Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Liburan Ekstrem ke Penangkaran Buaya di Desa Blanakan

Author :

Article Date : 10/06/2020

Article Category : Urban Action

Tampak jelas taring-taring tajam menempel pada rahang kokoh buaya raksasa tersebut. Namun tak menyurutkan antusiasme pengunjung untuk berfoto dengan buaya raksasa di penangkaran Desa Blanakan, Subang, Jawa Barat.

Yup, taman wisata yang dikelola oleh Perum Perhutani Unit III, Jawa Barat ini menawarkan atraksi utama yang cukup extreme, yaitu dengan berfoto bersama buaya muara yang berbobot hampir 1 ton, bro.

Tapi tenang, buaya yang digunakan untuk berfoto pun merupakan buaya yang terawat dengan baik dan pastinya sangat ramah terhadap manusia. Sang pawang juga turut mengawasi agar tidak ada pengunjung yang merusak mood buaya raksasa tersebut, bro. Berikut ini beberapa informasi menarik lainnya terkait wisata penangkaran buaya di Blanakan, Subang.

[readalso url=21733]

Menjadi Tempat Penangkaran Ratusan Buaya

Image source: Instagram/livingasclaudy

Selain buaya yang digunakan untuk berfoto, ada juga ratusan buaya lain di tempat ini lho, bro. Buaya-buaya muara tersebut ditempatkan pada kolam-kolam berdasarkan usianya. Total di penangkaran ini terdapat 407 ekor buaya yang ditempatkan pada 23 kolam, bro. Dengan rincian 372 buaya jantan dan 35 ekor buaya betina.

Ratusan buaya tersebut dirawat dengan sangat baik kok, bro. Mereka diberi makan daging segar dua hari sekali. Kenapa nggak diberi makan setiap hari? Menurut sang pawang, jika buaya diberi makan setiap hari biasanya makanan tersebut tidak dihabiskan dan berpotensi mengotori kandang buaya. Jadilah, mereka diberi makan selama dua hari sekali, bro.

Berkenalan dengan Baron dan Jack

Image source: ihategreenjello.com

Ini dia buaya raksasa yang sering dicari para pengunjung, Baron dan Jack. Kedua buaya senior ini berusia sudah cukup tua, yaitu sekitar 35 tahun. Baron dan Jack merupakan buaya generasi pertama yang ada di penangkaran Blanakan, Subang.

Baron memiliki panjang tubuh sekitar 5,5 meter. Sedangkan, Jack memiliki panjang sekitar 6 meter. Uniknya, mereka miliki bobot berat yang sama, yaitu sekitar 700 kilogram atau hampir 1 ton, bro.

Sesi pemberian makan kedua buaya senior ini bisa dibilang menjadi waktu yang sangat dinanti-nanti oleh para pengunjung penangkaran buaya di Blanakan ini. Hidangan yang biasa diberikan kepada Baron dan Jack biasanya berupa seekor bebek. Lo juga bisa memberi makan kedua buaya raksasa ini dengan cara membeli makanannya langsung di sana. Harganya pun sangat terjangkau, yaitu sekitar 50.000 rupiah untuk seekor bebek.

Baron dan Jack biasanya langsung keluar dari tempat persembunyiannya ketika pengunjung melemparkan umpan ke dalam kolamnya. Kedua buaya senior ini tinggal di dalam kolam yang lumayan besar dengan lima ekor betina lainnya. Namun, Baron dan Jack hidup terpisah di wilayah teritorialnya masing-masing, bro.

Usia yang semakin menua dan berat badannya yang semakin bertambah membuat Baron dan Jack mulai enggan meninggalkan daerah teritorialnya. Mereka berdua bisa dibilang sudah seperti menjadi preman pensiun lah, bro.

[readalso url=21729]

Perbedaan Sifat Baron dan Jack

Perilaku kedua buaya ini pun sedikit berbeda. Jack masih memiliki sifat agresif dan tidak sembarang orang bisa mendekatinya. Untuk memanggil Jack, sang pawang biasanya memanggil namanya sambil memukulkan tongkat bambu di pinggir kolam. Sesaat kemudian Jack pun keluar dan menerkam tongkat tersebut. Yap, itulah sifat liar yang masih dimiliki si Jack. Extreme juga ya, bro.

Sedangkan, si Baron ini sudah sangat jinak dan ramah terhadap manusia. Pengunjung pun bisa menyentuh dan berfoto dengan buaya raksasa yang satu ini sambil diawasi sang pawang. Ketika memanggil Baron, sang pawang biasanya harus menunggu agak ketimbang memanggil si Jack. Saat Baron mulai naik ke daratan, pengunjung bisa menyentuh berfoto dengannya. Namun ingat, jangan sampai menyentuh moncongnya, bro.

Harga tiket untuk berpetualang di tempat penangkaran ini sangat terjangkau kok, bro. Harga tiket masuknya sekitar 10.000 rupiah untuk satu orang. Sedangkan, untuk melihat aksi Baron dan Jack dikenakan biaya tambahan sebesar 8.000 rupiah saja. Terjangkau banget kan, bro? Berani mengunjungi tempat ini?

 

Referensi : https://jejakpiknik.com/penangkaran-buaya-blanakan/

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #Extreme #solo-traveling

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Urban Action

Staycation Sambil Menyusuri Keindahan Labuan Bajo di Atas Kapal Phinisi, Seru!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Urban Action

5 Hal Penting yang Wajib Lo Tahu Jika Ingin Trekking ke Ranu Kumbolo

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Urban Action

6 Alasan Jangan Bekerja Saat Liburan

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Urban Action

Musisi Lokal yang Lagunya Enak Dinikmati Selama Perjalanan Traveling

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Urban Action

Perbedaan Freediving dan Scuba Diving, Sudah Tahu?

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Urban Action

Kebiasaan Orang Indonesia yang Dilarang di Negara Lain, Catat!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Urban Action

Rekomendasi Aktivitas untuk Short Getaway

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Urban Action

Gepreki, Bisnis Kuliner dengan Cita Rasa dan Inovasi Unik

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Urban Action

5 Manfaat Parkour Bagi Tubuh dan Mental, Bisa Tingkatkan Konsentrasi

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Urban Action

Kebiasaan Orang Jepang yang Unik dan Menarik

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /