Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Gunung Arjuno

Author : Admin Adventure

Article Date : 17/08/2022

Article Category : Wilderness

Mendaki gunung adalah salah satu kegiatan outdoor dengan penggemar yang banyak di Indonesia. Nggak tanggung-tanggung, setiap tahun ribuan orang pergi ke gunung-gunung yang ada di tanah air. Nah, salah satu gunung yang kerap menjadi tujuan adalah Gunung Arjuno di Jawa Timur.

Gunung yang terletak di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan ini banyak dikunjungi karena memang cukup menantang. Di samping itu, di sini juga banyak hal menarik yang bisa para pendaki temukan.

Buat lo yang belum pernah datang ke Gunung Arjuno atau sedang merencanakan “muncak” di gunung ini, sebaiknya catat baik-baik fakta Gunung Arjuno berikut ini yang mungkin akan bermanfaat buat lo.

Gunung tertinggi ke-2 di Jawa Timur

Image source: 

Arjuno merupakan gunung berapi dengan ketinggian 3.339 mdpl dan terletak di perbatasan Kabupaten Malang, Kota Batu, serta Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur. Dengan ketinggian mencapai 3ribu meter lebih, lo akan dibuat terpesona oleh pemandangan yang ada di puncaknya.

Terakhir kali meletus pada tahun 1952

Meskipun termasuk gunung berapi, namun saat ini nggak ada aktivitas vulkanik di gunung Arjuno. Menurut catatan, gunung berjenis stratovolcano ini terakhir kali meletus pada tahun 1952 atau sekitar 70 tahun yang lalu.

Mempunyai empat jalur mendaki

Image source:  

Yup, para pendaki yang ingin menjajal gunung ini bebas memilih titik start-nya. Secara keseluruhan ada empat jalur mendaki yang bisa dipilih, yaitu Jalur Lawang, Jalur Tretes, Jalur Purwosari, dan Jalur Batu.

Tenang saja, setiap jalur punya keunikan dan tingkat kesulitannya masing-masing, jadi lo nggak perlu khawatir nggak kebagian keindahan panorama alam di Gunung Arjuno ini.

Jadi Gunung Arjuno ini berdekatan dengan Gunung Welirang, jadi banyak pendaki menyebutnya sebagai kompleks pegunungan Arjuno-Welirang. Dengan kata lain, lo juga bisa mendaki kedua gunung ini sekaligus untuk menikmati lebih banyak keindahan panorama alamnya.

Penuh dengan tempat wisata

Image source:  instagram.com/mrifkyr_

Selain pemandangan alam, Gunung Arjuno juga masih menyimpan banyak destinasi wisata yang bisa lo kunjungi satu per satu. Beberapa yang terkenal di kalangan para pendaki diantaranya adalah Tretes, Taman Safari Indonesia 2, serta air terjun Kakek Bodo.

Tapi hati-hati, sebab di sini juga ada tempat yang terkenal angker, yaitu Pasar Dieng dan Hutan Alas Lali Jiwo.

Salah satu gunung paling angker di Indonesia

Image source:  instagram.com/afifandresmessi

Gunung Arjuno termasuk ke dalam daftar “gunung paling angker di Indonesia” karena memang ada banyak misteri yang belum terungkap di sini. Misalnya seperti “Pasar Setan” yang konon berada di kawasan Sabana.

Biasanya para pendaki yang berkemah di kawasan tersebut akan mendengar bau-bau yang aneh, suara keramaian, bahkan hingga suara gamelan. Selain itu, menurut cerita yang beredar di masyarakat sekitar Gunung Arjuno, pendaki yang terjebak di pasar tersebut tidak akan pernah bisa kembali.

Nggak punya kawah