Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Image: Dok. Atourin

Author : Admin Adventure

Article Date : 11/07/2023

Article Category : News

Udah bukan rahasia lagi kalau ada beberapa daerah di Indonesia yang jarang terekspos media. Salah satu faktornya adalah jaraknya yang jauh dan jaringan internet yang mungkin masih terbatas. Padahal, daerah tersebut punya potensi wisata yang unik dan anti-mainstream, Superfriend. Bahkan, beberapa di antaranya sering disebut sebagai surga tersembunyi, lho.

Nah, buat ngebantu daerah-daerah tersebut, startup yang satu ini pun membuat platform atau aplikasi khusus untuk memasarkan dan mempromosikan desa wisata di Indonesia. Namanya Atourin. Emang, apa aja sih yang mereka lakuin buat promosiin desa wisata di Indonesia? Simak kisahnya berikut ini, Superfriends.

Upaya Atourin dalam Mendigitalisasi Desa Wisata

Atourin
Image: Dok. Atourin

Sejak berdiri pada Desember 2019, Atourin punya misi buat bantu desa-desa mendigitalisasi tempat wisatanya. Awalnya, mereka cuma fokus buat bikin platform yang nyediain infomasi yang dibutuhi wisata terkait objek-objek wisata di Indonesia. Namun, saat pandemi COVID-19 melanda pada tahun 2020, pengunjung tempat wisata pun menurun. Mereka akhirnya coba cari solusi dari sisi teknologi.

“Jadi kita fokus untuk mentransformasi pemandu-pemandu wisata yang sebelumnya ketika pandemi itu mati, kita carikan, kita buatkan lah lapangan pekerjaan lewat yang namanya tuh wisata virtual atau virtual tour,” ungkap Benarivo Triadi Putra, CEO Atourin.

Setelah berhasil bikin pendapatan pemandu wisata naik lagi lewat virtual tour, Atourin pun mulai mendigitalisasi desa wisata pada akhir 2021.

“Kita pengin desa ini sebenernya potensinya cukup besar banget, tapi belum banyak orang yang tau desa itu di mana, ada apa aja, informasinya kayak gimana itu tuh belum terekspos di Google, juga di internet tuh masih jarang banget. Maka dari itu kita pengin ngedigitalisasilah desa termasuk produk-produknya supaya kita sebagai wisatawan bisa tau dan bisa jadiin desa wisata sebagai alternatif destinasi wisata,” jelas Benarivo.

Kerja Sama Bareng Kemenparekraf

Atourin
Image: Dok. Atourin

Upaya Atourin di bidang pariwisata pun akhirnya menarik perhatian Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemekominfo). Kedua kementerian tersebut pun ngajak Atourin buat kerja sama bareng dalam ngembangin aplikasi dan ngepromosiin desa wisata.

“Kita kolaborasi untuk bikin kegiatan desa wisata itu lebih gede lagi. Kita langsung mulai fokus dari sisi pelatihan, pendampingan, sampai digitalisasi. Nah itulah yang kita kerjain selama 2021-2022. Jadi kemarin kita tuh fokus jadi mitranya desa wisata untuk go digital,” ungkap Benarivo.

Nggak cuma sama kementerian, mereka juga kerja sama bareng beberapa brand dan BUMN buat ngebangun brand awareness sekaligus ngepromosiin desa wisata. Usaha tersebut akhirnya bikin mereka berhasil dapet penghargaan  dari Google Play sebagai Best Hidden Gem App atau Aplikasi Unik Terbaik di Indonesia tahun 2022.

Iseng Ikut Superadventure Superpreneur 2022

Atourin
Image: Dok. Atourin

Tahun lalu, salah satu rekan tim Benarivo pun iseng daftarin Atourin buat ikutan Superadventure Superpreneur 2022. Siapa sangka, keisengan tersebut malah bikin mereka lolos ke tahap seleksi regional Jabodetabek dan lanjut ke nasional.

Sebenernya, ini bukan kali pertama Atourin ikut kompetisi bisnis. Namun, menurut Benarivo, Superadventure Superpreneur 2022 jadi kompetisi pertama baginya yang pesertanya dateng dari berbagai industri.

“Jadi tahun lalu Supradventure Superpreneur itu pertama kali kita ikut kompetisi betul-betul pesertanya tuh gabung, mix banget. Gak cuma hanya digital, tapi fnb, fashion, kuliner, semua pun ada gitu kan. Jadi itu sih yang bikin kita pengin ikutan karena penasaran bentuknya kayak gimana di dalemnya,” kata Benarivo.

Ngeliat lawannya yang datang dari seluruh daerah di Indonesia dan punya bisnis yang beragam bikin Benarivo nggak banyak berharap. Namun, dewi fortuna ternyata berpihak padanya. Atourin pun berhasil masuk ke 10 besar tingkat nasional Superadventure Superpreneur 2022. Sejak saat itu pun, exposure dan brand awareness Atourin pun meningkat pesat.

“Untuk kita alumni-alumni kerja samanya sustain lah, berkepanajngan dan berkelanjutan karena kita selalu dilibatkan buat event,” ujar Benarivo.

Pengin juga bisnis lo dapet exposure dan brand awareness lebih tinggi kayak Atourin? Langsung aja daftar ke Superadventure Superpreneur 2023, Bro! Menangkan hadiah total Rp 750 juta dan berbagai benefit lainnya yang pastinya berguna banget buat bisnis lo.

Langsung aja registrasi ke superpreneur.superlive.id dan cek informasi selengkapnya di Instagram @superadventure_id ya! (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Bisnis Investasi #Entrepreneurship #Trending

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

KOMPOSISI TIM YANG BISA IKUTAN ADVENTURE RACE!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Sweeper Si Penutup Barisan yang Punya Tanggung Jawab Besar

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Suka Naik Gunung Harus Tahu SIMAKSI!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Bikin Campervan Murah Sendiri? Bisa Kok!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mau Jadi Master Tahan Nafas Saat Diving? Ini Dia Tipsnya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Tetap Hangat dan Nyaman Saat Kehujanan di Gunung

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Arung Jeram: Petualangan Seru dengan Berbagai Tingkat Kesulitan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

GEAR YANG HARUS KALIAN SIAPKAN UNTUK ADVENTURE RACE!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Macam- Macam Tools Descending untuk Keamanan dan Kenyamanann

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

3 Tips Jitu untuk Menguasai Teknik Rappelling Dasar

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /