Perusahaan rintisan atau startup merupakan salah satu bidang yang lagi diminati entrepreneaur buat dikembangin, Biasanya, bisnis tersebut berkaitan sama teknologi atau digital. Mereka juga manfaatin teknologi baru dan dunia digital buat menjalankan bisnis dan memecehkan masalah sesuai tujuan perusahaan.
Nah, di Tengah banyaknya startup baru atau yang udah berdiri beberapa tahun lalu, lo harus nyiapin strategi khusus buat ningkatin brand awareness dan penjualan. Gimana caranya? Simak beberapa tipsnya berikut ini, Superfriends.
Cari Tau Kebutuhan Pelanggan
Sebagai pebisnis, lo harus menyukai produk lo sendiri. Namun, perlu dipahami bahwa kalau pun lo suka produk lo, bukan berarti pelanggan juga menyukainya. Jadi, di samping menyukai produk sendiri, lo juga harus memahami kebutuhan pelanggan. Itulah yang disebut dengan psikologi pelanggan, yaitu ketika pelanggan membeli sebuah produk saat mereka ngerasa butuh.
Bikin Pelanggan Paham tentang Bisnis dan Produk Lo
Pelanggan umumnya nggak akan membeli produk yang nggak mereka pahami. Jadi, sebagai pebisnia dan pendiri startup, membangun kepercayaan pelanggan aja nggak cukup, Superfriends. Lo juga harus bisa bikin pelanggan paham tentang bisnis lo. Jelasin tentang penawaran dari produk lo, apakah produk tersebut bisa memenuhi kebutuhan pelanggan, sumber daya apa yang lo miliki bisnis lo, dan hal-hal penting lainnya.
Kasih Kualitas, Bukan Kuantitas
Daripada gembor-gemboran bikin banyak produk, sebaiknya lo fokus aja sama kualitas produk lo, Bro. Soalnya, pelanggan masa kini tuh udah paham soal kualitas produk. Mereka bahkan rela ikut pre-order sampai berminggu-minggu buat nunggu produk berkualitas tersebut rilis. Jadi, kalau pelanggan lo udah percaya sama produk lo, mereka nggak akan mempermasalahkan kalau harus nunggu beberapa waktu selama itu worth-it sama value yang bakal mereka dapetin.
Beri Layanan Costumer Service
Di era media social seperti saat ini, udah nggak ada alasan buat nggak memaksimalkan layanan customer service. Yup, kehadiran media sosial bisa memudahkan layanan konsumen karena mereka tinggal kirim pesan atau mention lo aja buat menyampaikan keluh kesah, nggak perlu susah-susah kirim email atau telepon. Pelanggan pun lebih menyukai brand yang punya customer service responsif karena bisa menyelesaikan permasalahan secara cepat.
Komitmen Melayani Pelanggan
Salah satu kunci buat ningkatin penjualan yaitu harus berani berkomitmen melayani pelanggan. Lo bisa bikin jaminan pada pelanggan kalau produk lo berkualitas dan bisa memenuhi kebutuhan mereka. Saat di tengah pemakaian pelanggan mengalami masalah pada produk tersebut, lo sebagai produsen harus bertanggung jawab dan memberikan layanan terbaik buat mengatasi masalah tersebut.
Itu tadi beberapa cara buat ningkatin penjualan pada startup. Kalau lo ada tips lain, share di kolom komentar ya, Superfriends. (arpd)
ARTICLE TERKINI
Source:Entrepreneur
0 Comments
Daftar dan Dapatkan Point Reward dari Superlive
Please choose one of our links :