Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

5 Penunggu Laut Banda Neira yang Dicari Oleh Para Petualang dan Penyelam!

Author :

Article Date : 05/12/2018

Article Category : I Dare Explore Indonesia

Banyak para petualang yang sudah main ke Indonesia bagian timur, baik mereka yang datang dari dalam negeri sendiri atau mancanegara – sudah membuktikan bagaimana Indonesia bagian timur dikatakan sebagai sebuah permata yang tersembunyi.

Segala keindahan alam, baik yang ada di daratan atau di lautan, merupakan bukti nyata dari majas hiperbola soal permata dari timur Indonesia. Oleh karena itu, tidak heran jika tren petualangan atau traveling yang menuju ke sana, cenderung meningkat dari tiap tahunnya.

[readalso url=19189]

Indonesia timur sekarang ini tengah terus berbenah. Di bawah pemerintahan sekarang ini, pariwisata, berbagai spot petualangan di Indonesia timur terus mempercantik diri. Spot petualangan di sana yang sudah terkenal, sebut saja seperti Wakatobi dan Raja Ampat, adalah spot yang pasti masuk ke dalam daftar perjalanan para petualang.

Namun, perlu lo ketahui nih bro – Indonesia timur tidak selalu tentang Wakatobi dan Raja Ampat. Ada satu spot petualangan yang mempunyai potensi tidak jauh berbeda dengan spot-spot yang sudah populer sebelumnya.

Belum tahu nih spot petualangan yang dimaksud? Perkenalkan nih bro, spot petualangan yang luar biasa juga keindahan alamnya – Banda Neira. Banda Neira adalah salah satu spot petualangan di Indonesia timur yang sebenarnya sudah populer di masa kolonialis.

Dahulu, Banda Neira sudah terkenal dengan kekayaan alamnya yang luar biasa. Bahkan, ada rekam jejak sejarah di mana para kolonialis berebut untuk mendapatkan kepulauan Banda Neira, yang katanya – mau ditukar dengan emas beribu kilogram nilainya.

Namun, tentu – bagian dari negara Indonesia tidak semudah itu untuk dibeli atau ditukarkan dengan apapun. Sampai sekarang, Banda Neira masih jadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Nah, terlepas dari sisi sejarahnya yang memukau, Banda Neira memang mempunyai keindahan alam, terutama keindahan alam bawah laut yang luar biasa.

Banda Neira Dengan Keindahan Alam Bawah Lautnya

5 Penunggu Laut Banda Neira yang Dicari Oleh Para Petualang dan Penyelam! credit photo: youtube.com

Ribuan spesies ikan laut dan terumbu karang berwarna-warni menghiasi lautan Banda Neira. Mereka adalah satu alasan dari berbagai alasan lainnnya mengapa banyak para petualang yang rela untuk kembali lagi ke sini.

Keramahan flora dan fauna yang ada di lautan Banda Neira adalah salah satu keunggulan spot petualangan ini. Tidak heran, untuk menambah kenyamanan para petualang yang datang ke sini, beberapa tempat di sana sudah menyediakan fasilitas yang memadai.

Fasilitas tersebut seperti berdirinya berbagai hotel, homestay bahkan cottage yang eksotis menjadi faktor kenyamanan untuk para petualang. Dengan berbagai fasilitas seperti itu, tidak heran mereka banyak yang berlama-lama betah di sana.

Fauna Banda Neira – Primadona Para Penyelam!

5 Penunggu Laut Banda Neira yang Dicari Oleh Para Petualang dan Penyelam! credit photo: bubblesdivecenter.com

Banda Neira adalah salah satu spot petualangan yang diakui dunia sebagai salah satu dive spot terbaik. Bahkan, kelasnya sudah sama dengan Raja Ampat. Semua predikat tersebut tidak terlepas dari fauna yang menjadi primadona para penyelam, lho.

Perlu lo ketahui nih bro, kalau fauna di lautan Banda Neira sudah terbukti ramah terhadap para penyelam. Dengan begitu, para penyelam pun tidak ragu untuk berswafoto dengan mereka. Eh iya, sudah tahu belum primadonanya itu siapa saja?

Ikan Tuna Sirip Kuning – Jalur Migrasinya di Banda Neira

5 Penunggu Laut Banda Neira yang Dicari Oleh Para Petualang dan Penyelam! credit photo: lingkunganhidup.co

Untuk bulan-bulan tertentu, ikan tuna sirip kuning akan sering terlihat di lautan Banda Neira. Untuk mereka yang hobi memancing, waktu-waktu tersebut tentu tidak akan dilewatkan karena itu adalah kesempatan mereka untuk mencoba berusaha mengangkat para monster laut.

Ikan tuna sirip kuning di lautan Banda Neira bisa ada yang berbobot lebih dari 50 kilogram, lho. Oleh karena itu, tidak heran kenapa para penyelam, juga seru melihat gerombolan ikan tersebut dari bawah laut. Buat lo yang penasaran mengapa ada ikan tersebut di lautan Banda, itu karena lautan Banda Neira merupakan jalur mereka bermigrasi.

Hammerhead Shark – Primadona Banda Neira!

5 Penunggu Laut Banda Neira yang Dicari Oleh Para Petualang dan Penyelam! credit photo: toughtco.com

Belum lama ini, Kill the DJ dan Erix Soekamti – petualang kawakan dari program I DARE XPLORE INDONESIA, menceburkan diri mereka di lautan Banda Neira. Dalam program tersebut, mereka berusaha memberitahu untuk para petualang Indonesia dan seluruh lapisan masyarakat, kalau lautan Indonesia mempunyai potensi dan keindahan alam bawah laut yang luar biasa indah.

Sebelum Banda Neira, Kill the DJ dan Erix Soekamti dalam I DARE XPLORE INDONESIA sudah lebih dulu mengarungi alam bawah laut Alor dan Wakatobi. Kemarin, mereka menancapkan jejak di Banda Neira. Perjalanan mereka di sana tentu penuh dengan kejutan.

 
5 Penunggu Laut Banda Neira yang Dicari Oleh Para Petualang dan Penyelam! credit photo: Tim Super Adventure

Salah satu kejutan yang mereka terima adalah pertemuan dengan salah satu primadona Banda Neira! Hammerhead Shark adalah biota laut yang ditunggu oleh para petualang dan penyelam yang datang ke sana, dan Kill the DJ serta Erix Soekamti bisa bertemu dan beramah tamah dengan mereka.

Kedatangan kami ke Banda Neira bertepatan dengan Festival Banda Neira 2018 dan upacara Cuci Parigi di Negeri Lonthoir, sebuah upacara mencuci sumur pusaka yang diselenggarakan 10 tahun sekali. Juga lomba Perahu Belang antar kampung yang berlangsung sangat meriah.

Kedatangan kami ke Banda Neira bertepatan dengan Festival Banda Neira 2018 dan upacara Cuci Parigi di Negeri Lonthoir, sebuah upacara mencuci sumur pusaka yang diselenggarakan 10 tahun sekali. Juga lomba Perahu Belang antar kampung yang berlangsung sangat meriah.

Oh iya, cukup beruntung juga lho Kill the DJ serta Erix Soekamti saat datang ke Banda Neira. Keberuntungan tersebut adalah kedatangan mereka juga bertepatan dengan Festival Banda Neira yang menunjukan berbagai kearifan lokal yang ada di sana.

Lion Fish – Si Anggun Penunggu Banda Neira

5 Penunggu Laut Banda Neira yang Dicari Oleh Para Petualang dan Penyelam! credit photo: virgin.com

Selain hammerhead shark – Kill the DJ dan Erix Soekamti juga bertemu dengan rumah untuk perkumpulan Lion Fish. Tapi, mereka tidak terlalu dekat karena perlu lo ketahui bro – sirip dari ikan tersebut walau terlihat seperti selendang yang cantik, mempunyai racun yang berbahaya.

A Group of Napoleon Fish and Baracuda

5 Penunggu Laut Banda Neira yang Dicari Oleh Para Petualang dan Penyelam! credit photo: www2.padi.com

Sekumpulan ikan Napoleon dan Barakuda juga menjadi salah satu pemandangan yang ada di lautan Banda Neira, lho. Biasanya mereka bisa terlihat di perairan yang cukup dalam seperti 10 -20 meter kedalamannya.

Mereka masih berada di sela-sela terumbu karang karena makanan mereka juga berada di sana. Warna-warni dari berbagai biota laut tersebut akan semakin memanjakan mata lo saat diving dan menyalam di sana.

Ikan Pari Timur

5 Penunggu Laut Banda Neira yang Dicari Oleh Para Petualang dan Penyelam! credit photo: scimindset.blogspot.com

Ikan Pari Timur juga menjadi salah satu primadona yang ada di lautan Banda Neira, lho. Warna dan jenisnya yang bermacam-macam membuat kamuflase mereka menjadi salah satu teknik bertahan diri dari berbagai predator yang mengincar.

[readalso url=19171]

Keindahan alam bawah laut Banda Neira sudah tidak terelakan lagi nih bro. Buat lo yang sudah semakin penasaran dengan keindahan alamnya serta berbagai fauna terlebih hammerhead shark yang ditemui oleh Kill the DJ dan Erix Soekamti dalam I DARE XPOLRE INDONESIA – makin membuat lo penasaran, sila berkemas dan cepat berangkat ke Banda Neira!

 

Source

Feature Image - seal-superyachts.com

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #diving #Extreme #I-DARE-EXPLORE-INDONESIA #solo-backpacker #solo-traveling

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
I Dare Explore Indonesia

I Dare Xplore Indonesia: Raja Ampat, Redefine The Adventure!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
I Dare Explore Indonesia

I DARE XPLORE INDONESIA: Menguak Surga Bawah Laut di 0 Kilometer Indonesia Bagian Barat!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
I Dare Explore Indonesia

Kill the DJ dan Tim Super Adventure Menyambut Tahun Baru 2020 di Tengah Lautan!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
I Dare Explore Indonesia

I Dare Xplore Indonesia: Kewer-Kewer di Morotai

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
I Dare Explore Indonesia

I Dare Xplore Indonesia: Raja Ampat, Redefine The Adventure!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
I Dare Explore Indonesia

Highlight I Dare Xplore Indonesia: Destinasi Raja Ampat

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
I Dare Explore Indonesia

I DARE XPLORE INDONESIA: Apa Itu Pandu Laut Nusantara dan Spot Diving Mioskun!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
I Dare Explore Indonesia

I DARE XPLORE INDONESIA: Raja Ampat dan 7 Deretan Spot Diving Eksotisnya!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
I Dare Explore Indonesia

7 Kondisi Laut di Banda Neira yang Eksotis Buat Lo Para Penggila Diving Eksplorasi!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
I Dare Explore Indonesia

I DARE XPLORE INDONESIA: Banda Neira Bercerita

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /