Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

4 Pasar Tradisional di Yogyakarta yang Indah serta Berumur Uzur!

Author :

Article Date : 31/08/2019

Article Category : Trending

Yogyakarta merupakan wilayah yang memiliki banyak sekali keunikan, mulai dari kebudayaan hingga sejarahnya pun selalu menarik perhatian. Sebagai Daerah Istimewa tentunya kawasan ini sering sekali didatangi oleh para wisatawan, namun apakah lo sudah tahu kalau di sana juga terdapat beberapa pilihan pasar tradisional yang tak kalah menariknya?

 

Yaap, sebagai kawasan yang terkenal dengan nuansa adat Jawa kental ini juga menjadi kota perdagangan dari zaman dahulu. Sehingga transaksi dan jual beli melaui pasar sudah dilakukan dari dulu. Tak heran apabila lo masih bisa melihat beberapa pasar tradsional yang sudah berumur uzur.

 

[readalso url=20396]

 

Namun memang hari ini Yogyakarta memang sedikit banyak bertransformasi ke arah modernisasi segala faktor hingga bermunculan beberapa pasar modern dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan. Walaupun begitu, eksistensi dari pasar tradisionalnya pun tak luput loh.

 

Pasar tradisional di Yogyakarta bukan hanya tidak luput namun masih beroperasi hingga hari ini. Nah, daripada lo semakin penasaran mengenai beberapa pilihan pasar tradisional di sana, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Sehingga lo bisa mendapatkan tujuan wisata lainnya ketika berada di sana.

 

Pasar Tradisional di Yogyakarta – Pasar Demangan

4 Pasar Tradisional di Yogyakarta yang Indah serta Berumur Uzur! Credit: /jogja.tribunnews.com

 

Untuk pilihan pertama mengenai pasar tradisional di Yogyakarta tentunya lo harus datang ke Pasar Demangan yang terletak di Jalan Gejayan, Yogyakarta. Tepatnya berada di ujung selatan Jalan Gejayan. Pasar tradisional satu ini menjual aneka sayur mayur, buah, sembako, aneka ikan, daging, jajanan pasar dan sebagainya.

 

Biasanya pasar tradisional ini mulai beroperasi mulai pukul 05.00 sampai pukul 17.00. Sehingga kalau lo mau mengunjungi pasar ini jangan sampai kelewatan jam operasionalnya yaa. Sangat disarankan juga untuk datang pada pagi hari karena lo benar-benar bisa melihat aktivitas pasar secara lengkap.

 

Pasar ini telah mengalami beberapa kali renovasi, diantaranya untuk menambahkan fasilitas seperti toilet, kantor dan penampungan sampah sementara. Selain menjual sayur-sayuran, lo juga membeli aneka macam barang elektronik di sana.

 

Pasar Tradisional di Yogyakarta – Pasar Sentul

4 Pasar Tradisional di Yogyakarta yang Indah serta Berumur Uzur! Credit: kuliner.panduanwisata.id

 

Ingin melihat beragam aktivitas bagaimana masyarakat lokal serta pada pedagang pasar, tentu ini merupakan kawasan yang tepat untuk lo kunjungi. Pasar Sentul sendiri terletak di Jalan Sultan Agung no 52, Yogyakarta.

 

Pasar yang diresmikan pada tanggal 22 Februari 1986 ini lokasinya dekat dengan titik nol kilometer Yogyakarta, tepatnya di sebelah timur titik nol kilometer. Biasanya pasar ini mulai beroperasi saat subuh menjelang tepatnya pukul 05.00 hingga pukul 14.00.

 

Banyaknya aneka jajanan pasar, sembako, buah-buahan, rempah dan bumbu dapur, ikan, daging serta pakaian. Tak heran apabila lo bisa melihat banyak dari masyarakat sekitar yang datang ke pasar ini untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

 

Sangat disarankan kalau lo mau datang ke pasar ini, tentunya pada saat pagi hari yaa, sebab lo benar-benar bisa melihat bagaimana aktivitas pasar serta kalau lo memiliki hobi fotografi lo akan banyak menemukan beberapa momen indah di sana. Sehingga jangan lupa untuk membawa kamera lo yaa.

 

Pasar Tradisional di Yogyakarta – Pasar Prawirotaman

4 Pasar Tradisional di Yogyakarta yang Indah serta Berumur Uzur! Credit: travelingyuk.com

 

Prawirotaman sendiri memang merupakan kawasan wisata di Yogyakarta, tak heran apabila lo bisa menemukan banyak wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri di sana. Bukan hanya itu saja, di sana terdapat pasar tradisional yang menarik loh.

 

Lokasi dari Pasar Prawirotaman sendiri terletak di Jalan Parangtritis No. 103 Yogyakarta, memang lokasi pasar ini sangat dengan dengan kampung turis. Berbagai dagangan bisa lo temukan di sana, mulai dari makanan tradisional, sayuran, daging, rempah, pakaian dan sebagainya.

 

Nah, untuk bisa berbelanja ataupun hanya ingin datang ke sana, sangat disarankan pada saat pagi hari. Karena memang jam operasional dari pasar ini hanya dari pukul 05.00 hingga 12.00. Selain itu pasar ini juga memiliki infrastruktur yang unik sehingga jangan lupa untuk mengabadikan momen lo ketika berada di sana yaa.

 

Pasar Tradisional di Yogyakarta – Pasar Beringharjo

4 Pasar Tradisional di Yogyakarta yang Indah serta Berumur Uzur! Credit: /id.wikipedia.org

 

Bisa dikatakan ini merupakan salah satu pasar tradisional di Yogyakarta yang sangat uzur loh. Bahkan ketika zaman penjajahan Belanda, pasar ini pernah dinobatkan sebagai pasar terindah di Pulau Jawa. Tak heran apabila banyak dari wisatawan yang ingin melihat secara langsung keindahannya.

 

Pasar tertua dan terbesar di Yogykarta ini hampir menyediakan apapun keinginan dari pengunjung. Tak heran pula apabila buat lo yang datang ke Yogyakarta untuk datang ke Pasar Beringharjo. Selain menjadi sebuah pasar, ternyata juga memiliki keterkaitan sejarah dengan Kraton Yogyakarta dan budaya Jawa loh.

 

Tak heran apabila pasar ini mejadi salah satu ikon wisata Yogyakarta seperti halnya Malioboro. Pasar ini pun terletak persis di ujung selatan sisi timur Jalan Malioboro- Jalan A. Yani. Kalau lo menyusuri Jalan Malioboro ke arah selatan, maka letak dari Pasar Beringharjo ini berada di sisi sebelah kiri. Ooo iyaa, untuk jam operasional sendiri buka dari pukul 05.00 hingga 17.00.

 

Yaap sebagai salah satu pasar tertua akan sangat disayangkan apabila lo tidak menyempatkan waktu untuk mengabadikan momen, sebab lo bisa mendapatakan sebuah momen dimana para masyarakat Yogyakarta melakukan aktivitas perdagangan di pasar paling tua.

 

Macam-macam pernak pernik Yogyakarta di sana, mulai dari pakaian, oleh-oleh, barang antik, jajanan tradisional, sembako dan lain-lain. Sehingga ketika lo berkunjung ke kota ini, jangan lupa untuk berkunjung ke pasar ini yaa.

 

**

 

[readalso url=20394]

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar pasar tradisional dengan umur uzur dan indah di Yogyakarta? Semoga bisa menjadi salah satu panduan serta acuan lo yaa. Yang terpenting ialah untuk selalu menjaga kebersihan serta kelestariannya yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti mengeksplorasi keberagaman budaya di Indonesia!

 

Source: wow.tribunnews.com/

 

 

Featured Image: .mnctrijaya.com

 

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #solo-traveling

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Trending

5 Kelezatan Kuliner Khas Daerah yang Sangat Dinanti Saat Lebaran

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Trending

Kuliner Khas Nusantara yang Wajib Hadir Saat Buka Puasa

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Trending

Ide Bisnis yang Lumayan Menguntungkan di Bulan Ramadan

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Trending

Mengenal Slow Tourism, Tren Traveling Viral Selain Virtual Tour dan Staycation

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Trending

Informasi Lengkap Wisata Balon Udara Luar Angkasa, Tertarik Mencobanya?

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Trending

Demi Promo Pariwisata Hijau, Mahasiswa Ini Nekat Mendaki 35 Gunung di Indonesia

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Trending

Alasan Kenapa Cowok Traveler Cocok Dijadikan Sebagai Pasangan Hidup

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Trending

Heboh Harga Outfit Pendaki Gunung Mencapai Rp 32 Juta, Kalau Lo?

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Trending

Kreskros Plasticycle, Brand Fashion Ciamik Hasil Upcycling Sampah Plastik

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Trending

Selama Pandemi, Wisatawan Indonesia Menciptakan Tren Perilaku Baru, Apa Aja?

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /