Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi bakso. Image: Chan Factory/Pixabay

Author : Admin Adventure

Article Date : 01/12/2023

Article Category : News

Musim hujan terpantau udah dateng ke Indonesia, nih. Cuaca yang dingin kerap bikin mager. Langit yang mendung bikin semangat meredup. Lo ngerasain itu juga nggak nih?

 

Apalagi, salah satu hal sering terjadi pas lagi musim hujan yaitu rasanya jadi lebih gampang laper. Ternyata, hal itu ada penjelasan ilmiahnya, lho. Perubahan suhu bisa memicu perubaha biologis dalam tubuh yang merangsang rasa lapar dan nafsu makan. Selain itu, kurangnya paparan sinar matahari juga bisa mempengaruhi hormon serotonin dan bikin lo bad mood, sehingga menimbukkan rasa pengin makan buat memperbaiki mood tersebut.

 

Nah, kalau laper pas lagi hujan, jangan makan mi instan aja, Superfriends. Simak nih beberapa makanan yang cocok lo nikmati di tengah cuaca dingin berikut ini.

 

Bakso

bakso
Image: Pixabay

Makanan yang satu ini emang nggak pernah gagal dimakan kapan pun dan di mana pun. Yup, apa lagi kalau bukan bakso. Perpaduan antara bulatan-bulatan daging yang kenyal, tahu, pangsit rebus, dan pangsit goreng bikin keroncongan di perut lo hilang seketika. Apalagi kalau udah nyeruput kuahnya, langsung anget deh tubuh lo. Dua jenis bakso yang cukup populer di Indonesia yaitu bakso solo dan bakso malang. Tinggal pilih deh mau yang mana.

 

Bakmi Godog Jawa

Biar nggak makan mi instan mulu, gue kasih rekomendasi olahan mi yang nggak kalah enak nih, yaitu bakmi godog jawa. Makanan yang populer di Jogja ini memadukan mi tebal yang kenyal dan kuah kaldu yang sedikit creamy karena ada campuran telurnya. Nggak lupa juga ditambah aneka sayuran, seperti sawi dan tomat, serta taburan bawang goreng dan daun bawang buat menambah rasa. Kalau pengin lebih nampol lagi, lo bisa tambah potongan cabe rawit, Superfriends. Bayangin aja udah ngiler kan lo?

 

Seblak

Seblak
Image: Wikipedia

Jajanan favorit kaum Hawa ini emang nggak bisa disepelein, Coy. Kuah yang seblak yang pedas dan panas emang cocok banget dimakan pas musim hujan kayak sekarang ini. Isiannya pun beragam, mulai dari kerupuk, macaroni, ceker, telur, bakso-baksoan, dan lain sebagainya. Kalau mager beli di luar, coba aja bikin sendiri di rumah. Jadi lebih puas deh makannya.

 

Wedang Ronde

Nggak cuma makanan gurih, ada juga nih makanan manis yang bisa jadi pilihan makanan pas musim hujan. Salah satunya wedang ronde. Kuliner khas Jawa Tengah ini terdiri dari bulatan-bulatan seperti mochi berisi kacang dan gula merah, kolang-kaling, dan kacang tanah yang udah digoreng. Ada juga kedai yang menambahkan mutiara atau pacar cina biar dalam isiannya. Kenyalnya ronde dipadu dengan kuah jahe yang hangat emang nggak pernah salah dimakan pas musim hujan, deh.

 

Bubur Kacang Ijo

Selain wedang ronde, makanan manis lain yang cocok disantap pas musim hujan yaitu burjo alias bubur kacang ijo. Perpaduan kacang hijau yang lembut dengan kuah santan yang gurih-manis bikin tubuh lo hangat seketika, Bro. Beberapa kedai juga menambahkan ketan hitam sebagai isiannya biar rasanya makin nikmat. Burjo sering dijual di warung kopi alias warkop. Cocok banget nih jadi temen nongkrong lo sambil dengerin rintik hujan yang syahdu.

 

Itu tadi deretan makanan hangat yang cocok disantap saat musim hujan. Udah ngiler kan, Superfriends? Buruan pesen di ojol, deh. (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Kuliner #fakta unik #Trending

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

10 Kegiatan Outdoor Seru dan Menantang, Cocok untuk Akhir Pekan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Newbie Wajib Tau! Ini Tips Wild Camping yang Wajib Lo Ikuti

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mengenal Trail Running, Peralatan & Rekomendasi Tempatnya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Rafting Ubud: Daya Tarik, Rekomendasi Tempat & Fasilitasnya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mengenal Trekking dan Rekomendasi Tempat Terbaiknya di Indonesia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Ragam Kuliner Khas Samarinda, Ada Pepes Kepiting Hingga Aneka Kudapan Manis

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Rekomendasi Trekking Pole yang Kokoh dan Tahan Lama, Harga Bersahabat!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Bukan Body Shaming, Ini Alasan Maskapai Penerbangan Timbang Berat Badan Penumpang

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Anti Cemas-cemas Club! Ini Tips Lawan Rasa Takut saat Solo Backpacking

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Serunya Wild Camping, Bertahan Hidup di Tengah Alam Liar yang Menantang

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /