Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

loyal customer

Author : Admin Adventure

Article Date : 18/10/2021

Article Category : Action +

Merebut hati dan mendapatkankan pelanggan atau customer yang banyak memang sebuah pencapaian besar, Superfriends. Tapi, bagaimana sih tips mempertahankan loyal customer dalam berbisnis? Yuk, cari tahu informasi selengkapnya di bawah ini!

Sulit dipungkiri, saat menjalankan suatu usaha, lo pasti bakal bergantung banget sama yang namanya customer. Bukan cuma mendapatkan, lo juga wajib bisa mempertahankan pelanggan setia alias loyal customer, Superfriends.

Apalagi kalau jumlah loyal customer lo sudah banyak, bisnis bisa saja tetap eksis meskipun tanpa pelanggan baru. Maka dari itu, mending simak lengkap sejumlah tips mempertahankan loyal customer dalam berbisnis berikut ini, Superfriends!

Lengkapi Saluran Komunikasi

Image source: unsplash.com/@ademay

Tips mempertahankan loyal customer dalam berbisnis yang pertama yaitu lengkapi saluran komunikasi bisnis lo, Superfriends. Lo bisa muncul di berbagai platform, mulai dari live chat, website, sampai media sosial.

Dengan begitu, bisnis lo akan semakin terhubung dengan para pelanggan. Lo juga bisa dengan mudah menyampaikan berbagai informasi penting, seperti update produk atau jasa sampai informasi promo terbaru.

Selain itu, dari beberapa saluran komunikasi tersebut, customer loyal juga bisa menyampaikan kritik dan saran sehingga lo bisa paham kondisi bisnis dan mengambil langkah tepat buat evaluasi, Superfriends.

Menangkan Persaingan dengan Kompetitor

Image source: pexels.com/@fauxels

Tips mempertahankan loyal customer dalam berbisnis yang satu ini memang terdengar mudah, padahal nyatanya sulit banget buat dilakuin. Meskipun begitu, lo tetap harus memenangkan persaingan bisnis dengan kompetitor secara sehat, Superfriends

Pasalnya, sebagus apapun pelayanan atau produk yang lo tawarkan, customer nggak bakal datang membeli atau menggunakan kalau biasa-biasa saja. Dilansir laman Niagahoster, ada tiga strategi yang bisa digunakan memenangkan persaingan bisnis, menurut Michael Porter, Bapak Strategi Bisnis Modern.

Pertama, ada cost leadership strategy, cara memenangkan hati konsumen dengan menawarkan harga yang lebih rendah dibanding harga kompetitor. Kedua, ada differentiation strategy, strategi di mana bisnis menawarkan keunggulan produk. Baik dari sisi kualitas, performa, desain, atau inovasi fitur, Superfriends.

Dan yang ketiga, ada focus strategy. Sesuai namanya, strategi yang satu ini membuat bisnis lo hanya fokus pada pasar tertentu ketimbang menargetkan pasar secara luas.

Sediakan Loyalty Program

Image source: sdk.finance

For your information, loyalty program merupakan program khusus yang dibuat untuk memicu loyalitas customer. Cara ini bisa dibilang lumayan populer, Superfriends. Sadar atau nggak, lo pasti pernah merasakan praktik tips mempertahankan loyal customer dalam berbisnis yang satu ini secara langsung.

Misalnya, ketika berkunjung ke minimarket, pasti lo pernah ditawarkan buat mendaftar program membership, kan? Biasanya, imbalan yang ditawarkan berupa bonus poin atau potongan harga setiap kali berbelanja, Superfriends.

Yup, ini adalah salah satu cara jitu buat mendorong pelanggan biar melakukan pembelian berulang. Sebab, biasanya pelanggan bakal tergiur dengan bonus yang ditawarkan tiap berbelanja kalau sudah ikut program membership, Superfriends.

Membuat Komunitas Pelanggan

Komunitas adalah kelompok yang berisi orang-orang dengan minat yang sama. Dengan membuat komunitas, lo bisa mengajak para pelanggan baru untuk bergabung ke grup yang berisi pelanggan yang sudah loyal.

Dengan begini, pelanggan baru tersebut bisa saja jadi terdorong buat ikut loyal juga dengan produk atau jasa dari bisnis lo, Superfriends. Strategi ini bisa dibilang sudah lumayan banyak digunakan oleh berbagai bisnis, salah satu yang paling umum adalah bisnis otomotif.

Yup, sudah banyak pabrikan otomotif yang mendirikan komunitas khusus produk-produknya. Bukan tanpa alasan, biasanya orang-orang tertarik gabung karena dengan bergabung ke komunitas karena mereka jadi bisa saling berbagi ilmu tentang perawatan kendaraan, meminta bantuan, dan tentunya, mendapat teman baru yang sehobi, Superfriends!

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Tips #Urban Action

Source:https://www.niagahoster.co.id/blog/mempertahankan-pelanggan

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Action +

Cara Gampang Buat Jalanin Bisnis Dropshipper

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Action +

5 Cara Menghemat Baterai HP, Cocok untuk Perjalanan Jauh dan Mendaki!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Action +

5 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Caving, Sudah Tahu?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Action +

Tips Wild Swimming di Laut Lepas supaya Aman

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Action +

Danau Cinta Karawapop, Laguna Berbentuk Hati Super Indah di Raja Ampat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Action +

Kenalan Sama Bagerich, Jual Display Font yang Unik Abis!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Action +

Mengenal Apa itu Earmuffs, Model, dan Jenis-Jenisnya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Action +

Fungsi Lumut untuk Survival, Sudah Tahu Belum?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Action +

Penting! Alat Camping Ini Gak Boleh Ketinggalan Apa Pun Alasannya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Action +

Ini 5 Jenis Tas Gunung Khusus untuk Mendaki, Jangan Salah Beli!

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /