Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Kesalahan Branding

Author : Admin Adventure

Article Date : 03/05/2023

Article Category : News

Seringkali apa yang udah kita rencanakan, nggak sejalan sama realita yang dihadapi, dan hasil yang diusahakan pun nggak sebanding sama apa yang diharapkan. Begitupun dalam membangun brand, tentu nggak semua prosesnya berjalan mulus, dan terkadang ada kesalahan atau kegagalan yang terjadi. Nggak apa-apa, jadikan ini sebagai pembelajaran ya, Superfriends! Lalu apa aja sebenarnya “common mistakes” di dunia branding dan gimana cara mengatasinya?

Nggak punya visi misi bisnis

Inage source: elements.envato.com/JoPanwatD

Mau usaha lo sukses tapi belum bikin visi dan misi yang bisa menjelaskan value brand lo dengan baik? Wah, jangan berharap banyak kalau gitu, Superfriends! Karena bisnis yang baik, tentu karena adanya visi dan misi yang udah dibuat dengan jelas. Dari sini, lo bisa melanjutkan untuk membangun brand image yang akan menjadi standar dari brand lo sendiri. Nah sebelum lanjut ke kesalahan selanjutnya, baiknya lo udah menentukan dulu nih visi dan misi brand lo!

Nggak Mengikuti Brand Guideline

Inage source: elements.envato.com/Pressmaster

Setelah membuat visi misi, tugas selanjutnya adalah membuat brand guideline yang bisa lo ikuti untuk segala keperluan, termasuk keperluan iklan untuk penjualan. Brand guideline ini termasuk di dalamnya yaitu logo, tone warna dan voice tone. Jika lo nggak punya brand guideline, maka lo akan kesulitan dalam membuat campaign untuk proses branding yang lebih efektif, karena lo sendiri menggunakan identitas yang berbeda-beda. Untuk itu, jika lo mau branding lo berhasil, maka buatlah brand guideline untuk semua kebutuhan, dan patuhi guideline tersebut.

Nggak Punya Logo

Inage source: elements.envato.com/Rawpixel

Hanya dengan logo, konsumen bisa mengetahui apa nama brand tersebut, bahkan hingga ke perusahaan yang membuatnya. Sepenting itu fungsi logo, sebagai identitas utama sebuat brand supaya bisa dikenal masyarakat luas. Balik lagi ke brand guideline, dalam membuat logo lo juga harus punya guideline tersendiri, seperti visual, warna, brand tagline, semuanya harus bisa merepresentasikan value dari produk yang lo miliki. Semakin jelas, bermakna dan eye-catching logo yang lo buat, maka semakin mudah juga lo dikenali oleh konsumen lo.

Nggak Update atau Terlalu Update

Inage source: elements.envato.com/YuriArcursPeopleimages

Bagai pisau bermata dua, keduanya nggak boleh lo lakukan “terlalu.” Maksudnya adalah, lo nggak boleh kelewat dari tren yang lagi hype, tapi lo juga nggak boleh terlalu bergantung sama tren tersebut. Untuk bisa tetap engage sama konsumen, tentu lo harus bisa mengikuti tren, tapi kalau lo terlalu sama tren tersebut tanpa menyesuaikan dengan identitas lo, maka lo akan kehilangan identitas dan konsumen bisa jadi nggak mengenali brand lo. Jadi sebaiknya, lo bisa ikutan dalam tren yang lagi berkembang, tapi tetap menyesuaikan dengan brand guideline dan karakter yang udah lo bangun.

Nggak Riset Pasar

 

Inage source: elements.envato.com/Rawpixel

Last but not least, langkah yang juga penting dalam branding adalah melakukan riset pasar. Dari riset ini, lo bisa memetakan siapa aja target market lo, apa keistimewaan lo dibanding kompetitor, dan bagaimana membuat campaign dan branding yang cocok dengan target market lo. Semuanya harus dipersiapkan dengan sangat matang dan dimulai dari riset. Ingat, tanpa riset yang kuat dan mendalam, usaha branding lo akan jadi hal yang sia-sia. Jadi, lakukan dengan sebaik mungkin ya, Superfriends!

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #Urban Action #Trending #Tips

Source:https://glints.com/id/lowongan/kesalahan-dalam-branding/#.ZDLg3XZBy5c

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

DI PUNCAK GUNUNG MUNCUL AWAN BERTOPI, APA ARTINYA?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

TERNYATA NAIK GUNUNG TANPA ALAS KAKI ADA MANFAATNYA

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

SENSASI MENDAKI GUNUNG BAWAH LAUT!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

NGGAK CUMA BIKIN TENDA : TUJUH AKTIVITAS SERU YANG BISA DILAKUKAN SELAMA CAMPING

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

SKILL DASAR RAFTING UNTUK PEMULA

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Water Bladder vs Botol Minum Mana yang Lebih Cocok Buat Adventure?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Djarum Super Espresso Gold: Cita Rasa Espresso dalam Setiap Bungkus

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

4 Aktivitas Fisik Seru saat Weekend, Tingkatkan Adrenalin!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

HAL PENTING SAAT MAKAN WAKTU CAMPING DI OUTDOOR

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

GAK JAUH DARI JAKARTA, CURUG INI BISA JADI REKOMENDASI TUJUAN LO

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /