Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

analisis kompetitor

Saat menjalani sebuah bisnis, pasti lo bakal berhadapan dengan yang namanya pesaing atau kompetitor. Untuk bisa memenangkan persaingan, tentu lo butuh banget langkah tepat dalam melakukan analisis kompetitor saat berbisnis, Superfriends.

Pesaing bisa juga didefinisikan sebagai pengusaha lain yang menawarkan produk berupa barang atau jasa yang sama dengan produk yang kita tawarkan kepada konsumen.

Lo wajib banget mengenali kompetitor bisnis, biar bisa memenangkan persaingan atau seenggaknya menunjukan daya saing biar bisnis yang lo jalankan bisa terus survive, Superfriends.

Maka dari itu, sebaiknya simak lengkap beberapa langkah tepat melakukan analisis kompetitor saat berbisnis berikut ini!

Identifikasi Para Kompetitor

Image source: shutterstock.com/Constantin Stanciu

Langkah tepat melakukan analisis kompetitor saat berbisnis yang pertama yaitu lo bisa identifikasikan para kompetitor dulu, Superfriends. Mengenal dan mengetahui jenis produk atau jasa yang ditawarkan pesaing tentu bisa jadi salah satu caranya.

Selain itu, lo juga bisa melihat seberapa besar pasar yang dikuasai oleh pesaing, mengidentifikasi antara peluang dan ancaman dari perkembangan pesaing sampai mengidentifikasi keunggulan serta kelemahan pesaing, Superfriends!

Menentukan Sasaran Pesaing

Image source: shutterstock.com/iLixe48

Setelah mengidentifikasi pesaing, lo bisa lanjut menentukan sasaran para pesaing nih, Superfriends. Pada fase ini lo bisa membedakan pesaing sesuai dengan produk yang mereka tawarkan. 

Berdasarkan produk yang mereka punya, lo bisa membagi pesaing menjadi dua tipe. Yang pertama ada pesaing dekat, yaitu perusahaan yang memiliki produk yang sama persis atau sejenis dengan produk sendiri.

Ada juga pesaing jauh, yaitu perusahaan yang memiliki produk yang hampir mirip dengan produk yang ditawarkan. 

Lo juga harus bisa menemukan sasaran pesaing bisnis, Superfriends. Sebab, dengan menemukan sasaran pesaing perusahaan, maka lo bisa menentukan arah gerak perusahaan untuk meningkatkan penjualan serta menghambat laju perkembangan pesaing.

Hal yang nggak boleh dilewatkan adalah mengetahui strategi pemasaran pesaing. Ini juga lumayan sulit, tapi kalau lo memperhatikan pesaing, lo pasti bisa menemukan strategi yang digunakan oleh pesaing, deh!

Identifikasi Target Market Kompetitor

Image source: shutterstock.com/baranq

Produk atau jasa yang Superfriends tawarkan memang bisa saja sama jenisnya dengan para kompetitor. Tapi tahu nggak sih, meski jenis produk atau jasa yang dijual sejenis, bisa jadi target pasar bisnis dengan para kompetitor itu berbeda, lho!

Hal inilah yang perlu dianalisis lebih jauh mengenai kompetitor. Sebagai contoh, lo dan kompetitor sama-sama menjual peralatan outdoor. Tapi, target pasar lo adalah pendaki ultralight, sementara target pasar kompetitor adalah pendaki konvensional.

Maka perbedaan ini bakal mempengaruhi berbagai cara, teknik, dan metode seorang pengusaha dalam menjalankan bisnisnya. Maka dari itu, analisis ini tentu sangatlah penting, Superfriends.

Raih Pelanggan Baru, Pertahankan Pelanggan Lama

Berkompetisi dalam dunia bisnis memang menjadi hal lumrah, Superfriends. Akan tetapi, sebagai pengusaha lo punya tugas utama untuk bisa mendapatkan pelanggan sebanyak mungkin. 

Cara yang sehat memang harus didahulukan untuk bisa mendapatkan pelanggan sekaligus mengendalikan kompetitor. Pelanggan disini maksudnya selain menjaga pelanggan lama, diperlukan juga strategi untuk mendapatkan pelanggan baru. 

Dengan begini, lo jadi bisa menambah keuntungan, sehingga bisnis yang lo jalani bisa terus berkembang, Superfriends!

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Tips #Beginner #Urban Places #Urban Action

Article Category : Tips

Article Date : 23/05/2022

Superadventure
Admin Adventure
Superadventure
Admin Adventure
Penulis artikel petualangan outdoor dan ekstrem yang bawain kisah mendaki tebing, arung jeram, sampai menjelajah jalur off-road. Buat gue, petualangan itu lebih dari sekadar jalan-jalan, ini soal uji mental dan fisik. Tiap cerita gue kemas biar Superfriends kebawa sensasinya. Gue pengen lo yang baca ngerasa termotivasi buat keluar dari zona nyaman. Kalau lo suka tantangan alam, artikel di sini bakal bikin lo pengen langsung berangkat.

Source:https://koinworks.com/blog/analisis-kompetitor-sebelum-memilih-bisnis/

0 Comments

Comment
Other Related Article
1 / 4

Daftar dan Dapatkan Point Reward dari Superlive