YouTube jadi salah satu platform video yang cukup populer dengan jumlah pengguna mencapai 2,51 miliar orang di dunia per Januari 2023.
Nggak cuma sebagai media hiburan, platform ini juga bisa lo manfaatin sebagai media buat membangun brand image, lho. Salah satunya dengan bikin konten video streaming yang berkaitan sama produk lo, mulai dari review, podcast dengan influencer, dan konten lain yang relate sama target pasar lo.
Kalau lo mau manfaatin YouTube sebagai salah satu media buat membangun brand image, lo bisa ikuti beberapa tips berikut ini, Superfriends.
Jangan Banyak Basa-basi
Opening dan intro merupakan bagian penting dalam konten video. Bagian ini berfungsi untuk membangun first impression audiens sekaligus menarik mereka buat nonton video sampai selesai. Jadi, hindari terlalu banyak basa-basi di bagian ini, apalagi kalau itu nggak berhubungan sama produk atau brand lo.
Di bagian awal, lo bisa kasih cuplikasi isi video yang bikin penonton penasaran buat nonton lebih lanjut. Begitu masuk ke opening, lo cukup menyapa penonton seperti biasa dan mengenalkan diri, lalu masuk ke inti dari konten tersebut.
Sisipi Humor
Dalam membuat video streaming, nggak ada salahnya buat menyisipkan humor di dalam konten tersebut, Superfriends. Kalau lo punya dana lebih, lo mungkin bisa menggandeng komedian sebagai host dalam program lo tersebut. Saat ini kan, udah banyak program TV dan YouTube yang melibatkan pelawak atau standup comedian sebagai salah satu pengisi acaranya. Nah, cara tersebut mungkin bisa lo terapkan juga dalam brand lo.
Jangan Takut Improvisasi
Biar konten lo nggak terkesan kaku, coba masukin improvisasi saat proses syuting. Siapin script yang fleksibel agar host dan talent dalam konten tersebut bisa bebas mengeluarkan jokes, pendapat, atau hal-hal lain yang berkaitan sama produk lo. Namun, hal ini tetap harus di-briefing dulu, ya. Misalnya, nggak boleh ngomong kasar, sebut brand lain, dan hal-hal lain yang bikin kontennya jadi out of topic.
Durasi Jangan Terlalu Lama
Sebenarnya, nggak ada batasan waktu buat bikin konten video streaming yang baik. Namun, buat menjaga fokus audiens, lo mungkin bisa membatasi waktunya sekitar 10 – 15 menit aja, Superfriends. Kalau pun lo udah syuting cukup panjang dan merasa sayang kalau nggak di-upload semua, lo bisa membaginya menjadi beberapa part. Namun, kalau lo mau bikin video panjang dalam sekali upload, pastiin pre-production disiapin sematang mungkin biar hasil videonya bagus, ya.
Share ke Media Sosial Lainnya
Biar penontonnya makin banyak, lo wajib share konten YouTube lo ke media sosial lainnya setelah di-upload. Namun, jangan sekadar share aja, Bro. Lo bisa bikin trailer-nya dulu beberapa hari sebelum jadwal upload buat memancing kekepoan audiens. Pas hari H, bikin postingan lagi tentang jam berapa video tersebut bakal naik. Kalau ada bikin Instagram Story tentang konten tersebut dan nge-tag akun brand lo, jangan lupa di-repost sebagai apresiasi, ya.
Itu tadi beberapa tips yang bisa lo ikuti dalam membuat konten YouTube untuk membangun brand image. Bisnis lo punya channel YouTube, nggak? Kalau punya, kasih tau di kolom komentar dong, Superfriends. (arpd)
ARTICLE TERKINI
Source:Entrepreneur
Please choose one of our links :