Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi scuba diving. Foto: PIxabay

Author : Admin Adventure

Article Date : 07/07/2023

Article Category : News

Sebagai pecinta laut, lo pasti udah nggak asing sama dua aktivitas ini. Yup, scuba diving dan snorkeling. Inti dari kedua aktivitas ini sebenarnya sama, yaitu menyelami lautan sambil menikmati pemandangan biota laut yang menakjubkan. Namun, nggak banyak yang tahu scuba diving dan snorkeling memiliki beberapa perbedaan, lho.

Lantas, apa aja perbedaan dari kedua olahraga air tersebut? Simak berikut ini biar lo nggak ketuker-tuker antara keduanya, ya.

Alat Napas

Image: joakant/Pixabay

Dalam scuba diving, biasanya penyelam harus membawa tabung oksigen di punggung dan bernapas lewat masker yang terhubung dengan tabung tersebut. Sementara itu, snorkeling menggunakan alat yang bernama snorkel, yaitu selang yang menghubungkan mulut dengan pemukaan di atas laut.

Perbedaan ini berdasar pada kedalaman laut dari kedua aktivitas ini. Kedalaman laut dalam scuba diving cenderung lebih dalam dibanding snorkeling. Itulah sebabnya penyelam butuh tabung oksigen, Superfriends.

Peralatan

Dari alat napasnya aja, bisa dilihat kalau peralatan scuba diving pasti lebih banyak dibanding snorkeling. Beberapa peralatan yang biasa digunakan pas lagi scuba diving yaitu alat kontrol daya apung yang akan ngebantu penyelam buat menjaga keseimbangan, serta alat pengukur untuk ngelacak seberapa dalam mereka menyelam dan seberapa banyak udara yang tersisa.

Sementara itu, peralatan yang sama-sama wajib dipakai pas lagi scuba diving dan snorkeling yaitu masker udara, baju khusus untuk menyelam, dan fins atau kaki katak.

Kedalaman Menyelam

Ilustrasi scuba diving
Image: Pixabay

Rata-rata kedalaman snorkeling yaitu sekitar 3 – 4 meter. Kalau punya pengalaman lebih, lo bisa menyelam sampai kedalaman 7 meter. Sementara itu, kedalaman menyelam dalam scuba diving bisa sampai 40 meter, Bro. Karena jauh lebih dalam dari snorkeling, lo harus ngelakuin persiapan yang cukup matang dan punya izin untuk menyelam sedalam itu.

Pemandangan yang Bisa Dilihat

Karena menyelamnya lebih dalam, pemandangan yang bisa dilihat pas scuba diving tentu lebih banyak dan lebih indah dibanding snorkeling. Lo bisa lihat gurita yang baru keluar dari rumahnya, ikan pari yang berenang bebas, sampai penyu raksasa kayak di film Finding Nemo. Bahkan, lo juga bisa ketemu sama bangkai kapal, lho. Seru banget, kan!

Persiapan

Karena nggak perlu menyelam terlalu dalam, lo nggak butuh persiapan tertentu buat ngelakuin snorkeling. Yang penting lo udah bisa berenang dan bisa ngelakuin teknik pernasapan yang baik di dalam air. Sementara dalam scuba diving, lo disarankan untuk melakukan beberapa persiapan sebelum melakukan olahraga ini, seperti latihan berenang di laut, belajar pakai alat-alatnya, sampai butuh izin dokter kalau lo punya penyakit tertentu.

Nah, itu tadi perbedaan scuba diving dan snorkeling. Kira-kira, lo tertarik cobain yang mana nih, Superfriends? Tulis di kolom komentar, ya! (arpd)

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#diving #snorkling #Extreme

Source:Padi

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

GLAMPING BISA MENJADI ALTERNATIF ESCAPE, INI REKOMENDASINYA!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Surga Surfing di Kepulauan Mentawai, Patut Dicoba!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Keindahan Bawah Laut indonesia, Keajaiban Yang Wajib Kalian Jelajahi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mengenal Komunitas SIKSOROGO, Apa Itu?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Masih Asing Dengan Rock Climbing? Ini Sejarahnya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Gak Perlu Jauh-Jauh! Ini 5 Wisata Perbatasan Indonesia dan Malaysia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

7 Alat Navigasi Penting yang Wajib Lo Bawa Saat Hiking

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

7 Teknik Mendayung saat Rafting, Hadapi Arus Gak Pake Panik!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

MITOS MEMANCING DI RANU KUMBOLO, APAKAH BENAR?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

FLANEL, DARI STELAN MENDAKI MENJADI FASHION SEHARI-HARI!

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /