Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Geopark di Indonesia

Author : Admin Adventure

Article Date : 10/05/2023

Article Category : Places & Gears

Di antara banyak pilihan wisata, geopark di Indonesia bisa menjadi salah satu destinasi liburan yang sangat edukatif. Tak hanya melihat keindahan alam, lo juga bisa belajar mengenai budaya, adat, dan warisan budaya setempat, Superfriends. Berikut ulasan selengkapnya.

Kaldera Toba di Sumatera Utara secara resmi telah ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark (UGG) di Indonesia sejak awal Juli 2020. Penetapan ini dilakukan setelah melalui diskusi alot dalam sidang ke-209 Dewan Eksekutif UNESCO yang digelar di Paris, Prancis. Kaldera Toba terpilih karena nilai sejarahnya yang menakjubkan, yaitu terbentuk dari ledakan super vulkanik Gunung Toba pada 74.000 tahun lalu, Superfriends.

Berlibur di kawasan Geopark di Indonesia memang memiliki nilai lebih tersendiri. Selain menyenangkan, liburan di kawasan Geopark juga bisa menambah wawasan lho, Superfriends. Berikut ini beberapa kawasan Geopark di Indonesia yang bisa jadi referensi liburan lo selanjutnya.

Geopark Ciletuh

Image source: instagram.com/fahmikhatami

Geopark Ciletuh, resmi menjadi salah satu kawasan Geopark di Indonesia pada tahun 2018. Kawasan ini menjadi tempat terpadu untuk perlindungan dan penggunaan geologi berkelanjutan, sekaligus memajukan ekonomi masyarakat setempat.

Geopark Ciletuh dikelilingi oleh hamparan alluvial dengan dengan bebatuan yang unik. Tidak hanya perbukitan batu, Geopark Ciletuh juga mempunyai pantai indah berserta ombak-ombak yang sangat menantang, bro. Wajar saja, jika para pecinta surfing di seluruh dunia menjadikan salah satu Geopark di Indonesia ini sebagai tempat menguji keterampilannya.

Berbagai objek wisata alam juga dapat dinikmati, mulai dari air terjun Awang, Taman Purba, bukit Panenjoan, dan lainnya. Lo juga bisa bermalam di villa, homestay atau camping ground di sekitar Geopark Ciletuh ini, Superfriends.

Geopark Rinjani

Image source: instagram.com/diana_silvia/

Tahu gak sih, ternyata salah satu Geopark di Indonesia ini mencakup hampir separuh Pulau Lombok bagian utara di Nusa Tenggara Barat lho, bro. Ditetapkan sebagai geopark nasional sejak tahun 2013, Geopark Rinjani resmi menjadi UNESCO Global Geopark pada tahun 2018.

Tak hanya memiliki pesona alam yang menakjubkan, tempat ini juga menjadi habitat bagi berbagai spesies flora dan fauna endemik khas Indonesia, bro. Letusan Gunung Rinjani ribuan tahun lalu meninggalkan serangkaian sejarah geologi seperti kaldera, danau, serta kerucut aktif Gunung Barujari yang sangat mempesona di tempat ini. Sudah pernah kesini, Superfriends?

Geopark Gunung Sewu

Image source: instagram.com/kirunkeyong

Geopark Gunung Sewu ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark sejak 2015. Salah satu Geopark di Indonesia ini luasnya mencakup tiga provinsi dan tiga kabupaten lho, bro. Yaitu Gunungkidul di D.I. Yogyakarta, Wonogiri di Jawa Tengah, dan Pacitan di Jawa Timur.

Gunung Sewu memiliki deretan karst batu gamping yang keindahannya sudah dikenal sejak tahun 1800-an. Tidak hanya itu, tempat ini juga menyimpan beragam kekayaan arkeologi manusia purba di zaman paleolitikum-neolitikum, Superfriends.

Geopark Batur

Image source: instagram.com/foxy7bu

Geopark yang berlokasi di Pulau Bali ini masuk dalam daftar UNESCO Global Geopark pada tahun 2012 dan menjadi geopark pertama yang diakui oleh UNESCO, Superfriends. Geopark Batur menyajikan keindahan alam yang terbentuk dari erupsi gunung berapi ratusan ribu tahun lalu, berupa kaldera ganda dan danau vulkanik.

Hingga kini, status Gunung Batur masih aktif dan seringkali memuntahkan berbagai batuan lho, bro. Hal ini seringkali dimanfaatkan oleh masyarakat setempat dan menjadi berkah tersendiri. Terdapat sebanyak 21 situs warisan alam yang tersebar di seluruh kawasan Geopark Batur.

Dari semua geopark di Indonesia, Geopark Batur menjadi yang paling kecil karena hanya meliputi sebagian besar Kecamatan Kintamani, Kabupaten Batur saja. Di tempat ini, lo juga bisa melihat berbagai peninggalan bersejarah dari letusan vulkanik Gunung Batur yang tersimpan rapi di Museum Geopark Batur, Superfriends.

Geopark Kaldera Toba

Image source: instagram.com/suwandicphoto

Nah ini dia salah satu Geopark di indonesia yang baru saja ditetapkan pada awal Juli 2020 lalu, Geopark Kaldera Toba. Geopark ini terletak di Sumatera Utara dan menjadi salah satu destinasi wisata unggulan provinsi ini.

Awal pembentukan Kaldera Toba dimulai dari erupsi dahsyat Gunung Toba pada sekitar 69.000 sampai 77.000 tahun lalu. Kekuatan erupsinya sangat besar, bahkan dianggap sebagai yang terbesar selama 25 juta tahun terakhir, bro.

Saking besarnya, erupsi Gunung Toba bahkan menghancurkan badan gunung hingga tercipta cekungan raksasa yang kemudian dikenal sebagai Danau Toba, salah satu danau terbesar di dunia. Masyarakat lokal yang tinggal di sekitar Danau Toba adalah Suku Batak dengan kebudayaannya yang sangat khas. Tertarik untuk berkunjung ke sini, Superfriends?

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #Urban Places #Urban Action #Wilderness

Source:https://phinemo.com/5-geopark-unesco-di-indonesia-yang-indah-dan-penuh-pesona/

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Places & Gears

Mau Camping, Kenali Dulu Jenis-Jenis Tenda yang Cocok Buatmu!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Misteri Pasar Bubrah Pasar Gaib di Kaki Merapi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Perbedaan Sepatu Trekking & Sepatu Trail Run

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Magelang, Surga Tersembunyi Bagi Adventurer!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Benda-benda Penting yang Wajib Dibawa Cadangan Saat Mendaki Gunung

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Menjelajahi Pulau Bedil Sensasi Masuk ke Dunia Lain di Banyuwangi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Tenda Dual Layer vs Single Layer Mana yang Cocok Buat Lo?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Tips Jitu Menjaga Sepatu Gunung Kesayangan Tetap Awet

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

CURUG CILEAT, CURUG TERMEGAH DI JAWA BARAT

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Ngurtafur Beach Surga Tersembunyi di Kepulauan Kei

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /