Zaman sekarang, menjalankan bisnis gak cukup jika hanya mengandalkan promosi organik yang gitu-gitu aja. Butuh sesuatu yang seru, supaya audience lo tertarik dan akhirnya produk lo laku keras. Salah satu strategi marketing yang bisa lo pakai adalah menggunakan jasa influencer.
Gak hanya bisa membuat produk lo terjual banyak, tapi influencer juga bisa mengenalkan produk lo ke pasar yang lebih luas lagi. Supaya gak boncos, ikuti tips berikut saat memilih influencer!
Sesuaikan dengan Target Audience
Image source: pexels.com/@kampus
Pastikan lo memiliki influencer yang memiliki value yang sesuai dengan brand yang lo bangun. Perhatikan juga target market dari si influencer, apakah mereka memiliki target yang sama dengan brand lo? Pastikan kedua hal ini selaras ya, Superfriends. Karena meski valuenya influencer yang lo pilih sesuai dengan brand lo tapi gak sesuai dengan target followersnya, yang ada nanti malah gak masuk ke target pasar lo.
Kasih Brief yang Jelas
Image source: pexels.com/@tima-miroshnichenko
Semakin jelas brief yang lo kasih ke influencer, semakin jelas juga mereka bisa menjelaskan value brand dan produk lo ke target audience lo. Meski influencer yang lo pilih adalah orang yang sangat terkenal sekalipun, lo tetap harus memastikan bahwa pesan yang lo buat bisa sampai dan diterima dengan baik oleh konsumen lo.
Perhatikan Sudut Pandang Audiens
Image source: unsplash.com/@storyfuel
Sambil menyiapkan brief untuk influencer, lo juga harus memperhatikan audience’s POV ya, Superfriends! Karena akan percuma aja jika lo bikin key message yang bagus, tapi ternyata gak menarik buat audiens. Karena “pembeli adalah raja”, lo harus betul-betul bikin target audience lo tertarik sama apa yang lo jual.
Pay Attention to Attention Span
Image source: pexels.com/@george-milton
Betah gak sih lo kalau nonton video review yang lama dan banyak? Pasti enggak kan. Itu kenapa brief yang ringkas dan jelas harus lo persiapkan, supaya influencer bisa dengan baik menjelaskan dengan baik kelebihan produk lo kepada audience. Buat mereka tertarik di detik-detik awal supaya mereka bisa stay dengan review si influencer. Karena ternyata menurut penelitian, attention span audience itu cuma bertahan 8 detik aja loh, Superfriends! Manfaatkan waktu dan attention audience lo dengan sebaik mungkin ya!
Kenali Audiens di Tiap Platform
Beda platform, berbeda pula behaviour atau kebiasaan audience lo. Supaya gak salah sasaran target audience, kenali audience di tiap platform yang lo gunakan untuk promosi. Dengan cara ini, lo gak akan salah memilih influencer yang tepat untuk masing-masing platform.
Setelah menerapkan 5 cara di atas, semoga lo gak boncos lagi ya kalau pakai jasa influencer. Good luck, Superfriends!
PERSONAL ARTICLE
ARTICLE TERKINI
Source:https://www.instagram.com/dnvb.id/
Please choose one of our links :