Ketika rider MotoGP sedang beraksi jarang banget tuh ada point of view ke para mekaniknya. Memang sih bukan tontonan utama, tapi jasa para mekanik rider penting banget loh. Aksi para teknisi dan mekanik di garasinya jarang terlihat banyak, Superfriends. Seluruh anggota tim bekerja tanpa henti, untuk mendukung keberlangsungan rider di sirkuit. So, lo harus tau nih. Apa aja sih yang dilakuin para mekanik ini. Gas, mari kita bahas!
Source: otomania
Sudah jangan jelas mekanik nggak ikut balapan di sirkuit ya, bro. Mereka mencatat performa motor rider supaya tetap optimal. Nah, ketika motor ada trouble mekanik harus gercep benerin. Contonya, kalau ada komponen rusak, mekanik yang benerin bongkar pasang. Suku cadang juga termasuk, bro.
Misalnya selama Grand Prix berlangsung ketika ada situasi yang memerlukan mekanik nih, harus tuh ganti komponen-komponen yang keausan diganti. Gimana situasi sih jadinya optional. Oh iya, tim mekanik harus punya suku cadang lengkap di garasi masing-masing.
Contoh lain kalau ada rider yang terjatuh dan kondisi motor rusak parah. Mekanik harus bangun ulang tuh motor kurang dari 2 jam. Waktu itu rules dari penyelenggara. Pemeliharaan motor juga jadi utama mekanik rider nih, bro. Lo suka liat nggak motor-motor rider mengkilap abis? Itu tuh hasil pemeliharaan dari para mekanik, bro!
Source: fastbikes
Intinya, semua pekerjaan terkait merakit, pemeliharaan, dan merawat motor tugas utama para mekanik ini. Para mekanik juga jadi sumber dukungan moral untuk rider. Jadi, nggak cuma utak-atik aja. Mekanik dan rider harus punya hubungan baik supaya kinerja keduanya bisa 100% dipercaya.
So, tertarik buat jadi mekanik rider nggak, Superfriends?
Agus Sungkawa
29/09/2024 at 17:01 PM
Julia Margaret Johan
29/09/2024 at 22:38 PM
Nicolas F. Tandun
29/09/2024 at 23:36 PM