Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi green business. Image: Freepik

Author : Admin Adventure

Article Date : 10/11/2023

Article Category : News

Di tengah isu global warming yang lagi gencar, green business atau bisnis hijau bisa jadi salah satu opsi buat mengurangi dampak negatif lingkungan. Konsep yang juga bisa disebut sebagai sustainable business atau bisnis berkelanjutan ini merupakan konsep bisnis yang menggunakan sumber daya yang ramah lingkungan dan menjunjung tinggi kebijakan yang bertanggung jawab secara sosial.

 

Nggak harus mulai dari nol, green business juga bisa lo terapkan kalau lo udah punya bisnis. Hal yang harus lo lakukan adalah mengubah sistem bisnis tersebut jadi lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan, mulai dari pengembangan produk, pembelian, penyediaan alat, dan lain sebagainya.

 

Walaupun cukup potensial, green business jadi salah satu konsep bisnis yang cukup tricky, lho. Nggak heran kalau ada beberapa pebisnis yang kerap melakukan kesalahan saat mengembangkan bisnis ini. Apa aja itu? Simak selengkapnya berikut ini, Superfriends.

 

Bikin Tujuan Tanpa Menilai Dampak Lingkungan

Ilustrasi bikin bisnis tanpa tujuan
Image: monstera/Pexels

Nggak bisa dimungkiri kalau tujuan atau goals jadi salah satu hal yang harus dipertimbangkan saat pertama kali mendirikan bisnis. Namun, kalau lo mau mengembangkan green business, lo juga harus menilai dampak lingkungan dari tujuan tersebut. Langkah pertama yang bisa lo lakukan dalam menyusun rencana sustainable adalah dengan mempertimbangkan dampak lingkungan dari operasi bisnis Anda di seluruh rantai pasokannya, mulai dari produksi hingga distribusi. Dengan begitu, lo jadi lebih mudah mengurangi dampak lingkungan yang bisa terjadi.

 

Nggak Memilih Orang yang Tepat

Mengembangkan green business mungkin sedikit beda dengan bisnis pada umumnya. Soalnya, lo harus memastikan bahwa orang yang lo pekerjakan juga punya tujuan atau niat yang sama buat lebih peduli sama lingkungan. Kalau lo sampai salah pilih orang, bukan nggak mungkin bisnis lo bakal terhambat, Superfriends. Jadi, penting banget buat cek background orang yang akan lo pekerjakan. Pastikan mereka punya latar belakang pendidikan atau minimal pengalaman kerja di bidang lingkungan agar mereka tau apa yang harus dilakukan buat mengembangkan green business.

 

Melupakan 4 Poin Ini

Ilustrasi green business asal-asalan
Image: rdne stock project/Pexels

Dalam menyusun rencana green business, ada empat hal penting yang sering kali dilupain sama pebisnis. Padahal, empat poin tersebut berhubungan sama target spesifik yang mau dicapai dalam jangka panjang. Keempat hal tersebut yaitu:

1. Ambisi. Hal ini penting karena jadi “bahan bakar” buat berinovasi, optimalisasi, dan diferensiasi yang bermanfaat untuk jangka panjang,

2. Ilmiah. Namanya juga berkaitan sama lingkungan, penting banget buat bikin panduan dengan prinsip ilmiah yang logis dan objektif.

3. Selaras dengan tujuan inti bisnis. Nggak cuma bikin lingkungan sehat, lo juga harus membuat sistem dan orang-orang di dalam bisnis sehat.

4. Terukur. Untuk mengelola rencana green business, penting untuk selalu mengukur kemajuannya berdasarkan target yang udah ditentukan.

 

Pakai Label ‘Go Green’ Cuma buat Branding

Nggak sedikit bisnis yang mengklaim produknya sebagai produk ramah lingkungan tanpa penilaian dari pihak yang tepercaya. Padahal, kalau mau mengembangkan green business, sertifikasi green label ini penting banget, lho. Ada beberapa lembaga internasional yang mengurus sertifikasi ini, yaitu B Corp, LEED, TRUE, SITES, dan GBB. Saat memilih sertifikasi mana yang tepat buat bisnis lo, pertimbangkan sertifikasi yang juga dipilih sama pesaing lo. Dengan begitu, lo jadi nggak butu waktu lama buat survei dan memilih lembaga sertifikasi.

 

Nggak Melakukan Uji Coba

Dibanding bisnis lainnya, green business perlu melakukan serangkaian uji coba dari strategi yang disiapkan untuk melihat apakah ada jejak karbon atau dampak lingkungan yang dihasilkan dari proses produksi sampai distribusi. Proses yang panjang ini terkadang dilewatkan pebisnis karena mereka merasa terlalu makan banyak waktu, uang, dan tenaga. Padahal, uji coba ini penting banget buat membuktikan kalau produk lo bener-bener ramah lingkungan, lho. Jadi, jangan sampai skip, ya.

 

Itu tadi beberapa kesalahan yang harus lo hindari saat mengembangkan green business. Kalau lo ada pengalaman di bidang bisnis ini, certain di kolom komentar dong, Superfriends. Kali aja bisa jadi inspirasi buat yang lainnya. (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Bisnis Investasi #Entrepreneurship #Tips

Source:Forbes

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Soto Kudus, Soto Unik Menggunakan Daging Kerbau

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

VIRALNYA SEPATU SALOMON ANAK SKENA!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

SURFING AMAN, PENTING UNTUK BISA BERENANG!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

YANG SUKA ADVENTURE DI ALAM TERBUKA DAN DAERAH PELOSOK SEKARANG SUDAH BISA INTERNETAN!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

PENTING KENALI MASALAH KEAMANAN SAAT MENYELAM!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Kisah Pendakian Pertama ke Everest Yang Melegenda!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Suku Bajo, Aquaman dari Indonesia!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Suka tantangan? Inilah 5 Spot Paralayang Terbaik di Indonesia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Menyelami Kesenian Suku Osing: Kearifan Lokal Banyuwangi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

RAHASIA SUKU SHERPA BISA KUAT MENGHADAPI CUACA EKSTREM!

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /