Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi daur ulang. Image: Pexels

Author : Admin Adventure

Article Date : 27/09/2023

Article Category : News

Limbah selalu dipandang sebagai bahan sisa yang nggak terpakai. Alhasil, limbah pun cuma dibuang gitu aja. Bahkan, beberapa tempat pembuatan akhir pun udah overload saking banyaknya limbah yang masuk. Salah satunya di Bantar Gebang yang ada di Bekasi.

 

Sebagai pebisnis atau mungkin calon pebisnis, coba deh ubah mindset lo. Di era modern kayak sekarang ini, limbah bisa diolah jadi barang bernilai jual tinggi. Nggak percaya? Simak nih derta ide bisnis dari pengolahan limbah berikut ini, Superfriends.

 

Limbah Makanan

Ilustrasi limbah makanan
Image: Rachel Claire/Pexels

Siapa nih yang makan nggak pernah habis dan berujung dibuang di tong sampah? Selain mubazir, limbah makanan ini juga bisa menimbulkan gas metana yang ngasih dampak negatif buat lingkungan. Nah, coba deh belajar tentang pengolahan limbah makanan, Bro. Jenis limbah ini bisa didaur ulang jadi pupuk organik dan biofuel.

 

Limbah Plastik

Tau nggak, Superfriends? Limbah plastik tuh butuh waktu lama buat terurai, bisa sekitar 100 – 500 tahun, lho. Selain itu, 80 persen sampah plastik tersebar di lautan. Nah, biar jumlahnya nggak tambah banyak, lo bisa tuh bikin produk daur ulang dari limbah plastik yang bernilai jual tinggi, seperti aksesoris, tas belanja, dan lain sebagainya. Bahkan, salah satu finalis Superadventure Superpreneur 2022, Newhun Recylce, bikin produk jam tangan dari daun ulang botol plastik, lho. Lo bisa jadiin mereka sebagai inspirasi nih, Superfriends.

 

Limbah Kardus dan Karton

Ilustrasi limbah kardus
Image:Karolina Grabowska/Pexels

Bungkus makanan biasanya pakai box kardus atau karton, seperti pizza, donat, kotak susu, dan lain sebagainya. Nah, limbah kardus dan karton itu bisa didaur ulang jadi produk kerajinan, kayak kotak tisu, figura foto, dan lain sebagainya. Nggak cuma itu, limbah ini juga bisa didaur ulang jadi bubur kertas dan diolah jadi kardus dan karton yang baru.

 

Limbah Kaca

Bisa dibilang, limbah kaca tuh paling tricky pengolahannya. Biar bisa didaur ulang, sampah kaca tersebut dipotong kecil-kecil, disortir, dibersihin, dan diolah lagi dengan komponen lainnya. Selain itu, pecahan kaca yang udah dipanasin sampai meleleh juga bisa dibentuk jadi produk kaca yang lebih bagus, seperti vas bunga, hiasan kaca, gelas minum, dan lain sebagainya. Nah, ini bisa jadi peluang bisnis menguntungkan buat lo yang ngaku kreatif, Bro.

 

Limbah Tekstil

Baju yang udah nggak lo pakai mending jangan langsung dibuang, Bro. Kalau masih layak pakai dan dari brand yang oke, baju-baju tersebut bisa dijual lagi di thrift shop. Kalau pengin yang lebi anti-mainstream, lo bisa rombak semua baju atau limbah tekstil tersebut jadi produk baru yang lebih kekinian, seperti clutch, tas, dan lain sebagainya. Bahkan, kain-kain tersebut juga bisa lo bikin jadi produk fesyen, seperti baju, celana, dan rok.

 

Itu tadi beberapa ide bisnis dari limbah. Tertarik ngedaur ulang sampah apa nih, Superfriends? (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Bisnis Investasi #Entrepreneurship #ide bisnis

Source:IDN Times

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

MAKANAN WAJIB UNTUK PENDAKI YANG AMAN UNTUK PERUT!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

GLAMPING BISA MENJADI ALTERNATIF ESCAPE, INI REKOMENDASINYA!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Surga Surfing di Kepulauan Mentawai, Patut Dicoba!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Keindahan Bawah Laut indonesia, Keajaiban Yang Wajib Kalian Jelajahi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mengenal Komunitas SIKSOROGO, Apa Itu?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Masih Asing Dengan Rock Climbing? Ini Sejarahnya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Gak Perlu Jauh-Jauh! Ini 5 Wisata Perbatasan Indonesia dan Malaysia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

7 Alat Navigasi Penting yang Wajib Lo Bawa Saat Hiking

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

7 Teknik Mendayung saat Rafting, Hadapi Arus Gak Pake Panik!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

MITOS MEMANCING DI RANU KUMBOLO, APAKAH BENAR?

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /