Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi bisnis. Image: Pexels

Author : Admin Adventure

Article Date : 22/07/2023

Article Category : News

Brand storytelling merupakan strategi marketing yang fokus buat ngebangun kedekatan sama konsumen, terutama dari segi psikologis dan emosional. Konsep ini menggunakan cerita buat menciptakan hubungan yang emosional dan didasarkan pada nilai antara konsumen dan brand tersebut. Cerita yang paling kuat itu adalah cerita yang otentik dan terhubung sama value brand.

 

Konsumen yang terpengaruh sama cerita yang lo bawa akan menjadikan brand lo sebagai top of mind di antara produk-produk sejenis lainnya. Soalnya, mereka merasa punya ikatan emosional sama brand lo setelah mendengar atau melihat cerita tersebut.

 

Terus, gimana ya caranya bikin brand storytelling yang otentik dan kuat? Simak tipsnya berikut ini, Superfriends.

 

Fokus pada ‘Kenapa’

Ilustrasi
Image: Tumisu/Pixabay

 

Dalam ngebangun konsep brand storytelling, fokuslah pada narasi tentang ‘kenapa’ dari brand lo. Berbagi cerita yang punya tujuan bakal menarik audiens yang punya keyakinan yang sama dengan brand lo. Jadi, penting banget buat fokus pada pertanyaan ‘kenapa’ buat ngembangin pertanyaan ‘bagaimana’ dan ‘apa’ dari brand lo.

 

Pahami Kebutuhan Pelanggan

Karena cerita yang bakal lo bangun ini bakal ‘dikonsumsi’ sama audiens atau target market, jadi penting banget buat memahami kebutuhan pelanggan terlebih dahulu. Nah, kalau udah lo tentuin, posisikan brand lo sebagai ‘pahlawan’ yang bakal memenuhi kebutuhan tersebut. Pada akhirnya, audiens bakal ngerasa terikat sama brand lo karena menganggap bahwa produk itu bisa ngatasi masalah mereka.

 

Bangun Kepercayaan

Ilustrasi konsumen
Image: Pexels

Karena strategi marketing ini ngutamain cerita sebagai media promosi, penting banget untuk membangun kepercayaan konsumen pada brand lo. Percaya ini nggak cuma ke brand atau produk lo aja, tapi juga pada bisnis, orang-orang di baliknya, serta testimoni konsumen lain yang pernah pakai produk lo. Memang sih, butuh waktu lama buat ngebangun ini. Namun, upaya yang lo lakuin secara berkelanjutan bakal ngasih efek positif jangka panjang pada bisnis lo.

 

Bikin Cerita yang Relevan dengan Audiens

Dalam membangun brand storytelling, jangan cuma fokus sama promosi produk aja, Bro. Cobalah bikin cerita atau konten yang relevan sama audiens atau target market lo agar mereka lebih relate sama narasi yang lo bawa. Masukkan sisi-sisi emosional yang bisa bikin mereka bereaksi setelah melihat konten lo, entah itu bahagia, sedih, takut, sampai marah.

 

Komunikasikan Value Brand

Sebagai pebisnis, lo harus paham secara tentang value dari brand yang mau lo sampaikan ke audiens. Kalau value lo bisa tersebar di masyarakat, secara nggak langsung hal itu bakal jadi value juga buat mereka. Misalnya, value lo adalah memberikan layanan internet murah dan berkualitas buat pelanggan. Nah, dengan penyampaian yang tepat, audiens bakal tau kalau mereka pengin dapet internet yang murah dan berkualitas, mereka harus beli produk lo.

 

Itu tadi beberapa tips buat bikin brand storytelling yang kuat dan otentik buat strategi marketing. Tertarik menerapakannya ke bisnis lo, Superfriends? (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Entrepreneurship #Marketing #Tips

Source:Forbes

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Gunung Merapi Kembali Muntahkan Lahar, Aktivitas Vulkanik Meningkat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Kenapa Warna Outdoor Gear Cerah? Lebih Dari Sekedar Gaya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Air Putih Pahlawan Tersembunyi di Balik Kesuksesan Pendakian

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Hindari Pacet Saat Mendaki Tips Jitu untuk Tetap Nyaman

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Keindahan Lapangan Sepak Bola Yang Ekstrim di Indonesia Tantangan Adrenalin Bagi Para Pecinta Sepak Bolalam yang Menanti di Sekitar Stadion Euro 2024

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Tanda-tanda Penting di Gunung yang Wajib Diketahui

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Survival Mode: Mengapa Kita Memerlukannya?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Memasak di Gunung Tips dan Trik untuk Hidangan Lezat di Alam Bebas

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

RAFTING DI MUSIM HUJAN TERNYATA LEBIH MENANTANG!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Menjelajahi Surga Bawah Laut Keindahan dan Keajaiban Menyelam (Diving)

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /