Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Tas gunung

Author : Admin Adventure

Article Date : 13/01/2023

Article Category : Action +

Membawa perlengkapan dan persediaan jenis tas gunung yang memadai jadi syarat yang wajib dipenuhi dalam kegiatan pendakian gunung. Alasan kuat yang menjadi latar belakangnya adalah bahwa kebutuhan selama pendakian wajib bisa dipenuhi sendiri, sehingga perjalanan tak terhambat dan merepotkan pendaki lain. 

Tas yang digunakan pun akan tergantung pada keperluan pendakian dan kemampuan dari pendakinya sendiri. Nah, berikut ini beberapa jenis tas gunung khusus untuk mendaki yang perlu Superfriends ketahui.

Backpack

Image source: elements.envato.com/Rawpixel

Tas ini biasa disebut tas ransel, merupakan jenis tas yang bisa digunakan untuk menunjang kegiatan pendakian. Kapasitas yang kecil mendukung pendakian cepat dan dalam durasi singkat, sehingga badan lo tidak akan membawa beban terlalu berat. Tentu saja, jika dilihat dari ukurannya, tas ini hanya ‘mengijinkan’ barang bawaan yang sedikit dan  ringkas.

Tas jenis ini memang jarang ditemui di gunung-gunung dan pendaki pemula, sebab biasanya pendaki pemula justru membawa barang yang cukup banyak. Backpack biasanya digunakan oleh pendaki yang sudah berpengalaman dan memahami benar kapasitas pendakian yang dimilikinya, kecepatan, daya tahan, durasi pendakian, dan sebagainya.

Daypack

Image source: elements.envato.com/lzf

Jenis tas gunung kedua lebih awam ditemukan, adalah daypack. Tas ini memiliki kapasitas yang lebih besar, biasanya di antara 15 sampai 25 liter pada kebanyakan jenisnya. Tas jenis ini juga banyak digunakan oleh pendaki yang sudah cukup berpengalaman, dan bisa mendaki secara efektif. 

Barang bawaan yang tidak terlalu banyak, beban yang ringan, memungkinkan gerakan gesit pendakian. Tas ini biasanya ditemui di gunung-gunung yang tidak terlalu tinggi, dan memungkinkan pendakian ‘tek-tok’, atau pendakian yang langsung turun setelah mencapai puncak. 

Tentu durasi pendakiannya tak terlalu panjang, rata-rata di bawah satu hari saja. Meski demikian, dengan pengaturan yang tepat daypack juga bisa digunakan secara efektif untuk membawa semua yang diperlukan lho!

Semi Carrier

Image source: elements.envato.com/Sotnikov_Misha

Selanjutnya ada jenis tas gunung semi carrier yang memungkinkan lo membawa cukup banyak barang, namun tetap terasa ringkas dan tidak terlalu berat. Dengan kapasitas rata-rata 30 liter cukup banyak barang bisa dimasukkan dan mendukung pendakian dalam jangka waktu yang cukup lama. 

Antara 1 sampai 2 hari, bahkan jika cukup efisien lo bisa menggunakannya untuk pendakian 3 hari. Didukung dengan desain main compartment dengan roll top opening, membuat tas jenis ini sangat bersahabat untuk mengorganisir barang yang akan dibawa. 

Rucksack

Image source: shutterstock.com/GaudiLab

Nah, untuk kapasitas tas gunung yang lebih besar lo bisa memilih jenis rucksack. Jenis ini bisa digunakan untuk pendakian lebih lama, karena bisa memberikan kapasitas lebih besar dari semi carrier. Rata-rata, tas dengan jenis ini memiliki kapasitas 45 liter, sehingga bisa memuat cukup banyak barang untuk pendakian ideal 2 atau 3 hari.

Karena kapasitasnya yang lebih besar, tas jenis ini juga memiliki bantalan bahu dan punggung yang lebih tebal sehingga dapat mengurangi tekanan atau beban pada bagian ini. Tak jarang bahkan bagian punggung dilengkapi dengan batangan besi atau logam, untuk membuat punggung tetap lurus dan beban terdistribusi secara merata.

Full Carrier

Terakhir adalah jenis tas gunung dengan kapasitas yang paling besar, yakni full carrier. Tas ini biasa digunakan oleh pendaki-pendaki berpengalaman yang ingin melakukan pendakian yang cukup lama. Jika diatur secara rapi, full carrier bisa membawa perbekalan dan perlengkapan untuk keperluan 3 hingga 6 hari pendakian.

Dapat dibayangkan bukan kapasitas yang dimiliki tas jenis ini? Jika Superfriends berkunjung ke toko online, situs resmi, atau gerai offline, ketika melihat tas dengan ukuran yang sangat besar, dapat dipastikan tas tersebut masuk ke kategori full carrier. Setidaknya, tas dengan kategori ini memiliki volume sebesar 65 liter.

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #Hiking #Wilderness #Extreme #Gear

Source:https://blog.eigeradventure.com/ini-dia-5-jenis-tas-gunung-untuk-pendakian-kamu/

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Action +

Cara Gampang Buat Jalanin Bisnis Dropshipper

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Action +

5 Cara Menghemat Baterai HP, Cocok untuk Perjalanan Jauh dan Mendaki!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Action +

5 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Caving, Sudah Tahu?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Action +

Tips Wild Swimming di Laut Lepas supaya Aman

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Action +

Danau Cinta Karawapop, Laguna Berbentuk Hati Super Indah di Raja Ampat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Action +

Kenalan Sama Bagerich, Jual Display Font yang Unik Abis!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Action +

Mengenal Apa itu Earmuffs, Model, dan Jenis-Jenisnya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Action +

Fungsi Lumut untuk Survival, Sudah Tahu Belum?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Action +

Penting! Alat Camping Ini Gak Boleh Ketinggalan Apa Pun Alasannya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Action +

Mengenal Jenis-Jenis Climbing, Banyak yang Jarang Diketahui!

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /