Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Jenis-jenis Motor Custom Buat Inspirasi Lo Nih, Bro!

Author :

Article Date : 19/08/2020

Article Category : Urban Action

Sebagai pecinta otomotif, khususnya kendaraan roda dua, pasti lo pengen punya motor yang kece dan berbeda dari yang lainnya. Yup, salah satunya dengan cara memodifikasi atau custom motor sesuai dengan selera. Berikut ini beberapa jenis motor custom yang bisa lo terapkan pada motor andalan lo!

[readalso url=21856]

Scrambler/Tracker

Image source: bikebrewers.com

Dimulai dari jenis motor custom yang paling populer dulu nih, yaitu jenis Scrambler/Tracker. Motor jenis ini umumnya mengedepankan karakter dual purpose atau penguasaan dua medan berupa lintasan aspal dan tanah, bro.

Pada dasarnya, Scrambler dan Tracker adalah dua jenis motor custom yang berbeda. Perbedaan yang paling mendasar dan menjadi ciri khas yaitu terletak pada bentuk dan posisi knalpot. Untuk jenis motor custom Tracker, letak knalpot berada di bawah layaknya motor pada umumnya, bro. Sedangkan posisi knalpot motor Scrambler terletak di bagian atas, lebih dekat dengan jok ala motor enduro.

Namun, keduanya memiliki banyak sekali kemiripan, bro. Mulai dari penggunaan ban dual purpose, ukuran handlebar yang cukup lebar, hingga bentuk jok yang lumayan datar.

Cafe Racer

Image source: itl.cat

Senang memacu adrenalin dengan kecepatan tinggi tapi tetap ingin bergaya retro-klasik? Cafe Racer adalah jawaban yang tepat untuk custom motor lo, bro. Karakteristik motor custom Cafe Racer umumnya lebih mengedepankan kecepatan dan handling ketimbang kenyamanan.

Dari segi postur berkendara, motor custom Cafe Racer mengkombinasikan posisi foot peg dan letak handlebar yang rendah. Sehingga menciptakan posisi berkendara yang agresif serta memaksimalkan kendali di saat lo melaju dengan kecepatan tinggi, bro.

Motor custom Cafe Racer memiliki ciri fisik yang sangat mencolok yaitu Hornet yang merupakan bentuk jok belakang menyerupai buntut tawon. Selain itu, banyak motor custom Cafe Racer juga dilengkapi dengan fairing dengan model klasik, baik half fairing maupun full fairing yang menutup sampai ke bagian bawah motor. Kalau lo suka tampilan naked yang garang, motor Cafe Racer juga bisa tetap tampil keren tanpa fairing lho, bro!

[readalso url=21661]

Bobber

Image source: bikerrated.com

Dahulu, di Tanah Air jenis motor custom yang satu ini memang sangat identik dengan pabrikan motor Harley-Davidson. Namun, saat ini telah banyak pabrikan motor lain yang juga merancang motor dengan jenis ini lho, bro.

Tak hanya bicara soal motor pabrikan, banyak juga pencinta motor custom yang merombak motornya menjadi jenis Bobber. Motor dengan gaya Bobber memiliki ciri khas seperti jok yang lebar, bagian belakang motor yang lebih rendah dari bagian depannya, serta handlebar yang relatif datar dengan tangki bagian depan.

Motor dengan gaya Bobber ini mulai populer sejak tahun 1930 an. Motor jenis ini sangat nyaman dipakai untuk berkendara sehari-hari maupun touring jarak jauh ke luar kota karena memiliki jok yang terbilang lebar. Namun, satu kelemahan dari jenis motor Bobber pada umumnya adalah bobotnya yang cukup berat. Di sisi lain, dengan postur yang kekar dan bobot yang cukup berat, motor jenis ini justru sangat stabil saat dikendarai, bro.

Chopper

Image source: freehdw.com

Memiliki ciri khas handlebar yang tinggi dan fork yang memanjang ke depan, motor custom jenis Chopper ini memang dikhususkan buat lo yang ingin tampil eksentrik namun tetap berkelas, bro.

Motor custom jenis ini juga tidak didesain untuk berkendara dengan kecepatan tinggi, karena sangat mengedepankan estetika serta bentuk ekspresi imajinasi dari pemiliknya. Jenis motor custom yang dilirik oleh Presiden Jokowi ini juga cocok banget buat lo yang suka berkendara dengan santai berkeliling kota dengan penuh gaya, bro.

[readalso url=21600]

Street Cub

Terlanjur cinta sama motor bebek? Jangan khawatir, bro. Lo bisa custom motor bebek kesayangan lo menjadi motor custom Street Cub yang otentik.

Bentuk motor Street Cub biasanya menyerupai motor pabrikan Honda tahun 70-90an dengan handlebar yang lebih flat dan rendah. Motor custom jenis ini juga memiliki detil-detil tambahan seperti jok single-seater, tidak menggunakan spakbor depan maupun belakang, serta perawakan yang mungil namun tetap elegan, bro.

Selain memberikan tampilan baru, lo juga harus melengkapi kelengkapan berkendara, bro. Agar selaras dengan standar keselamatan dan gaya retro-klasik motor andalan lo. Yang paling penting, selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas dan kesopanan saat berkendara ya, bro!

 

Referensi : https://www.bobobox.co.id/blog/jenis-motor-custom/

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #Extreme #solo-traveling

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Urban Action

Staycation Sambil Menyusuri Keindahan Labuan Bajo di Atas Kapal Phinisi, Seru!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Urban Action

5 Hal Penting yang Wajib Lo Tahu Jika Ingin Trekking ke Ranu Kumbolo

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Urban Action

6 Alasan Jangan Bekerja Saat Liburan

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Urban Action

Musisi Lokal yang Lagunya Enak Dinikmati Selama Perjalanan Traveling

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Urban Action

Perbedaan Freediving dan Scuba Diving, Sudah Tahu?

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Urban Action

Kebiasaan Orang Indonesia yang Dilarang di Negara Lain, Catat!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Urban Action

Rekomendasi Aktivitas untuk Short Getaway

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Urban Action

Gepreki, Bisnis Kuliner dengan Cita Rasa dan Inovasi Unik

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Urban Action

5 Manfaat Parkour Bagi Tubuh dan Mental, Bisa Tingkatkan Konsentrasi

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Urban Action

Kebiasaan Orang Jepang yang Unik dan Menarik

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /