Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi altitude diving. Image: Pexels/Pixabay

Author : Admin Adventure

Article Date : 26/09/2023

Article Category : News

Diving di laut sih udah biasa, ya. Gimana kalau lo nyobain menyelam di perairan yang ada di dataran tinggi, kayak danau atau sungai? Airnya yang dingin dan hawanya yang sejuk jadi tantangan sekaligus keseruan tersendiri dari activity outdoor yang satu ini.

 

Adalah altitude diving. Kata ‘altitude’ yang berarti ketinggian merujuk pada lokasi penyelamannya yang berada di ketinggian antara 300 sampai 3.000 mdpl. Sebelum ngelakuin aktivitas ekstrem ini, lo harus paham dulu tentang tekanan udara buat mencegah penyakit dekompresi saat diving di dataran tinggi. Biar lebih lengkapnya nih, simak penjelasan berikut ini, Superfriends.

 

Apa yang Harus Dipahami Sebelum Coba Altitude Diving?

Ilustrasi altitude diving
Image: Pixabay

Tekanan udara jadi salah satu hal penting yang harus dipahami sebelum nyobain altitude diving. Tekanan di bawah air lebih besar dibanding permukaan. Peningkatan tekanan tersebut bikin tubuh lo menyerap lebih banyak gas, seperti nitrogen dan oksigen. Jadi, kalau lo menyelam di ketinggian, disaranin buat sering-sering keluar dari air biar gas-gas tersebut keluar dari jaringan tubuh lo.

 

Setelah selesai menyelam dan lo mau lanjut mendaki lagi, sebaiknya lo berhenti setiap 5 meter selama 3 menit. Ini disebut juga sebagai safety stop yang merupakan tindakan pencegahan tambahan yang ngasih waktu tambahan biar gas keluar dari jaringan tubuh secara perlahan. Kalau lo buru-buru mendaki, gas tersebut bisa membentuk gelembung udara di dalam tubuh dan memicu penyakit dekompresi.

 

Apakah Altitude Diving Aman buat Penyelam Pemula?

Ilustrasi altitude diving
Image: Pexels/Pixabay

Buat penyelam pemula, altitude diving mungkin bisa jadi aktivitas ekstrem yang bisa mengancam nyawa. Soalnya, kondisi air dan udara yang dingin bisa memicu hipotermia. Buat orang yang nggak terbiasa mendaki, mereka mungkin bisa ngalamin altitude sickness atau gejala yang muncul karena takut ketinggian, seperti sakit kepala dan sesak napas. Belum lagi risiko penyakit dekompresi yang lebih tinggi dibanding diving di laut bikin penyelam mesti paham banget soal skill menyelam yang pro.

 

Kalau lo pengin nyobain altitude diving, disaranin buat ikut kursus menyelam dulu, Superfriends. Ada beberapa hal yang bakal lo pelajari, seperti perencanaan penyelaman di ketinggan, cara pakai dive computer, dan langkah keamanan buat mencegah hal-hal yang nggak diinginkan.

 

Selain itu, peralatan menyelamnya juga nggak boleh asal, Bro. Lo disaranin buat pakai drysuit biar lo tetep hangat selama menyelam. Selain itu, lo juga harus bawa pisau atau alat pemotong kecil saat menyelam. Soalnya, perairan di dataran tinggi tuh sering ditumbuhi sama tanaman air yang bisa menjerat lo. Ini mungkin bisa jadi tantangan yang membedakan altitude diving sama diving di laut pada umumnya.

 

Jadi, gimana? Tertarik nyobain altitude diving nggak nih, Superfriends? (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#danau #diving #Extreme

Source:Girls That Scuba

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Gear Esensial Sepeda Roadbike Yang Wajib Lo Punya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Tempat Wisata Non Mainstream Di Jogja, Pernah Coba?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Pengen Mencoba Backpacking Sendirian, Ini Yang Wajib Diperhatikan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

MAKANAN WAJIB UNTUK PENDAKI YANG AMAN UNTUK PERUT!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

GLAMPING BISA MENJADI ALTERNATIF ESCAPE, INI REKOMENDASINYA!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Surga Surfing di Kepulauan Mentawai, Patut Dicoba!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Keindahan Bawah Laut indonesia, Keajaiban Yang Wajib Kalian Jelajahi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mengenal Komunitas SIKSOROGO, Apa Itu?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Masih Asing Dengan Rock Climbing? Ini Sejarahnya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Gak Perlu Jauh-Jauh! Ini 5 Wisata Perbatasan Indonesia dan Malaysia

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /