Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Camping di Pantai

Author : Admin Adventure

Article Date : 04/05/2022

Article Category : Tips

Melakukan hal yang sama berulang kali sangat mungkin menimbulkan rasa bosan, bahkan buat hal-hal yang menjadi hobi. Misalnya lo punya hobi camping di gunung dan sudah punya banyak cerita juga pengalaman. Dalam satu titik, lo pasti merasa bosan dan ingin mencoba camping di tempat lain.

Nah, camping di pantai bisa jadi alternatif buat lo. Soalnya pantai juga menyajikan pengalaman yang seru dan pemandangan yang indah. Lo bisa main gitar dekat api unggun sambil ditemani suara deburan ombak dan langit bertabur bintang.

Namun camping di pantai juga punya tantangannya tersendiri yang tentu saja berbeda dengan saat lo camping di gunung. Karena itu, sebelum lo berangkat ke pantai dan merasakan keseruan camping di atas pasir, sebaiknya perhatikan beberapa hal ini terlebih dulu, Superfriends.

Hal-hal yang harus lo perhatikan saat ingin camping di pantai

Image source: pexels.com/@quang-nguyen-vinh

Pada dasarnya, lo harus memperhatikan berbagai hal agar bisa mempersiapkan diri secara matang. Untuk itu, paling nggak lo mesti membuat persiapan sebelum berangkat dan juga saat berada di pantai.

Ini semua akan berhubungan dengan kelancaran kegiatan camping di pantai yang lo lakukan. Lalu apa saja yang harus lo perhatikan?

Kalau lo sudah mantap ingin mencoba sensasi berkemah di pantai dengan orang-orang terdekat, jangan buru-buru berangkat. Ada beberapa tahapan yang perlu lo lewati dengan baik sebelumnya.

Pertama, cek kondisi pantai yang akan dijadikan tempat camping

Image source: unsplash.com/@eugene_ga

Ini penting buat lo lakukan, apalagi kalau lo sendiri belum terlalu mengenal pantai yang akan dijadikan tempat camping. Saat mengecek kondisi pantai, lo bisa mulai dari mencari tahu apakah di pantai ini pengelola mengizinkan pengunjungnya buat bermalam.

Biasanya, kalau pengelola nggak memberi izin maka pantai tersebut dianggap berbahaya karena sering dilalui oleh binatang buas yang ada di lingkungan tersebut. Tentunya lo nggak akan mau menginap di pantai yang berbahaya seperti itu.

Kedua, cek ramalan cuaca

Image source: unsplash.com/@lloyddirks

Di area yang terbuka luas seperti pantai, cuaca bisa mengubah suasana yang seru menjadi membosankan. Apalagi kalau nggak ada tempat berteduh selain tenda yang lo bawa.

Semua kegiatan seru yang bisa lo lakukan harus dibatalkan karena lingkungan nggak mendukung. Akibatnya, lo hanya menghabiskan sepanjang malam di dalam tenda dengan aktivitas yang terbatas. Jadi, pastikan lo selalu mengecek ramalan cuaca sebelum berangkat atau menentukan tanggal berangkat.

Ketiga, siapkan semua peralatan dan logistik

Image source: shutterstock.com/newafrica 

Berikutnya pastikan lo sudah menyiapkan semua peralatan dan logistik yang dibutuhkan. Mulai dari makanan instan yang lebih mudah disiapkan sampai dengan persediaan air minum agar lo terhindar dari dehidrasi. Pasalnya, kalau di dekat tenda lo nggak ada penjual, lo akan kesulitan mencari sumber air bersih.

Selain itu, siapkan juga peralatan lainnya seperti P3K, lilin, pisau lipat, korek, alat masak, makan dan minum, alat tidur, alat kesehatan serta kebersihan, dan yang terakhir perlengkapan pribadi. Lo juga ingat bahwa semua peralatan ini harus cukup dari awal sampai kembali pulang.

Keempat, lihat waktu pasang surut air laut

Karena lo memilih pantai, pastinya berhubungan dengan laut dan ombaknya. Seperti yang sudah lo pelajari di sekolah dulu, air laut bisa pasang atau surut karena dipengaruhi oleh gravitasi bulan. Biasanya, kalau bulan purnama air laut akan pasang dan bisa sampai ke pantai.

Jadi, lo harus melihat kapan bulan purnama terjadi menggunakan kalender hijriah. Menginap di pantai ditemani keindahan bulan purnama memang mengasyikan tapi jangan lupakan soalnya pasang air lautnya, ya!

Kelima, persiapkan acara utamanya

Yang terakhir tentu saja menyiapkan acara utamanya, yaitu saat camping di pantai. Lo bisa membuat agenda lengkap kegiatan apa saja yang akan dilakukan bersama rombongan. Lalu, pilih tempat yang berpasir padat, dan kalau perlu agak tertutup untuk mendirikan tenda agar lo bisa merasa aman dan nyaman.

Selain itu, lo juga harus belajar bagaimana cara membuat api unggun di pantai yang sedikit berbeda dengan di gunung. Kemudian, lo juga harus memberitahu bagaimana cara menjaga kebersihan diri maupun peralatan camping kepada rombongan. Misalnya selalu membersihkan pasir saat akan masuk ke tenda atau yang lainnya.

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Tips #Urban Action #Beginner

Source:https://sepositif.com/jika-5-tips-camping-di-pantai-ini-diabaikan-gak-bakalan-seru/

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Tips

5 Kesalahan Ketika Traveling Pakai Kendaraan Pribadi

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Tips

Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasi Serangan Panik Saat Naik Gunung

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Tips

Tips Memasak di Gunung yang Mudah untuk Dipraktikkan, Ketahui!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Tips

Ketahui Teknik Memanjat Bagi Pemula dan Tips Memilih Sepatu Climbing

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Tips

5 Tips untuk Memaksimalkan Medsos Bisnis Lo, Biar Makin Cuan!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Tips

5 Cara Mengobati Gigitan Tawon yang Ampuh, Pendaki Harus Tahu!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Tips

Begini Cara Membuat Simpul Mati yang Bikin Tenda Kokoh

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Tips

Mengenal Buddy System, Teman Pendakian yang Bukan Sekadar Teman

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Tips

5 Tips Bertahan Hidup saat Terdampar di Pulau Terpencil, Perbesar Peluang Selamat!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Tips

Begini Tips Supaya Tenda Lo Aman Meski Kena Badai, Jangan Sampai Kebanjiran!

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /