Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Mengenal Kopi Malinau Beserta Pilihan Oleh-Oleh Khas Kalimantan Utara yang Nikmat!

Author :

Article Date : 08/11/2019

Article Category : Trending

Kopi memang merupakan minuman yang memilki rasa unik, terdapat beragam rasa di dalamnya, tergantung bagaimana biji kopinya. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa pilihan kopi dengan kualitas sangat baik. Seperti Kopi Toraja dan Sumatera. Namun apakah lo sudah mendengar kopi asal Kalimantan? Yaap, pulau ini juga memiliki kopi nikmat loh, yaitu Kopi Malinau.

 

Memang bila berbicara mengenai eksistensi masih kalah jauh dengan kopi ternama Indonesia, namun soal rasa sangat bisa untuk diadu. Bahkan kopi ini sendiri di Kalimantan belum begitu terkenal, kecuali lo jalan-jalan ke kawasan hutan Taneg Olen yang terletak di Kabupaten Malinau. Di sana lo akan menemukan penduduk lokal dari Suku Dayak Kenyah yang sering menghidangkan secangkir kopi.

 

[readalso url=20715]

 

Bahkan di sana terdapat sebuah budaya yang tidak memperboleh untuk menolak hidangan kopi, adat tersebut dikenal dengan istilah “Kepunan”. Nah, daripada lo penasaran seputar informasi Kopi Malinau, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Kalau memang lo memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Kalimantan, maka jangan sampai melewatkan kopi ini yaa.

 

Kopi Malinau, Kopi Khas Kalimantan

Mengenal Kopi Malinau Beserta Pilihan Oleh-Oleh Khas Kalimantan Utara yang Nikmat! Credit: /kopitubruuk.blogspot.com

 

Kopi yang berasal sesuai dengan namanya ini memang memiliki rasa yang nikmat serta unik. Menurut orang-orang yang pernah berkunjung dan mencicipinya, kopi lokal ini terlihat hitam pekat dan juga kental. Namun uniknya lagi, kopi ini tidak memiliki aroma khas seperti kopi lainnya.

 

Namun ketika lo menyeruputnya dari gelas, lo akan menikmati betapa gurihnya Kopi Malinau ini. Rasanya yang cukup tajam dengan adanya gigitan manis diakhir tiap tegukan menjadi alasan mengapa kopi ini pantas dikatakan nikmat.

 

Masyarakat lokal sering menyebut kopi ini sebagai “kopi hutan”. Faktanya kopi hutan ini sudah diproduksi baik untuk umum atau untuk sendiri dengan kuantitas yang terbatas. Sebagian besar masyarakat lokal mengambil kopi ini di hutan untuk konsumsi pribadi saja.

 

Memiliki Potensi Cukup Tinggi

Mengenal Kopi Malinau Beserta Pilihan Oleh-Oleh Khas Kalimantan Utara yang Nikmat! Credit: id.wikipedia.org/

 

Karena kenikmatan dari Kopi Malinau itu sendiri tak heran apabila minuman khas ini memiliki potensi cukup tinggi untuk bisa dikembangkan. Bahkan sudah ada beberapa organisasi atau pemerintah yang ingin sekali utnuk menigkatkan penjualan dari kopi ini.

 

Kalimantan sendiri juga merupakan kawasan yang memiliki banyak sekali penikmat kopi, namun memang belum diakomodir atau belum disentuh. Sehingga tak heran apabila Kopi Malinau ini sendiri jarang sekali sampai ke telinga banyak orang. Padahal kopi ini menjadi kearifan lokal yang patut untuk dilestarikan dan dikembangkan.

 

Namun dibalik itu semua, lo bisa kok menikmati kopi ini dengan mudah ketika berkunjung ke Malinau, Kalimantan Utara. Karena terdapat beberapa kedai kopi yang memang menjual kopi jenis ini dan tentunya sudah sangat mudah untuk lo konsumsi.

 

Percaya atau Tidak, Kopi Malinau Memiliki Manfaat buat Lo

Mengenal Kopi Malinau Beserta Pilihan Oleh-Oleh Khas Kalimantan Utara yang Nikmat! Credit: kopitubruuk.blogspot.com

 

Bukan hanya nikmat, namun Kopi Malinau juga dipercaya memiliki khasiat khusus untuk badan lo. Hal tersebut pun dipercaya oleh masyarakat. Bukan hanya hisapan jempol belaka saja, karena sudah banyak dari masyarakat Malinau sendiri yang sudah merasakan khasiatnya.

 

Kapan lagi sih lo pernah mendengar minuman kopi bisa memberikan sebuah khasiat yang baik untuk tubuh lo selain dari Kopi Malinau ini. Biasanya warga sekitar juga sering mencampur Kopi Malinau dengan Kopi Luwak loh, konon khasiatnya akan lebih terasa ketika mencampurkan kedua jenis kopi ini.

 

Nah, manfaat dari Kopi Malinau dengan varian Kopi Luwak yaitu bisa melindungi gigi, karena terkenal anti lengket. Bahkan hal ini sudah dilakukan penilitian, kalau perpaduan antara kedua kopi tersebut mampu melindungi gigi dari bakteri yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

 

Berarti bisa dikatakan pula kalau Kopi Malinau sendiri merupakan kopi dengan beragam manfaat atau memiliki keuntungan yang bisa lo dapatkan. Memang hingga hari ini lo akan menemukan kesulitan untuk menemukan kopi ini di luar Kalimantan.

 

**

 

Ternyata ketika lo berkunjung ke kawasan Malinau, Kalimantan Utara masih banyak hal lainnya yang bisa lo dapatkan selain kopi loh. Lo bisa membawa beragam pilihan oleh-oleh, tentunya tidak jauh-jauh dari kuliner. Tentunya memiliki rasa nikmat dan lo enggak bakalan menyesal ketika sudah membelinya.

 

Paluon

Mengenal Kopi Malinau Beserta Pilihan Oleh-Oleh Khas Kalimantan Utara yang Nikmat! Credit: wisato.id/

 

Paluon merupakan salah satu oleh-oleh yang patut untuk lo beli ketika sedang berada di Malinau. Ini merupakan makanan yang terbuat dari ubi sagu khas Dayak dengan tekstur yang kenyal. Ubi sagu yang semakin langka ini terkadang membuat masyarakat mengganti bahan dasarnya dengan ubi singkong sebagai alternatif.

 

Tudai

Mengenal Kopi Malinau Beserta Pilihan Oleh-Oleh Khas Kalimantan Utara yang Nikmat! Credit: kaltara.prokal.co

 

Tudai juga salah satu oleh-oleh yang tidak boleh lo lewatkan ketika berkunjung ke Malinau loh. Karena kuliner satu ini memiliki rasa yang unik serta akan membuat lo terpukau atas kenikmatannya. Tudai sendiri merupakan jenis kerang berdaging tebal dengan cangkang berwarna hitam dan jingga.

 

Cara memasak tudai sendiri cukup sederhana, hanya tinggal direbus dan kemudian disajikan dengan sambal. Sehinggga lo tidak akan menemukan kesulitan ketika ingin memasaknya di rumah.

 

Ikan Selauan Goreng

Mengenal Kopi Malinau Beserta Pilihan Oleh-Oleh Khas Kalimantan Utara yang Nikmat! Credit: tokopedia.com

 

Oleh-oleh khas Malinau berikutnya yang patut untuk lo beli ialah Ikan Selaun Goreng. Ikan ini sangat mudah ditemukan di perairan Malinau. Ikan dengan ukuran kecil ini hanya seukuran telunjuk orang dewasa.

 

Biasanya masyarakat lokal menangkap ikan ini menggunakan jala untuk kemudian diolah dengan cara menggorengnya hingga kering. Rasanya yang gurih cocok dijadikan oleh-oleh bagi siapa saja. Apalagi kalau lo menikmatinya dengan nasi panas.

 

[readalso url=20709]

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Kopi Malinau dan beberapa pilihan oleh-olehnya di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan atau acuan lo yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti mengeksplorasi ragam keindahan kuliner di Indonesia!

 

Source: lintaskopi.com

 

 

Featured Image: seasia.co

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #foodventure

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Trending

5 Kelezatan Kuliner Khas Daerah yang Sangat Dinanti Saat Lebaran

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Trending

Kuliner Khas Nusantara yang Wajib Hadir Saat Buka Puasa

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Trending

Ide Bisnis yang Lumayan Menguntungkan di Bulan Ramadan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Trending

Mengenal Slow Tourism, Tren Traveling Viral Selain Virtual Tour dan Staycation

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Trending

Informasi Lengkap Wisata Balon Udara Luar Angkasa, Tertarik Mencobanya?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Trending

Demi Promo Pariwisata Hijau, Mahasiswa Ini Nekat Mendaki 35 Gunung di Indonesia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Trending

Alasan Kenapa Cowok Traveler Cocok Dijadikan Sebagai Pasangan Hidup

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Trending

Heboh Harga Outfit Pendaki Gunung Mencapai Rp 32 Juta, Kalau Lo?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Trending

Kreskros Plasticycle, Brand Fashion Ciamik Hasil Upcycling Sampah Plastik

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Trending

Selama Pandemi, Wisatawan Indonesia Menciptakan Tren Perilaku Baru, Apa Aja?

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /