TikTok sering dicap sebagai media sosial yang isinya konten receh dan joget-joget doang. Padahal, platform ini juga bisa dimanfaatin buat hal-hal yang lebih berfaedah, lho. Salah satunya buat promosiin produk bisnis lo.
Yes, per April 2023, pengguna TikTok di Indonesia udah mencapai 113 juta orang. Usianya didominasi antara 14 – 24 tahun, which is dari Gen Z tuh. Nah, ini bisa jadi peluang buat ningkatin brand awareness dari kalangan anak muda buat bisnis lo, Superfriends.
Biar konten lo bisa FYP dan produk lo jadi dikenal masyarakat luas, berikut ini tips bikin konten TikTok buat promosi produk yang wajib lo coba.
Bikin Konten yang Unik dan Unggah Secara Rutin
Salah satu kunci penting biar konten lo bisa cepet FYP adalah bikin konten yang unik dan upload secara rutin. Sesuaikan juga konten tersebut dengan produk lo. Misalnya, lo bisa bikin konten cara pemakaian produk, review tentang produk, atau proses pembuatan produk tersebut. Karena audience TikTok kebanyakan dari anak muda, jangan lupa buat kemas konten tersebut pakai cara yang fun dan kekinian.
Pakai Hashtag
Nggak cuma upload sesering mungkin, penting juga buat pakai hashtag di setiap postingan lo biar bisa masuk FYP. Beberapa hashtag populer yang sering dipakai sih ada #FYP, #foryourpage, dan #viral. Selain hashtag populer, tambahin juga hashtag spesifik tentang bisnis lo, bisa dari nama brand atau jenis produknya. Oh iya, jangan lupa bikin caption yang sesuai juga biar postingan lo nggak kosongan, ya.
Ikutin Tren Lagu dan Challenge Viral
Bikin konten TikTok kurang lengkap rasanya kalau nggak pakai lagu sebagai backsound-nya. Pilih lagu yang lagi viral dan populer di kalangan pengguna TikTok biar konten lo bisa masuk FYP. Lo juga bisa ikutin challenge yang lagi viral di TikTok buat konten engagement dan hiburan.
Kolaborasi sama Seleb TikTok
Salah satu kunci sukses bikin konten media sosial adalah berkolaborasi dengan influencer. Nah, lo bisa tuh siapin anggaran buat bikin konten kolaborasi bareng seleb TikTok. Pilih influencer yang sesuai sama produk dan target market lo. Hal ini bisa memudahkan lo buat menjangkau lebih banyak konsumen.
Manfaatin TikTok Ads
Kalau lo punya tim digital marketing, lo bisa nih manfaatin TikTok Ads buat jadi media beriklan. Ada empat layanan di TikTok Ads yang bisa lo pilih, yaitu in-feed ads (iklan di beranda atau FYP), branded hashtag challenge (bikin hashtag khusus buat iklan), branded effect (bikin efek atau filter buat promosi), dan brand takeover (iklan eksklusif berupa gambar, GIF, atau video pas pengguna TikTok buka aplikasi).
Nah, itu tadi tips bikin konten TikTok buat promosiin produk bisnis lo biar bisa masuk FYP. Selamat mencoba, Superfriends. (arpd)
PERSONAL ARTICLE





ARTICLE TERKINI
Source:Later
Please choose one of our links :