Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

5 Fakta Menarik Tugu Khatulistiwa, Bangunan Cantik Ikonik dari Kota Pontianak

Author :

Article Date : 04/02/2020

Article Category : Trending

Salah satu tempat wisata yang patut didatangi pelancong di Pontianak adalah Tugu Khatulistiwa atau Equator Monument. Bangunan yang menjadi ikon Pontianak ini menjanjikan pengalaman libur seru. Jika berangkat dari Pontianak, lo bisa menyambangi monumen ini dalam jarak sekitar 3 kilometer.

 

Apa saja fakta menarik seputar Tugu Khatulistiwa yang perlu diketahui pelancong? Mengapa tugu ini dianggap istimewa bagi banyak orang? Berikut adalah 5 hal menarik seputar Tugu Khatulistiwa. Silakan dibaca dan dicek ya bro!  

 

1. Bangunan yang Menjadi Saksi Peristiwa Alam Langka

5 Fakta Menarik Tugu Khatulistiwa, Bangunan Cantik Ikonik dari Kota Pontianak. Photo Credit: flickr.com/ Fransiscus Borgias 

Pernahkah lo mendengar fenomena alam kulminasi matahari? Peristiwa unik dan langka ini kabarnya hanya terjadi di 14 negara saja. Negara-negara yang mengalami fenomena ini adalah Ekuador, Republik Kongo, Uganda, Brasil, Nauru, Kiribati, Indonesia, Maladewa, Republik Demokratik Kongo, Gabon, Somalia, Kenya, Sao Tome dan Principe.

 

Meski jumlah negara yang menjadi saksi peristiwa kulminasi matahari terbilang banyak, hanya ada satu kota yang benar-benar dilewati garis khatulistiwa. Kota tersebut tak lain adalah Pontianak yang menjadi ibukota Kalimantan Barat di Indonesia. Keren sekali, bukan?

 

Tak heran Pontianak dijuluki sebagai kota Khatulistiwa di Indonesia. Pembangunan Tugu Khatulistiwa tentu saja juga terilhami dari fakta bahwa Pontianak dilalui garis khatulistiwa. Jangan lupa luangkan waktu lo untuk melihat tugu ini secara langsung ya bro!

 

2. Posisinya Tidak Benar-benar Berlokasi di Titik Nol

5 Fakta Menarik Tugu Khatulistiwa, Bangunan Cantik Ikonik dari Kota Pontianak. Photo Credit: news.pontianakite.com 

Tidak seperti yang dipikirkan sejumlah orang, Tugu Khatulistiwa sebenarnya tidak berdiri di titik nol. Hal ini mengacu pada penelitian yang dilakukan Tim Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) pada bulan Maret 2005 silam. Mengapa bisa terjadi demikian?

 

Menurut pengakuan pihak BPPT, titik nol derajat mengalami pergeseran dari posisi awal. Lokasi titik nol terkini kabarnya berjarak 117 meter dari arah Tugu Khatulistiwa menuju Sungai Kapuas. Jadi, wisatawan hendaknya ingat bahwa tugu ini tidak benar-benar berada di wilayah titik nol derajat.     

 

3. Penyempurnaan Tugu Selesai pada Tahun 1930

5 Fakta Menarik Tugu Khatulistiwa, Bangunan Cantik Ikonik dari Kota Pontianak. Photo Credit: tribunnews.com 

Rakyat Belanda pernah melakukan ekspedisi internasional dengan menjadikan Pontianak sebagai destinasi tujuan. Mereka dketahui berhasil sampai di ibukota Kalimantan Barat ini pada tahun 1928. Misi dari ekspedisi ini kabarnya adalah untuk mengukuhkan titik khatulistiwa di Pontianak.  

 

Proses penyempurnaan bangunan Tugu Khatulistiwa kabarnya selesai pada tahun 1930. Kala itu, bangunan ini sudah diberi tambahan lingkaran yang terletak di bagian atas. Lo tentu bisa melihatnya ketika tiba di area Tugu Khatulistiwa.

 

Tugu Khatulistiwa sangatlah cocok dikunjungi traveler penikmat sejarah dan fotografi. Saat datang ke sini, lo bisa menghapus penat sembari mengamati nilai sejarah bangunan ini secara puas. Pelancong juga bisa menghabiskan waktu dengan menjepret foto di sekitar area tugu. Asyik sekali, bukan?

 

4. Makna Simbol Anak Panah di Area Tugu

5 Fakta Menarik Tugu Khatulistiwa, Bangunan Cantik Ikonik dari Kota Pontianak. Photo Credit: Instagram/hajid_arif

Bangunan tua ini juga memiliki keterangan simbol unik. Bila mendekat ke tugu, wisatawan bakal melihat anak panah menggambarkan arah utara-selatan (lintang 0’ derajat). Simbol berwujud flat lingkaran ini juga disertai tulisan berbahasa Belanda “evenaar” yang bermakna khatulistiwa.

 

Kehadiran simbol ini juga menampilkan belahan garis khatulistiwa atau batas utara dan selatan. Sementara itu, di bagian bawah arah panah, lo bisa mengamati tulisan 109 derahat 20’0”OlvGR. Bacaan tersebut mengandung makna bahwa garis khatulistiwa di kota Pontianak sesuai dengan 109 derajat bujur timur 20 menit 00 detik GMT (Greenwich Mean Time).

 

5. Menjadi Lokasi Langganan Acara Tahunan yang Menarik

5 Fakta Menarik Tugu Khatulistiwa, Bangunan Cantik Ikonik dari Kota Pontianak. Photo Credit: notreallytravelling.com 

Tugu Khatulistiwa juga menjadi lokasi pelaksanaan acara tahunan yang unik dan menarik. Oleh sebab itu, wisatawan tak boleh melewatkannya karena momen perayaannya hanya berlangsung satu tahun sekali. Nama acara tersebut adalah perayaan peristiwa kulminasi matahari.

 

Jadi, event ini berlangsung ketika matahari berlokasi tepat di titik equator. Fenomena unik diketahui bakal membuat benda-benda di sekitar lo kehilangan bayangan. Dampak lain yang dihasilkan peristiwa alam ini adalah munculnya gaya gravitasi kuat. Telur ayam seringkali berdiri tegak ketika fenonema alam ini berlangsung.

 

Maka dari itu, momen perayaan fenomena kulminasi matahari sangat sayang untuk dilewatkan traveler yang tengah berwisata di Pontianak. Lo berkesempatan menyaksikan aneka hal unik yang mungkin tak pernah dilihat sebelumnya. Dengan begitu, penat lo bakal hilang dalam sekejap ketika menyambangi tempat wisata ini.

 

Demikian 5 fakta menarik seputar Equator Monument atau Tugu Khatulistiwa yang berada di Pontianak, Indonesia. Semoga informasi di atas membuat lo tertarik untuk mendatangi tempat ini secepatnya. Keunikan tugu ini tentu patut disaksikan wisatawan secara langsung. Jangan lupa mendatanginya ya bro!

 

Source: kumparan.com

Feature Image - news.pontianakite.com 

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #solo-traveling

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Trending

5 Kelezatan Kuliner Khas Daerah yang Sangat Dinanti Saat Lebaran

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Trending

Kuliner Khas Nusantara yang Wajib Hadir Saat Buka Puasa

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Trending

Ide Bisnis yang Lumayan Menguntungkan di Bulan Ramadan

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Trending

Mengenal Slow Tourism, Tren Traveling Viral Selain Virtual Tour dan Staycation

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Trending

Informasi Lengkap Wisata Balon Udara Luar Angkasa, Tertarik Mencobanya?

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Trending

Demi Promo Pariwisata Hijau, Mahasiswa Ini Nekat Mendaki 35 Gunung di Indonesia

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Trending

Alasan Kenapa Cowok Traveler Cocok Dijadikan Sebagai Pasangan Hidup

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Trending

Heboh Harga Outfit Pendaki Gunung Mencapai Rp 32 Juta, Kalau Lo?

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Trending

Kreskros Plasticycle, Brand Fashion Ciamik Hasil Upcycling Sampah Plastik

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Trending

Selama Pandemi, Wisatawan Indonesia Menciptakan Tren Perilaku Baru, Apa Aja?

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /