Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Gunung Argopuro, Sejuta Savana Dengan Waktu Pendakian Paling Lama

Author :

Article Date : 07/06/2018

Article Category : Wilderness

Jawa Timur memang terkenal mempunyai beberapa gunung yang menjadi spot petualangan favorit bagi para petualang. Salah satunya adalah Gunung Argopuro, Walau tidak sepopuler Semeru, Gunung Argopuro mempunyai tantangannya sendiri, yaitu jalur pendakian paling lama.

Gunung Argopuro adalah gunung di Pulau Jawa yang mempunyai jalur pendakian terpanjang. Tentu, untuk menyelesaikannya, juga butuh waktu yang tidak sebentar. Oleh karena itu, Gunung Argopuro mempunyai waktu pendakian yang paling lama.

[readalso url=18067]

Mengapa bisa disebut gunung dengan waktu pendakian paling lama? Berikut perbandingannya, bro – Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di Pulau Jawa, yang mempunyai waktu pendakian, hanya 3 hari dua malam, dari pos menuju puncaknya.

Keindahan Panorama di Gunung Argopuro, Jawa Timur. credit photo: plantagama.wrodpress.com

Namun, Gunung Argopuro yang mempunyai tinggi hanya 3.088 mdpl membutuhkan waktu 5 hari 4 malam. Terbayang bagaimana jalur pendakian di Gunung Argopuro? Setidaknya ada 45 kilometer yang harus lo tempuh, dengan kontur tanah naik turun yang bervariasi.

Dengan perbandingan tersebut, sepertinya cukup jelas mengapa gunung di Jawa Timur ini mendapatkan predikat sebagai gunung dengan jalur pendakian paling lama. Oleh karena itu, banyak para petualang, baik yang berasal dari Indonesia atau mancanegara, tertantang untuk mendaki gunung tersebut.

Letak Administratif Gunung Argopuro

Keindahan Panorama di Gunung Argopuro, Jawa Timur. credit photo: triptrus.com

Gunung Argopuro adalah gunung di Jawa Timur yang secara administratif masuk ke dalam lima kabupaten sekaligus. Sebut saja Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, dan Situbondo, gunung ini mempunyai Kawasan Suaka Margasatwa Dataran Tinggi Hyang, yang memiliki luas 15 hektar.

Dengan kondisi seperti itu, tidak heran jika para petualang yang tengah berada di jalur pendakian tersebut berpapasan dengan beberapa hewan dan satwa liar penunggu Suaka tersebut. Perlu lo ketahui juga nih, bro – bahwa Gunung Argopuro diapit oleh dua gunung populer yaitu, Gunung Semeru dan Gunung Raung.

Arti Nama dan Kondisi Asli Gunung Argopuro

Keindahan Panorama di Gunung Argopuro, Jawa Timur. credit photo: merbabu.com

Mengandung dua suku kata yang mempunyai arti berbeda-beda, Gunung Argopuro adalah sebuah gunung yang mempunyai berbagai spot kompleks bekas candi, atau bahkan menyerupai sebuah pura. Argo berarti sebuah gunung, dan Puro adalah pura, tidak heran dalam pendakiannya, lo akan melihat berbagai reruntuhan pura di jalur tersebut.

Reruntuhan dari pura atau candi tersebut tidak lepas dari sejarah dan kepercayaan masyarakat sekitar, bahwa Gunung Argopuro dulunya adalah sebuah kerajaan dan keraton. Dihuni oleh Prabu Brawijaya, Gunung Argopuro dipilihnya sebagai tempat bersemayam.

Argopuro memiliki 3 puncak yaitu Puncak Rengganis (2.980 mdpl), Puncak Arca/Hyang yang bisa dibilang puncak semu, dan satu lagi sebagai puncak tertingginya adalah Puncak Argopuro (3.088 mdpl). Puncak Rengganis, adalah sebuah puncak yang membuat nama gunung ini disebut Argopuro. Di puncak tersebut ditemukan reruntuhan kerajaan dan keraton.

Keindahan Panorama di Gunung Argopuro, Jawa Timur. credit photo: jalanpendaki.com

Puncak Rengganis sendiri memiliki kawah, bernama Kawah Sijeding. Kawah yang berwarna putih kekuningan ini dinobatkan sebagai tempat paling tinggi untuk penemuan reruntuhan bangunan kerajaan atau keraton se-indonesia, lho.

Legenda dan Cerita Mistis Dari Gunung Argopuro

Keindahan Panorama di Gunung Argopuro, Jawa Timur. credit photo: menujujauh.com

Jangan dikira Gunung Argopuro adalah gunung tanpa sejarah dan legenda atau cerita mistis nih, bro. Gunung Argopuro adalah salah satu gunung di Pulau Jawa yang kental akan cerita legenda dan mistisnya.

Cerita legenda dan mistis tersebut bermula dari Prabu Brawijaya yang tidak mengakui atau menganggap tidak ada Dewi Rengganis, sebuah putri dari hasil dengan salah satu selirnya. Karena tidak dianggap, Dewi Rengganis turun gunung dan bersemayam di sebuah danau, danau tersebut bernama Danau Taman Hidup.

Sampai sekarang, Danau Taman Hidup menjadi salah satu spot wajib untuk dikunjungi oleh para petualang yang tengah berpetualang di Gunung Argopuro. Selain pemandangannya yang indah dan magis, cerita mistis di danau ini erat dengan Dewi Rengganis.

Keindahan Panorama di Gunung Argopuro, Jawa Timur. credit photo: pendakianseru.blogspot.com

Selain Danau Taman Hidup yang dihiasi oleh cerita dari Dewi Rengganis, Gunung Argopuro masih mempunyai cerita mistis dari Cikasur. Sebuah padang savana yang luas menghampar, favorit para petualang yang datang dan mendirikan tenda di sini.

Cerita mistis dari Cikasur adalah, banyak pendaki yang sering diperdengarkan atau diperlihatkan penampakan mahluk halus di padang savana ini. Padang savana hijau dan luas ini ternyata dahulu adalah landasan pacu untuk pesawat-pesawat kolonialis, lho.

Banyak warga setempat yang menjadi korban dari para kolonialis di sini, melengkapi cerita mistis yang ada di padang savana ini. Dahulu, para kolonialis mengangkut rampasan dari masyarakat setempat di padang savana ini dan hasil rampasan tersebut langsung dibawa terbang oleh mereka.

Jalur Pendakian Favorit

Keindahan Panorama di Gunung Argopuro, Jawa Timur. credit photo: lyladventure.net

Para petualang dan pendaki biasanya mengambil jalur Desa Baderan. Selain treknya yang cukup bersahabat dan landai, para petualang dan pendaki tidak khawatir akan kehabisan logistik air minum, karena di daerah ini air sangat melimpah.

Beberapa sungai kecil dari mata air yang keluar, membuat lo akan mudah untuk mendapatkan air minum untuk melepaskan dahaga atau menjaga tubuh lo dari dehidrasi. Nah, mengingat bahwa Gunung Argopuro adalah gunung dengan jalur pendakian paling lama, atur logistik lo dengan sempurna, agar tidak keteter saat mendaki, ya.

Keindahan Panorama di Gunung Argopuro, Jawa Timur. credit photo: twitter.com

Wah bagaimana nih bro? Apakah lo sudah semakin penasaran dengan pendakian di Gunung Argopuro? Kalau iya, langsung saja nih lo siapkan cuti dari rutinitas, siapkan budget secukupnya, berkemas, dan langsung saja berangkat!

Keindahan Panorama di Gunung Argopuro, Jawa Timur. credit photo: ardiyanta.com

[readalso url=18066]

Oh iya, kalau lo mengetahui berbagai informasi tentang Gunung Argopuro lainnya dan belum disebutkan di atas, sila tambahkan informasi tersebut di kolom komentar di bawah ini, ya. Hal ini jelas akan membantuk para petualang lain untuk menuju Gunung Argopuro.

 

Source

Feature Image - travelingyuk.com

 

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #Climbing #solo-backpacker #solo-traveling #travelling

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Wilderness

5 Gunung Terbesar di Pulau Jawa yang Mencengangkan, Penuh Misteri!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Misteri Gunung Semeru Paling Terkenal dan Tidak Terpecahkan Hingga Sekarang

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Keindahan Gunung Kawi yang Akrab dengan Pesona Mistis

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Arjuno, Gunung di Tiga Wilayah yang Punya Cerita Menarik

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Fakta-Fakta Menarik Gunung Arjuno, Pendaki Wajib Tahu!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Serba-serbi Pendakian Gunung Latimojong

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Cara Agar Tidak Tersesat di Blank 75 Gunung Semeru

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

3 Fakta Puncak Carstensz Pyramid yang Terletak di Pegunungan Jayawijaya

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Jalur Pendakian Gunung Tambora Paling Populer

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Dianggap Mati, Gunung Berapi di Indonesia Ini Mulai Kembali Aktif

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /