Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

llustrasi diving. Image: Pixabay

Author : Admin Adventure

Article Date : 11/07/2023

Article Category : News

Scuba diving jadi salah satu olahraga air yang populer saat ini. Banyak orang yang mulai tertarik buat cobain sensasi berenang di bawah laut sambil ngeliat ikan warna-warni dan terumbu karang yang cantik. Lo udah pernah nyobain scuba diving juga, Superfriends?

Nah, kalau belum, ada beberapa hal yang perlu lo pahami dulu, nih. Selain harus bisa berenang, lo harus ngelakuin persiapan fisik beberapa hari sebelum scuba diving. Tujuannya buat ngebentuk kekuatan tubuh biar bisa berenang dengan seimbang. Selain itu, lo juga harus paham peralatan apa aja yang mesti dipakai buat menyelam.

Terus, peralatan apa aja yang perlu dipakai buat scuba diving, ya? Simak penjelasannya berikut ini, Superfriends.

Masker Selam

Ilustrasi masker selam
Image: Pixabay

Karena lo bakal nyelam lebih dari 40 meter di bawah permukaan laut, lo harus pakai masker selam buat ngelindungin mata dan hidung. Pilih masker selam yang nyaman dan pas sama ukuran wajah lo biar nggak lepas-lepas pas lagi nyelam ya, Bro.

Pakaian Selam

Pas lagi scuba diving, lo harus pakai pakaian selama atau drysuit berbahan khusus buat ngelindungi kulit dan bikin tubuh lo tetep hangat pas di dalem laut. Pakaian selam ini biasanya terbuat dari karet neoprene yang berfungsi sebagai bantalan yang mengunci lapisan tipis air di sepanjang kulit.

Ketebalannya bisa disesuaikan dengan rencana kedalamanan menyelamnya. Makin dalem lo nyelam, air di dalam laut juga makin dingin. Jadi, lo harus pakai pakaian selam yang lebih tebal biar tubuh lo tetap hangat.

Fins atau Kaki Katak

Ilustrasi fins
Image: Kindel Media/Pexels

Fins atau kaki katak jadi komponen penting dalam scuba diving. Alat ini bakal ngebantu lo buat bergerak di bawah laut. Ada dua jenis fins yang biasa dijual di pasaran, yaitu open heel atau tumit terbuka dan full foot fins. Pilih fins yang nyaman biar lo bisa bebas bergerak, ya.

Pengukur Kedalaman dan Pengukur Tekanan Submersible (SPG)

Pengukur kedalaman berfungsi buat merekam arum dan kedalaman maksimal yang dicapai selama scuba diving. Sementara pengukur tekanan submersible bakal nampilin jumlah gas yang tersisa di tangki scuba. Nah, kedua alat ini penting banget buat lo bawa biar lo bisa memantau seberapa dalam lo menyelam dan seberapa banyak udara yang tersisa.

 

Tangki Scuba dan Regulator

Ilustrasi diving
Image: FIRST Online/Pixabay

Kedalaman scuba diving bisa sampai 40 meter di bawah permukaan laut. Jadi, lo harus bawa tangki scuba yang diperluin buat bantu pernapasan. Alat ini biasanya terbuat dari baja atau aluminium, jadi bakal lumayan berat, nih. Itulah kenapa lo disaranin buat ngelakuin persiapan fisik dulu biar kuat bawa tangki scuba.

Udah bawa tangki scuba, jangan lupa bawa juga regulatornya, ya. Alat ini bakal bantu lo buat menghirup oksigen dari tangki scuba. Regulator biasanya akan dimasukkan ke mulut lo, jadi pastiin pilih regulator yang nyaman, ya.

Sarung Tangan Scuba

Alat yang satu ini sebenernya nggak wajib sih buat dipakai, opsional aja. Namun, kalau lo nanti bakal menyelam lebih dalem, sebaiknya lo pakai sarung tangan scuba buat ngelindungi kulit tangan lo dan menjaganya tetap hangat.

Itu tadi perlengkapan menyelam yang wajib lo pakai pas lagi scuba diving. Tenang, semuanya nggak harus beli kok. Biasanya, pihak pengelola scuba diving punya persewaan alat. Namun, lo harus lebih selektif dalam milih alat yang bakal lo pakai, terutama soal kebersihan dan kenyamannya, ya. (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#diving #Tips #Extreme

Source:Scuba

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Gear Esensial Sepeda Roadbike Yang Wajib Lo Punya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Tempat Wisata Non Mainstream Di Jogja, Pernah Coba?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Pengen Mencoba Backpacking Sendirian, Ini Yang Wajib Diperhatikan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

MAKANAN WAJIB UNTUK PENDAKI YANG AMAN UNTUK PERUT!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

GLAMPING BISA MENJADI ALTERNATIF ESCAPE, INI REKOMENDASINYA!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Surga Surfing di Kepulauan Mentawai, Patut Dicoba!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Keindahan Bawah Laut indonesia, Keajaiban Yang Wajib Kalian Jelajahi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mengenal Komunitas SIKSOROGO, Apa Itu?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Masih Asing Dengan Rock Climbing? Ini Sejarahnya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Gak Perlu Jauh-Jauh! Ini 5 Wisata Perbatasan Indonesia dan Malaysia

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /