Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Gunung Ungaran

Author : Admin Adventure

Article Date : 01/09/2021

Article Category : Trending

Sempat hilang di Gunung Ungaran, 3 peziarah ini akhirnya berhasil ditemukan dalam kondisi selamat oleh tim SAR gabungan, Superfriends. Mereka dievakuasi dari tebing curam dalam keadaan lemas pada hari Sabtu (7/8/21). Berikut ulasan selengkapnya!

Pasti lo pernah mendengar kabar hilangnya 3 peziarah yang sempat hilang di Gunung Ungaran, Semarang Jawa Tengah pada awal Agustus silam. Meski bukan tergolong pendaki seperti pada umumnya, banyak banget pelajaran yang bisa diambil dari peristiwa tersebut, Superfriends!

Kronologi Hilang Kontak 3 Peziarah di Ungaran

Image source: KOMPAS.com/Ist

Awalnya, Roni (40), Mindiyanah (37), dan Seto (50), berniat untuk mendaki ke Gunung Ungaran bersama tiga orang warga Tegal Waton, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang lainnya, Superfriends. Tujuan mereka bukan ke puncak Gunung Ungaran, melainkan untuk berziarah ke Sendang Suroloyo.

Perjalanan dimulai dari Desa Nyatnyono, Kabupaten Semarang pada Kamis (5/8/2021), sekitar pukul 18.00 WIB, Superfriends. Hingga sampai di Sendang Suroloyo mereka berenam pun masih bersama-sama dan berniat untuk turun gunung, kembali menuju Desa Nyatnyono.

Namun, di tengah perjalanan rombongan terpisah menjadi dua kelompok atau masing-masing tiga orang. Tiga orang yang hilang berjalan lebih dulu di depan, dan tiga orang lainnya berjalan di belakang, Superfriends.

3 Orang yang Tiba Lebih Dulu Juga Sempat Terpisah

Image source: KOMPAS.com/Ist

Dilansir laman Republika, Ketua Koordinator Pencarian Tim SAR Gabungan, Agus Purnomo mengatakan, tiga orang peziarah yang tertinggal di belakang pun akhinya juga terpisah. Pasalnya, dua orang di antaranya berupaya mengejar rombongan di depan, Superfriends.

Beruntung, dua orang tersebut diketahui berhasil turun di wilayah Desa Gogik, yang berjarak sekitar 4 kilometer dari Desa Nyatnyono, sedangkan seorang lagi bisa kembali ke Dusun Ngaglik di Desa Nyantono, tempat mereka berangkat memulai perjalanan ke Sendang Suroloyo, Gunung Ungaran, Superfriends.

Usaha Pencarian 3 Peziarah yang Tersesat di Gunung Ungaran

Agus juga menyampaikan, operasi pencarian telah dilakukan tim SAR gabungan sejak Kamis (5/8) malam dengan dibantu para relawan dan warga. Total ada 60 personel yang terlibat dalam operasi pencarian tersebut, Superfriends!

Pencarian pendaki yang tersesat kemudian dilakukan. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email Dibagi dalam beberapa regu, anggota pencarian melibatkan BPBD, Badan SAR Nasional, dan relawan.

"Tim menyusuri seluruh jalur di Gunung Ungaran. Sisanya ada yang berjaga di pos pendakian dan membuat dapur umum," ucapnya, Sabtu (7/8/2021). Pencarian dilakukan dalam tiga area, yakni jalur area Ngipik ke Suroloyo terdiri dari dua regu, jalur Sidomukti ke Suroloyo terdiri dari satu regu, dan jalur Prantunan satu regu.

Ditemukan dalam Kondisi Selamat

Dilansir laman Kompas, tiga peziarah yang sempat hilang di Gunung Ungaran, akhirnya ditemukan dalam keadaan selamat pada Sabtu sekitar pukul 11.00 WIB, Superfriends. Selanjutnya, ketiga peziarah tersebut segera dievakuasi untuk mendapat perawatan.

Menurut Heru Subroto, Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang, ketiga orang tersebut dalam kondisi linglung saat ditemukan oleh tim pencari.

Saat pertama kali ditemukan, ketiganya berada dalam posisi terduduk dalam kondisi linglung di dekat bangunan dari kayu-kayu. Meskipun begitu, kondisi fisik ketiganya terlihat sehat tanpa luka yang cukup berarti, Superfriends.

Mungkin kondisi tersebut karena mereka kekurangan asupan makanan bergizi karena persiapan logistik yang sangat minim. Semoga peristiwa tersebut bisa menjadi pelajaran bagi kita semua ya, Superfriends. Selamat bertualang!

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #Wilderness #Hiking #Trending

Source:https://travel.kompas.com/read/2021/08/07/161600327/peziarah-yang-sempat-hilang-di-gunung-ungaran-tidak-lewat-jalur-wisata?page=all#page2 https://www.republika.co.id/berita/qxewq6436/tiga-warga-tersesat-di-gunung-ungaran-merupakan-peziarah

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Trending

5 Kelezatan Kuliner Khas Daerah yang Sangat Dinanti Saat Lebaran

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Trending

Kuliner Khas Nusantara yang Wajib Hadir Saat Buka Puasa

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Trending

Ide Bisnis yang Lumayan Menguntungkan di Bulan Ramadan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Trending

Mengenal Slow Tourism, Tren Traveling Viral Selain Virtual Tour dan Staycation

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Trending

Informasi Lengkap Wisata Balon Udara Luar Angkasa, Tertarik Mencobanya?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Trending

Demi Promo Pariwisata Hijau, Mahasiswa Ini Nekat Mendaki 35 Gunung di Indonesia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Trending

Alasan Kenapa Cowok Traveler Cocok Dijadikan Sebagai Pasangan Hidup

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Trending

Heboh Harga Outfit Pendaki Gunung Mencapai Rp 32 Juta, Kalau Lo?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Trending

Kreskros Plasticycle, Brand Fashion Ciamik Hasil Upcycling Sampah Plastik

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Trending

Selama Pandemi, Wisatawan Indonesia Menciptakan Tren Perilaku Baru, Apa Aja?

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /