Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Bob Sadino. Image: Wikipedia

Author : Admin Adventure

Article Date : 09/10/2023

Article Category : News

Sosok yang satu ini kerap dijuluki sebagai pengusahan nyentrik di Indonesia. Yup, siapa lagi kalau bukan Bob Sadino. Pria yang akrab disapa Om Bob tersebut merupakan seorang pebisnis di bidang pangan dan peternakan yang terkenal dengan gaya berpakaiannnya yang sederhana. Pada beberapa kesempatan, ia sering tampak pakai kemeja lengan pendek dan celana pendek. Di balik gayanya yang nyentrik itu, ia punya pemikiran bisnis yang relate sepanjang zaman, lho.

 

Bob Sadino sebenernya lahir dari keluarga yang berkecukupan. Saat orang tuanya meninggal, ia dapet semua warisan karena ia merupakan anak bungsu dan keempat kakaknya dianggap udah mapan. Ia menggunakan harta tersebut buat keliling dunia dan cari pengalaman kerja di luar negeri. Saat kembali ke Indonesia pada tahun 1960-an, ia membawa pulang dua mobil Mercedes. Satu mobil dijual buat beli tanah di daerah Jakarta Selatan, satu lagi disewakan dengan ia sendiri sebagai supirnya. Naas, ia ngalami kecelakaan sampai mobilnya rusak parah. Karena nggak punya uang buat servis, ia pun beralih pekerjaan jadi kuli bangunan.

 

Suatu hari, seorang temennya pun nawarin Bob Sadino buat jualan telur ayam negeri yang saat itu belum populer di Indonesia karena masyarakat lebih banyak mengonsumsi telur ayam kampung. Ia menjualnya dari rumah ke rumah, terutama rumah ekspatriat dan orang Indonesia yang pernah kerja di luar negeri. Seiring berjalannya waktu, bisnis Bob Sadino pun makin berkembang. Nggak cuma telur ayam negeri, ia juga jadi orang pertama yang ngenalin perkebunan sayur dengan sistem hidroponik di Indonesia. Keren banget, ya!

 

Walaupun berbisnis dengan otodidak, Bob Sadino nggak peling ngebagiin ilmunya ke semua orang, lho. Ilmunya pun tetep relate sampai kapanpun walaupun Bob Sadino udah wafat. Salah satunya tips memulai bisnis dari nol. Penasaran gimana tipsnya? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini, Superfriends.

 

Berani Punya Mimpi Besar

Ilustrasi pebisnis
Image: rdne stock project/Pexels

Mimpi bisa jadi motivasi bagi seseorang yang pengin memulai sesuatu yang baru, terutama dalam hal berbisnis. Hal ini sama kayak yang dialami oleh Bob Sadino saat awal ngejalanin usahanya, Bro. Ia bertekad dan yakin kalau bisnisnya ini bisa berjalan di tengah tantangan yang menghadang.

 

Nggak Cuma Mimpi, tapi Juga Harus Direalisasiin

Mimpi aja mungkin kelihatannya gampang, ya. Namun, dalam berbisnis, mimpi aja nggak cukup, Superfriends. Lo juga harus berani buat ngewujudin mimpi lo jadi kenyataan. Keberanian jadi hal penting yang dibutuhin saat pertama kali ngembangin bisnis, terutama dalam hal menghadapi ancaman kegagalan. Seperti yang dibilang sama Bob Sadino, “Bisnis yang bagus adalah bisnis yang dijalankan, bukan yang ditanya terus.”

 

Jangan Asal Pilih Sektor Bisnis

Ilustrasi pebisnis
Image: norma mortenson/Pexels

Anak muda masa kini mungkin banyak yang berusaha keluar dari zona nyaman dengan ngembangin bisnis di luar kemampuannya biar dianggap ‘keren’. Sebenernya sah-sah aja sih selama lo punya sumber daya yang cukup. Namun, kalau menurut Bob Sadino, lebih baik sih pilih sektor bisnis yang udah dikuasai biar perjalanan lo jadi lebih mudah. Selain itu, cara ini juga bisa menghemat waktu karena lo udah tau target pasarnya.

 

Bikin Prioritas

Kalau mengalami modal, lo bisa mulai dengan bikin skala prioritas dalam menggunakan uang yang ada. Utamain hal-hal yang penting buat bisnis lo. Selain itu, bikin catatan arus kas dan anggaran di masa depan biar lo tau gambaran berapa banyak modal yang lo butuhin ke depannya. Catatan tersebut bisa membantu agar keuangan bisnis lo lebih terpantau.

 

Kerja Cerdas Lebih Baik Dibanding Kerja Keras

Dalam berbisnis, kerja keras aja nggak cukup buat bikin lo sukses, Bro. Lo juga harus bisa kerja cerdas agar pekerjaan lo bisa berjalan dengan lebih efektif dan efisien. Bob Sadino juga pernah berkata, “Jika Anda ingin menjadi wirausaha, Anda lebih baik tidak berpikir dan merencakan seperti orang yang cerdas, sebagai gantinya, ‘lakukan saja’ seperti orang bodoh.”

 

Itu tadi beberapa tips memulai bisnis dari nol ala Bob Sadino. Calon pebisnis wajib banget ngelakuin cara-cara tersebut nih, Superfriends. (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Tips #Entrepreneurship #Bisnis Investasi

Source:Wikipedia, iNews

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Selain Makanan Kekinian, Ini Oleh-oleh Tradisional Khas Jakarta yang Nggak Kalah Enak

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Rekomendasi Buff untuk Naik Gunung, Jadi Pelindung Wajah dari Panas dan Dingin

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Deretan Hal yang Sering Bikin Bule ‘Kaget’ saat Traveling ke Indonesia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Takut Naik Pesawat? Ini Tips yang Bisa Lo Lakukan untuk Mengatasinya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Punya Nama Sama, Ini Perbedaan Nasi Liwet dari Solo dan Sunda

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Serunya Bertualang di Gunung Merapi Naik Mobil Jeep, Ini Harganya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Liburan 2 Hari 1 Malam di Sleman, Ini Itinerary yang Bisa Lo Ikuti

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Kelebihan dan Kekurangan Liburan Pakai Jasa Agen Travel, Worth It Nggak Ya?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Manfaat Stargazing untuk Kesehatan Mental, Bisa Bikin Lebih Bahagia!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Apa Bedanya Lontong, Ketupat, dan Buras? Ini Jawabannya

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /