Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

I DARE XPLORE INDONESIA: Memahami Perbedaan Teknik-Teknik Menyelam yang Ada!

Author :

Article Date : 09/10/2018

Article Category : I Dare Explore Indonesia

Dengan keindahan alam bawah laut yang ada di Indonesia tentunya terdapat beberapa aktivitas yang bisa lo lakukan untuk dapat melihat atau menyaksikan hal tersebut dengan kedua mata telanjang lo. Tentunya aktivitas tersebut ialah menyelam. Nah, ada nih sebuah program dari SuperAdventure yang akan mengajak lo untuk melihat keindahan alam bawah laut tersebut, yaitu I Dare Xplore Indonesia. Berangkat dari keinginan untuk mempertunjukan keindahan alam bawah laut yang ada di Indonesia maka program ini pun terbentuk.

Lo akan diajak untuk melihat keindahan yang ada di bawah sana, karena memang masih belum terlalu banyak orang yang tahu mengenai hal tersebut. Padahal banyak spot di dalam negeri tercinta ini yang memiliki daya tarik cukup kuat untuk lo bisa melihat sebuah pemandangan yang tak akan mudah untuk lo lupakan.

[readalso url=18666]

Petualangan lo untuk melihat alam di I Dare Xplore Indonesia akan ditemani oleh Kill The Dj dan Erix Soekamti, yang merupakan musisi asal Yogyakarta yang telah menggemari diving beberapa tahun terakhir ini. Nah, mereka sudah pernah berpetualang ke berbagai penjuru negeri loh. Nah, di dalam program ini mereka akan mengajak lo untuk melihat panorama alam bawah laut di Pulau Alor, Wakatobi dan Banda Neira.

Namun, apakah lo sudah tahu kalau menyelam itu sendiri memiliki berbagai teknik-teknik ataupun cara yang berbeda? Ada yang menggunakan alat bantu berupa tabung oksigen dan juga pula yang hanya menggunakan kacamata atau masker, snorkel dan fin. Nah, daripada lo semakin penasaran mengenai perbedaan-perbedaan tersebut, simak saja beberapa informasinya di bawah ini.

I Dare Xplore Indonesia: Perbedaan Free Diving, Scuba Diving dan Snorkeling

Penampakan Dari Aktivitas Snorkeling. Credit: furycat.com

Ternyata menyelam itu sendiri memiliki beragam perbedaan loh bro, apakah lo sudah sadar akan hal tersebut? Walaupun sama-sama melakukan kegiatan menyelam, namun ketiga aktivitas tersebut memiliki perbedaan tergantung dari tingkat kedalaman dan alat selam yang digunakan.

Misalkan dari snorkeling sendiri yang bisa dilakukan oleh semua kalangan usia, berbeda dengan freed iving dan scuba diving yang hanya dapat dilakukan oleh orang dewasa saja. Snorkeling sendiri juga membutuhkan peralatan seperti pelampung, masker, snorkel dan fin. Disebut pula sebagai snorkeling dikarenakan dari alat yang lo butuhkan untuk pernafasan lo, seperti selang yang disebut dengan snorkel.

Untuk fungsi dari snorkel itu sendiri ialah untuk membantu lo saat mengambil nafas ketika sedang melihat keindahan biota laut. Sedangkan untuk maskernya itu sendiri berfungsi sebagai alat bantu untuk melihat ke dalam air, bentuknya sih hampir mirip dengan kacamata renang yang biasa lo gunakan, namun dengan silikon hingga menutupi bagian hidung. Serta untuk finnya itu sendiri merupakan alat bantu gerak dalam air atau biasa disebut kaki katak.

Snorkeling juga biasanya dilakukan hingga kedalaman lima meter. Di kedalaman seperti ini tentunya tekanan pada tubuh tidak terlalu tinggi sehingga resiko kecelakaan pun masih sangat sedikit. Buat lo yang kurang lihai berenang tentunya disarankan untuk selalu menggunakan pelampung yaa bro.

Ilustrasi Free Diving. Credit: youtube.com

Nah, berbeda dengan free diving yang tidak membutuhkan alat khusus. Free diving atau seringkali disebut juga sebagai selam bebas justru menyelam tanpa menggunakan alat bantu pernafasan. Dan tidak semua orang dapat melakukan aktivtias ini, karena diperlukan sertifikasi free diving yang resmi loh. Tak hanya itu saja, bagi para free diver juga harus ditemani oleh teman atau infraktuktur yang berpengalaman.

Free diving sendiri juga membutuhkan kemampuan lo untuk menahan nafas yang baik, karena aktivitas ini pun hanya mengandalkan paru-paru saja. Alat yang digunakan untuk melakukan free diving ialah hanya berupa masker dan kaki katak saja. Perlu lo ketahui juga, free diving ini akan berbahaya bagi lo yang tidak memiliki pengalaman sebelumnya. Karena free diving sendiri biasanya dilakukan hingga kedalaman 10 meter. Tentunya dengan kedalaman tersebut lo akan kesulitan untuk menahan nafas bro.

Untuk scuba diving sendiri tidak memiliki perbedaan yang jauh nih bro. Scuba Diving atau Self-Contained Underwater Breathing Apparus juga membutuhkan teknik menyelam khusus bagi yang ingin mencobanya. Menyelam di kedalaman yang lebih dalam, ada alat khusus yang digunakan jika ingin melakukan scuba diving, yaitu regulator tahap 1, regulator tahap 2, tabung udara, octopus, BCD, baju selam, pemberat badan dan sebagainya.

Diving Bersama I Dare Xplore Indonesia. 

Ternyata scuba diving sendiri juga termasuk ke dalam olahraga ekstrem, karena aktivitas ini akan mengajak lo untuk ‘terjun bebas’ ke dalam air, bahkan hingga ke dasar laut. Berbeda nih bro dengan snorkeling, baik scuba diving maupun free diving membutuhkan pelatihan yang matang demi melatih pernafasan lo serta untuk keselamatan lo juga.

I Dare Xplore Indonesia – Skin Diving

Ilustrasi Skin Diving. Credit: llymi.com

Ternyata selain dari ketiga aktivitas yang bisa membuat lo melihat keindahan alam bawah laut, skin diving juga menjadi salah satu alternatif yang bisa lo lakukan. Namun, lo juga harus memiliki sertifikat free diving juga nih bro sebelum melakukan skin diving.

Pada dasarnya, skin diving ini sendiri merupakan perpaduan antara snorkeling dan free diving. Biasanya para skin diver lebih sering menghabiskan waktunya di atas permukaan, sambil melihat ke bawah, namun seingkali juga menyelam dengan kedalaman yang hampir sama dengan free diving. Melihat benda-benda atau biota laut yang menarik menjadi tujuan utama dari skin divin gitu sendiri.

Alat yang digukanan pun hampir mirip ketika lo melakukan free diving, sama-sama menggunakan masker, snorkel dan kadang-kadang jgua menggunakan wetsuit atau pakaian yang biasa digunakan untuk menyelam, namun tergantung dengan temperature air yang ada. Biasanya juga menggunakan fins untuk mempermudah lo untuk melihat keindahan laut yang ada.

I Dare Xplore Indonesia: Spot Diving Unik Bernama Kelaka

Credit: Kelaka; gua dengan air vulcano yang hangat di bawah laut yang sangat nyaman untuk berhenti sejenak dari dinginya air bawah laut Alor.

Ketika Kill The Dj dan Erix Soekamti menjelajahi keindahan alam bawah laut di Pulau Alor, ternyata mereka menemukan sebuah spot diving yang cukup unik nih bro. Bahkan memiliki temperatur air yang berbeda dengan sekitarnya. Nama spot diving tersebut ialah Kelaka, percaya atau tidak ketika lo masuk ke dalam kawasan spot diving tersebut, lo langsung akan merasakan temparatur yang hangat loh, karena biasanya bila lo sedang melakukan penyelaman temperaturnya pun dingin. 

Spot diving yang berbentuk seperti gua ini tentunya menyimpan sebuah keindahan yang belum tentu bisa lo dapatkan di spot-spot lainnya. Jadi, benar kan kalau di Indonesia sendiri terdapat sebuah spot diving yang cukup unik sehingga menjadi nilai lebih ketika lo ingin melakukan aktivtas tersebut. Semakin bangga pula sebagai orang Indonesia!

[readalso url=18882]

Jadi bagiamana bro dengan informasi seputar perbedaan antara teknik-teknik menyelam yang ada? Semoga bisa berguna untuk lo agar lo tetap bisa melihat keindahan yang ada di bawah sana yaa. Jangan lupa pula untuk menonton program I Dare Xplore Indonesia yang sudah tayang di Youtube yaa bro, serta subscribe juga kanalnya yaa. Semangat dan jangan berhenti bereksplorasi bro!

Source

 

 

Featurd Image: wananavu.com

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #I-DARE-EXPLORE-INDONESIA #travelling

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
I Dare Explore Indonesia

I Dare Xplore Indonesia: Raja Ampat, Redefine The Adventure!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
I Dare Explore Indonesia

I DARE XPLORE INDONESIA: Menguak Surga Bawah Laut di 0 Kilometer Indonesia Bagian Barat!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
I Dare Explore Indonesia

Kill the DJ dan Tim Super Adventure Menyambut Tahun Baru 2020 di Tengah Lautan!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
I Dare Explore Indonesia

I Dare Xplore Indonesia: Kewer-Kewer di Morotai

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
I Dare Explore Indonesia

I Dare Xplore Indonesia: Raja Ampat, Redefine The Adventure!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
I Dare Explore Indonesia

Highlight I Dare Xplore Indonesia: Destinasi Raja Ampat

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
I Dare Explore Indonesia

I DARE XPLORE INDONESIA: Apa Itu Pandu Laut Nusantara dan Spot Diving Mioskun!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
I Dare Explore Indonesia

I DARE XPLORE INDONESIA: Raja Ampat dan 7 Deretan Spot Diving Eksotisnya!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
I Dare Explore Indonesia

7 Kondisi Laut di Banda Neira yang Eksotis Buat Lo Para Penggila Diving Eksplorasi!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
I Dare Explore Indonesia

5 Penunggu Laut Banda Neira yang Dicari Oleh Para Petualang dan Penyelam!

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /