonton. 

Jangan terlalu khawatir tentang jenis apa yang akan harus digunakan. Intinya cari yang nyaman, tahan lama, dan empuk agar tidak melukai bahu. Hati-hati, sabuk gitar yang kurang baik bisa jadi tidak bisa menahan bobot gitar. Sehingga kemungkinan terburuk gitar kesayangan kalian akan jatuh saat dipakai di rumah atau di panggung. Untuk mencegahnya, gunakan straplock dari cakram plastik atau gunakan sabuk gitar yang dilengkapi pengunci.

Metronom

Alat yang satu ini penting sekali karena metronom akan ditemui dalam berbagai situasi. Selain akan membantu kepekaaan tempo, metronom akan menambah percaya diri ketika rekaman atau sedang manggung. Jenis metronom apa pun bisa digunakan, tetapi saya sarankan untuk menggunakan metronom elektrik agar lebih praktis. Bisa juga membeli metronom yang berbentuk jam tangan jika ingin lebih modis.

Jam Buddy atau Looper

Salah satu hal terbaik yang harus dimiliki saat belajar adalah teman belajar. Setidaknya dengan teman-teman yang level permainannya sama. Keuntungannya, Superfriends dapat berimprovisasi secara bergantian. Satu orang dapat memainkan iringan sementara yang lainnya belajar bermain solo. Jika sulit diwujudkan karena teman kalian terlalu jago atau sebaliknya, saya sarankan untuk mendapatkan perekam kecil, sehingga Superfriends dapat merekam permainan kalian dan bisa diputar kembali dan tahu letak kesalahannya. 

Alternatif terbaik adalah unduh aplikasi lagu yang menyediakan pemutar musik atau membeli pedal looper. Walaupun kemungkinan besar akan sangat sulit untuk digunakan oleh pemula, looper ini bisa menambah kemampuan Superfriends dengan cukup cepat. Beberapa efek digital sudah dilengkapi dengan fitur looper ini. Tapi jika mau terpisah, Superfriends bisa mencoba Ditto dari TC electronic yang harganya sangat terjangkau dan mudah digunakan. Jika kalian tetap tidak yakin dengan apa yang bisa dilakukan looper, pelajari dulu saja di situs-situs berbagi video. Kemudian jika merasa sudah kenal, belilah untuk sobat gunakan di rumah sebagai teman berlatih. 

Image source: Shutterstock

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Agung Hellfrog #Agung Ridho Widhiatmoko #Supernoize # latihan gitar #aksesoris gitar #senar cadangan #metronom #tuner #pick #manggung

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Noize

Rudolf Dethu: Muda, Bali, Bernyali

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Noize

Perilaku Individu Musik Indonesia di Era ‘Baby Boomers’ dan ‘Gen X’

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Noize

Yulio Piston: Tentang Menjadi Pengkritik Musik

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Noize

Sudah Saatnyakah Indonesia Punya Rock ‘n Roll Hall of Fame?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Noize

Acum Bangkutaman: Mencari Band Buruk yang Berpengaruh

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Noize

Berkeliling Eropa Bersama Morgensoll dalam Eternal Tour 2023

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Noize

Pentingnya Paham Soal Hukum dalam Industri Musik

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Noize

Musisi Bertopeng dan Budaya Asalnya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Noize

Menebak-nebak Masa Depan Vinyl Indonesia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Noize

Catatan Perjalanan: EHG Forever, Forever EHG!

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /