Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi komunikasi. Image: Helena Lopes/Pexels

Author : Admin Adventure

Article Date : 04/09/2023

Article Category : News

Berkomunikasi merupakan basic skill yang harus dimiliki semua orang, termasuk pebisnis. Namun, komunikasi tuh bukan sekadar bisa ngomong doang, Coy. Buat entrepreneur, skill komunikasi yang harus lo kuasai yaitu komunikasi efektif.

 

 

Komunikasi efektif adalah proses pertukaran informasi, ide, atau perasaan yang menghasilkan perubahan sikap, sehingga bisa terjalin hubungan baik antara pemberi pesan (komunikator) dengan penerima pesan (komunikan). Empat hal yang bisa ngebangun komunikasi efektif yaitu keterampilan berkomunikasi, perilaku, level pengetahuan, dan posisi sosial budaya. Konsep ini dijelasin pada buku karya David. K Berlo yang berjudul The Process of Communication (1960).

 

 

Emangnya, seberapa penting sih skill ini? Simak nih manfaat komunikasi efektif buat pebisnis berikut ini, Superfriends.

 

 

Hubungan dengan Karyawan Jadi Lebih Positif

Ilustrasi bisnis
Image: tim douglas/Pexels

Sebagai pemilik sekaligus pemimpin bisnis, penting banget bagi lo buat membangun hubungan yang baik sama karyawan dengan cara berkomunikasi secara efektif sama mereka. Hal ini bisa meminimalkan kemungkinan salah paham, sehingga mereka bisa bekerja sesuai dengan instruksi yang lo berikan. Nggak cuma dalam kondisi formal aja, Bro. Lo juga bisa ngelakuin komunikasi efektif ke karyawan dalam kondisi santai, misalnya menyapa mereka pada pagi hari dan ngasih kata-kata semangat. Alhasil, karyawan pun jadi lebih termotivasi buat kerja.

 

 

Bikin Ikatan dengan Klien Makin Erat

Bagi pebisnis, klien adalah raja. Gimana nggak, kalau nggak dapet klien, bisnis lo mungkin nggak bisa survive dan akhirnya terancam bangkrut. Makanya, saat lo punya klien, lo harus memperlakukan mereka dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan berkomunikasi secara efektif. Selain bisa membangun ikatan yang baik sama klien, skill tersebut juga bisa ngasih manfaat lain buat bisnis lo, seperti ningkatin penjualan sampai bisa membangun brand reputation yang positif.

 

 

Bisa Ambil Keputusan dengan Tepat

Ilustrasi komunikasi
Image: Pixabay

Sebagai pemilik bisnis, salah satu hal yang nggak boleh lo lakuin yaitu plin-plan. Yup, gimana karyawan bisa ngikut apa kata lo kalau lo sendiri ngasih pernyataan yang membingungkan mereka? Nah, di sinilah skill komunikasi efektif memainkan perannya, Superfriends. Dengan menguasai keterampilan ini, lo jadi bisa menangkap masukan dari berbagai pihak dengan cepat, baik itu dari karyawan maupun pelanggan. Dari informasi yang lo dapet itu, akhirnya lo bisa bikin keputusan yang tepat sesuai masukan mereka, deh.

 

 

Ningkatin Inovasi dan Kreativitas dalam Bisnis

Inovasi dan kreativitas merupakan kunci penting kalau lo pengin bisnis lo berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Dua poin ini bisa ditingkatin kalau lo punya skill komunikasi efektif yang baik. Caranya adalah dengan diskusi bareng karyawan dan ngasih kesempatan mereka buat menyampaikan ide atau inovasi masing-masing.

 

 

Nah, kalau lo punya skill komunikasi efektif, lo pasti nggak akan menolak ide mereka mentah-mentah walaupun lo kurang setuju dengan ide tersebut. Sebaliknya, lo akan mengapresiasi mereka dan mengambil jalan tengah agar semua ide bisa direalisasikan. Sikap yang kayak gini nih yang bikin karyawan makin semangat buat berinovasi, Superfriends.

 

 

Voila! Bisnis Lo Pun Berkembang Secara Keseluruhan

Pada akhirnya, manfaat paling besar dari menguasai skill komunikasi efektif adalah bisa bikin bisnis berkembang secara keseluruhan. Skill ini bisa ngebantu buat membangun hubungan sama investor dan bikin bank bisa percaya buat ngasih pinjaman modal. Bayangin, satu keterampilan aja bisa bikin lo jadi pebisnis sukses, apalagi kalau lo bisa menguasai skill positif lain yang bermanfaat buat bisnis lo.

 

 

Itu tadi beberapa manfaat dari skill komunikasi efektif. Nggak perlu khawatir, keterampilan ini bisa dilatih kok, Superfriends. Selain itu, udah banyak course yang membuka kelas komunikasi efektif. Jadi, nggak perlu bingung lagi kalau mau meng-upgrade skill ini, deh. (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Bisnis Investasi #Entrepreneurship #Softskill

Source:Entrepreneur

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Kenapa Warna Outdoor Gear Cerah? Lebih Dari Sekedar Gaya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Air Putih Pahlawan Tersembunyi di Balik Kesuksesan Pendakian

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Hindari Pacet Saat Mendaki Tips Jitu untuk Tetap Nyaman

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Keindahan Lapangan Sepak Bola Yang Ekstrim di Indonesia Tantangan Adrenalin Bagi Para Pecinta Sepak Bolalam yang Menanti di Sekitar Stadion Euro 2024

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Tanda-tanda Penting di Gunung yang Wajib Diketahui

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Survival Mode: Mengapa Kita Memerlukannya?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Memasak di Gunung Tips dan Trik untuk Hidangan Lezat di Alam Bebas

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

RAFTING DI MUSIM HUJAN TERNYATA LEBIH MENANTANG!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Menjelajahi Surga Bawah Laut Keindahan dan Keajaiban Menyelam (Diving)

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Ombak Dahsyat Menanti Menjelajahi Spot Surfing Terbaik di Indonesia

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /