Superfriends, tau gak sih kalau pengguna aktif media sosial di Indonesia pada bulan Januari 2022 itu berjumlah 191 juta? Jumlah ini lebih banyak dari tahun sebelumnya yaitu hanya 170 juta orang. Dengan jumlah pengguna aktif sebanyak ini, sayang banget kan kalau gak memaksimalkan media sosial untuk meraup lebih banyak keuntungan dari bisnis lo? Nah, supaya tahun depan lebih cuan, yuk terapkan 5 tips berikut untuk media sosial lo!
Bikin Content Guideline
Image source: elements.envato.com/AmnajKhetsamtip
Dengan content guideline, lo bisa konsisten dengan konten yang lo bikin, dari logo, brand color, brand image, gaya bicara, dan juga persona. Dengan content guideline ini pula, lo bisa membuat akun media sosial bisnis lo berbeda dari yang lain, dengan gaya dan karakter yang sudah lo buat sejak awal.
Maksimalkan Engagement
Image source: elements.envato.com/iLixe48
Sebelum membuat konten, lo tentunya harus tau dulu siapa target audience lo, dan apa konten yang mereka sukai. Susun kumpulan konten-konten tersebut dalam sebuah content plan, dan lihat konten mana yang memiliki lebih banyak engagement, maka konten itulah yang harus dipertahankan dan diduplikasi ke jenis konten serupa.
Gak hanya rajin membuat konten di feed, lo juga bisa memanfaatkan fitur-fitur di Instagram Story yang lebih variatif dan lebih bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan followers. Jangan malas, Superfriends! Minimal sehari ada satu Instagram Story yang bisa lo mainkan untuk menjaga engagement agar gak turun.
Gunakan SEO di Bio
Image source: elements.envato.com/formatoriginal
Hal yang pertama dilihat saat konsumen mampir ke medsos kita adalah tentu membaca bio. Dari bio, mereka akan mengetahui siapa lo, apa bisnis lo, gimana tone brand lo, dan apa campaign yang lagi lo garap. Selanjutnya, supaya lo lebih mudah dijangkau sama followers lo, jangan lupa untuk mencantumkan kontak seperti email, website dan lokasi lo. Cantumkan juga tagline dari bisnis lo dengan menggunakan hashtag yang menarik, supaya ketika pertama kali membaca, followers bisa langsung mengasosiasikan brand lo dengan tagline lo.
Posting di Waktu yang Tepat
Image source: elements.envato.com/BrianAJackson
Meski algoritma Instagram terkadang gak menentu, tapi lo bisa menyesuaikan kapan waktu posting yang tepat dengan banyak melakukan percobaan. Mulai dari posting di pagi, siang, sore hingga malam hari, harus lo coba semua waktu untuk mengetahui kapan waktu terbaik untuk memposting konten di media sosial lo. Gak mesti tiap hari memposting sesuatu, tapi setidaknya dalam seminggu, lo mengunggah 3-7 konten untuk menjaga engagement akun media sosial lo.
Manfaatkan Ads
Untuk menjangkau lebih banyak audience, lo bisa memanfaatkan fasilitas ads atau beriklan, dengan target dan budget yang bisa lo sesuaikan tergantung dengan kebutuhan. Apakah iklan lo tujuannya untuk menambah followers, atau untuk membuat audience datang ke media sosial lo, atau langsung ke website untuk langsung membeli produk lo. Semuanya bisa lo “setting” sendiri sesuai dengan tujuan bisnis lo. Selamat mencoba, Superfriends!
ARTICLE TERKINI
Source:https://blog.ninjaxpress.co/media-sosial-tingkatkan-penjualan/
0 Comments
Daftar dan Dapatkan Point Reward dari Superlive
Please choose one of our links :