Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Aneka Kuliner Unik yang Bisa Lo Temukan di Pasar Digital Ngingrong, Yogyakarta

Author :

Article Date : 19/02/2019

Article Category : Trending

Jika berlibur ke Yogyakarta, wisatawan disarankan tak lupa menyempatkan diri ke Pasar Digital Ngingrong. Pasar ini berlokasi di sebelah jalan utama ke arah pantai selatan. Jika berangkat dari pusat kota Wonosari, lo bisa menempuh pasar ini dalam jarak sekitar 8 kilometer.

Banyak orang menjadikan pasar ini sebagai tempat peristirahatan sebelum melanjutkan perjalanan ke beberapa pantai di Kabupaten Gunungkidul. Di Pasar Digital Ngingrong, lo bisa menemukan aneka kuliner tradisional dengan cita rasa unik. Selain itu, pasar ini juga menyajikan suasana klasik sehingga cocok dijadikan sebagai tempat berfoto.

Apa saja makanan ini unik yang bisa dijumpai wisatawan di Pasar Digital Ngingrong? Berikut adalah 5 di antaranya. Sila cek tulisan di bawah ya bro!

1. Thiwul

Aneka Kuliner Unik yang Bisa Lo Temukan di Pasar Digital Ngingrong, Yogyakarta. Photo Credit: piknikdong.com

Masyarakat Gunungkidul awalnya sering menjadikan Thiwul sebagai makanan pengganti nasi. Seiring dengan berjalannya waktu, kuliner ini menjadi lebih sering dihidangkan bersama nasi. Oleh sebab itu, banyak orang menyebut makanan ini dengan sebutan “sego thiwul” yang berarti “nasi thiwul”.

Makanan khas Gunungkidul ini dibuat menggunakan bahan dasar ketela pohon atau singkong. Salah satu alasan mengapa banyak masyarakat lokal mengonsumsi ini adalah kecocokan antara tanaman singkong dengan wilayah Gunungkidul yang terbilang kering.  Di Gunungkidul, tanaman singkong diketahui dapat lebih mudah tumbuh daripada padi, terlebih pada musim kemarau.

Di samping itu, Thiwul juga dianggap sebagai kuliner yang menyehatkan tubuh. Kandungan kalorinya yang begitu rendah dibandingkan beras membuat Thiwul makin disukai masyarakat. Meski berkalori rendah, Thiwul tetap dirasa ampuh mengobati rasa lapar kepada orang yang memakannya.

2. Sayur Brongkos

Aneka Kuliner Unik yang Bisa Lo Temukan di Pasar Digital Ngingrong, Yogyakarta. Photo Credit: kulinerbyafif.wordpress.com

Kuliner menarik lainnya yang bisa lo jumpai di Pasar Digital Ngingrong adalah Sayur Brongkos. Banyak orang menjuluki makanan ini dengan sebutan si kuah cokelat. Panggilan tersebut merujuk pada kuah sayur ini yang memiliki warna cokelat.

Sayur brongkos memiliki cita rasa unik yang bakal memanjakan lidah orang yang menyantapnya. Begitu mencicipi sayur brongkos, lo akan terpikat dengan rasa kuahnya yang begitu gurih serta pedas. Kelezatan makanan ini bakal membuat lo tergoda untuk mencicipinya berkali-kali.

Bahan pembuatan sayur ini adalah kacang tolo, kulit melinjo, irisan dagingm dan tahu. Banyak orang menyajikan sayur brongkos bersama nasi agar mampu mengeyangkan perut. Makanan ini tentu tak boleh dilewatkan bagi lo yang tengah berlibur di Gunungkidul.

3. Ulat Jati Goreng

Aneka Kuliner Unik yang Bisa Lo Temukan di Pasar Digital Ngingrong, Yogyakarta. Photo Credit: jarwadi.me

Ulat jati goreng diketahui telah menjadi makanan tradisional warga Gunungkidul sejak lama. Bagi sejumlah orang, kuliner ini mungkin terlihat ekstrem karena menggunakan bahan dasar berupa ulat. Ulat jati goreng tak boleh lupa dijajal bagi lo yang mengaku sebagai penggemar wisata kuliner esktrem.

Di wilayah Gunungkidul, lo bisa menemukan banyak pohon yang menjadi tempat tinggal para ulat bulu. Banyak populasi ulat bulu di sini  membuat warga setempat tertarik mengolah hewan tersebut menjadi bahan makanan. Meski terlihat menjijikkan, ulat jati goreng dipercaya mengandung protein yang cukup tinggi.

Penduduk lokal umumnya memasak ulat jati berbarengan dengan bumbu garam dan bawang. Saat menyantap makanan ini, lidah lo akan dimanjakan dengan rasanya yang gurih dan renyah. Bisanya, ulat ini mudah ditemukan pada peralihan masa kemarau menuju musim hujan. Apakah lo tertarik mencicipi makanan ini?

4. Gaplek

Makanan khas Gunungkidul ini kabarnya terbuat dari bahan dasar ketela pohon. Sama dengan thiwul, gaplek sering dibuat penduduk setempat karena menggunakan bahan ketela yang mudah tumbuh di lahan kering. Jika berlibur ke Gunungkidul, lo tak boleh melewatkan rasa gurih gaplek yang begitu nikmat.

Ada beberapa tahapan khusus yang perlu dilakukan untuk membuat gaplek. Pertama-tama, lo harus merendam ketela selama dua hari. Hal ini ditujukan ketela mengalami proses fermentasi. Selanjutnya, kukushlah ketela dan campurkan makanan ini dengan parutan kelapa.

Gaplek menawarkan rasa gurih bercampur sedikit asin di lidah. Mencicipi kuliner ini akan membuat lo merasa kenyang selama beberapa waktu. Jangan lupa jajal makanan ini di Pasa Digital Ngingrong ya bro!

5. Es Dawet

Aneka Kuliner Unik yang Bisa Lo Temukan di Pasar Digital Ngingrong, Yogyakarta. Photo Credit: instagram.com/jogjaeatguide

Minuman yang satu ini sangat pas dinikmati wisatawan pada waktu siang hari. Di Pasar Digital Ngingrong, lo bisa dengan mudah menemukan es dawet untuk mengusir rasa haus yang melanda di perjalanan. Pengunjung dapat memilih dua jenis es dawet yang dijual di pasar ini, yakni es dawet biasa dan es dawet jenang atau bubur.

Es dawet biasa memiliki tampilan serupa es dawet pada umumnya. Minuman tipe ini biasanya dihidangkan dengan kuah santan yang sudah diberikan gula merah. Tujuan ditambahkannya dua bahan tersebut tentu saja untuk membuat rasa es dawet terasa makin nikmat.

Berbeda dengan es dawet biasa, es dawet jenang dilengkapi dengan varian tiga jenis bubur. Bubur-bubur tersebut adalah gempol, mutiara, dan tapai. Saat disajikan, masing-masing bubur akan dicampur dengan kuah santan serta manisan gula merah. Unik sekali, bukan? Menikmati aneka minuman es dawet di Pasar Digital Ngingrong tentu bisa kegiatan menarik untuk dilakukan selama liburan.

Demikian 5 kuliner unik yang bisa dijumpai wisatawan di Pasar Digital Ngingrong. Semoga paparan di atas bisa berguna buat lo yang membutuhkan referensi makanan menarik saat berlibur ke Gunungkidul. Selamat mencoba lima sajian di atas ya bro!

Source

Feature Image - piknikdong.com

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #foodventure #gunung-kidul

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Trending

5 Kelezatan Kuliner Khas Daerah yang Sangat Dinanti Saat Lebaran

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Trending

Kuliner Khas Nusantara yang Wajib Hadir Saat Buka Puasa

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Trending

Ide Bisnis yang Lumayan Menguntungkan di Bulan Ramadan

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Trending

Mengenal Slow Tourism, Tren Traveling Viral Selain Virtual Tour dan Staycation

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Trending

Informasi Lengkap Wisata Balon Udara Luar Angkasa, Tertarik Mencobanya?

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Trending

Demi Promo Pariwisata Hijau, Mahasiswa Ini Nekat Mendaki 35 Gunung di Indonesia

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Trending

Alasan Kenapa Cowok Traveler Cocok Dijadikan Sebagai Pasangan Hidup

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Trending

Heboh Harga Outfit Pendaki Gunung Mencapai Rp 32 Juta, Kalau Lo?

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Trending

Kreskros Plasticycle, Brand Fashion Ciamik Hasil Upcycling Sampah Plastik

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Trending

Selama Pandemi, Wisatawan Indonesia Menciptakan Tren Perilaku Baru, Apa Aja?

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /