Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Gunung Bukit Raya. Image: The 7 Summits Indonesia

Author : Admin Adventure

Article Date : 18/12/2023

Article Category : Places & Gears

Gunung Bukit Raya termasuk dalam jajaran seven summit Indonesia dan merupakan puncak tertnggi di Kalimantan. Dibanding gunung-gunung di Pulau Jawa, ketinggian gunung yang berada di perbatasan Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah ini cuma 2.278 mdpl. Namun, jalur pendakiannya masih berupa hutan lebat menciptakan tantangan tersendiri bagi pendaki.

 

Selain itu, gunung yang berada di kawasan Taman Nasional Bukit Baka – Bukit Raya ini juga jadi gunung kedua dengan biaya pendakian termahal di Indonesia setelah Puncak Carstenz di Papua. Soalnya, lokasinya sangat terpencil dan butuh effort lebih buat sampai ke puncak. Itulah sebabnya pendaki disarankan pakai jasa guide dari warga lokal kalau mau mendaki di Gunung Bukit Raya

 

Gunung tersebut cuma punya satu jalur pendakian, yaitu via Desa Rantau Malam di Pontianak. Penasaran sama jalurnya? Simak selengkapnya berikut ini, Superfriends.

 

Desa Rantau Malam – Korong HP

Gunung Bukit Raya
Gunung Bukit Raya. Image: pariwisata.kalteng.go.id

Berada di ketinggian 124 mdpl, Desa Rantau Malam jadi pintu gerbang Gunung Bukit Raya. Dari titik ini, lo harus menuju Korong HP yang jadi titik awal pendakian. Perjalanannya melewati lahan bekas perusahaan logging. Lo bisa jalan kaki selama 2 – 3 jam atau pakai jasa ojek dari warga setempat selama 20 menit aja.

 

Titik awal pendakian Gunung Bukit Raya dinamai Korong HP karena di lokasi tersebut sinyal beberapa operator masih bisa ditangkap sama HP. Sementara di Desa Rantau Malam justru nggak ada sinyal.

 

Korong HP – Ulu Menyanoi

Korong HP berada di ktinggian 434 mdpl. Di sisi kanan dari arah Desa Rantau Malam, terdapat jalan setapak kecil yang nggak terlalu menanjak dan ditutupi semak-semak. Selain itu, jarak pohon yang sangat rapat satu sama lain bikin jalur ini tampak rimbun dan teduh. Butuh waktu sekitar 2 jam buat sampai ke Pos Hulu Menyanoi yang berada di ketinggian 569 mdpl.

 

Hulu Menyanoi – Sungai Mangan

Gunung Bukit Raya
Gunung Bukit Raya. Image: Gunung Bagging

Di dekat Hulu Menyanoi, lo bakal menemukan sebidang tanah datar yang muat buat dua tenda. Cocok buat camping atau sekadar rebahan sejenak. Dari tanah datar tersebut, lo harus menyebrangi dua sungai kecil dan melewati jalan setapak yang naik-turun. Setelah kurang lebih satu jam, lo akan sampai di Pos Sungai Mangan.

 

Sungai Mangan – Hulu Rabang

Sesampainya di Sungai Mangan, lo harus menyeberangi sungai tersebut buat melanjutkan perjalanan menuju Hulu Rabang. Perjalanannya memakan waktu kurang lebih tiga jam. Lo bakal melewati area hutan yang rapat, sehingga menghalangi pemandangan di sekitar. Sesampainya di Hulu Rabang, terdapat tanah datar yang bisa jadi tempat camping dan sungai selebar tiga meter yang airnya sangat jernih.

 

Hulu Rabang – Hulu Jeludung

Gunung Bukit Raya
Gunung Bukit Raya. Image: mmc.kalteng.go.id

Dari Hulu Rabang, level kesulitan jalur pendakian pun meningkat. Lo bakal melewati jalan menanjak yang cukup curam sampai di punggunggan gunung. Setelah kurang lebih 2 jam perjalanan, lo akan sampai di Hulu Jeludung. Tempat ini merupakan tanah miring yang berada di dekat sungai kecil.

 

Hulu Jeludung – Linang

Setelah tadi melewati jalan yang cukup menanjak di Hulu Jeludung, jalur pendakian ke pos selanjutnya pun berubah lebih landai dan mudah dilewati. Lo akan sampai ke Pos Linang setelah berjalan kurang lebih 2,5 jam. Pos tersebut merupakan tanah terbuka yang ditumbuhi rumput dan terdapat sumber air tak jauh dari pos. Lo bisa istirahat sejenak di sini karena perjalanan selanjutnya bakal lebih menantang.

 

Linang – Soa Badak

Gunung Bukit Raya
Gunung Bukit Raya. Image: The 7 Summits Indonesia

Dari Pos Linang, lo akan menempukan jalur menanjak yang cukup curam. Begitu sampai di pertigaan, lo bisa ambil jalur kiri buat menuju puncak. Setelah melewati area hutan lebat selama kurang lebih satu jam, lo akan sampai di Pos Soa Badak. Sama seperti pos-pos sebelumnya, Soa Badak merupakan tanah lebar yang bisa jadi tempat mendirikan tenda dan berada di ketinggian 1.527 mdpl.

 

Soa Badak – Soa Tahutung atau Puncak Kakam

Kalau udah sampai di Soa Badak, perjuangan lo buat sampai ke puncak Gunung Bukit Raya tinggal sedikit lagi. Namun, lo bisa milih mau langsung ke puncak atau camping dulu di Soa Tahutung yang jaraknya nggak begitu jauh dari Soa Badak. Tinggal menyeberangi dua sungai kecil selama beberapa menit aja, lo akan sampai di sebuah tanah lapang yang cocok jadi tempat camping.

 

Sementara kalau mau langsung ke puncak, lo bisa ambil belok kiri dari Soa Badak. Lo akan melewati trek menanjak yang curam yang diselimuti lumut dan dipayungi pepohonan lebat. Setelah beberapa kali naik-turun punggungan gunung, sampailah lo di Puncak Kakam atau Puncak Rajawali, titik tertinggi di Gunung Bukit Raya.

 

Namun, lo mungkin nggak bisa menikmati pemandangan seperti di puncak gunung lainnya. Soalnya, puncak Gunung Bukit Raya masih berupa hutan yang ditumbuhi pepohonan tinggi, sehingga pemandangan di sekitarnya pun terhalang pohon. Meskipun begitu, lo bakal merasakan kepuasan tersendiri setelah menaklukkan salah satu Seven Summits Indonesia sekaligus puncak tertinggi di Kalimantan ini, Superfriends. (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#gunung #kalimantan #Hiking

Source:The 7 Summits Indonesia

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Places & Gears

Mau Camping, Kenali Dulu Jenis-Jenis Tenda yang Cocok Buatmu!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Misteri Pasar Bubrah Pasar Gaib di Kaki Merapi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Perbedaan Sepatu Trekking & Sepatu Trail Run

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Magelang, Surga Tersembunyi Bagi Adventurer!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Benda-benda Penting yang Wajib Dibawa Cadangan Saat Mendaki Gunung

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Menjelajahi Pulau Bedil Sensasi Masuk ke Dunia Lain di Banyuwangi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Tenda Dual Layer vs Single Layer Mana yang Cocok Buat Lo?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Tips Jitu Menjaga Sepatu Gunung Kesayangan Tetap Awet

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

CURUG CILEAT, CURUG TERMEGAH DI JAWA BARAT

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Ngurtafur Beach Surga Tersembunyi di Kepulauan Kei

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /