Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

6 Fakta Mengenai Ular Cabe, Kecil Namun Mematikan!

Author :

Article Date : 25/05/2018

Article Category : Wilderness

Apakah lo sudah pernah mendengar mengenai Ular Cabe? Konon katanya ular ini termasuk ular yang sangat berbahaya. Bahkan bisa membunuh sesama ular yang memang berbisa. Jadi kalau lo melihat ular dari jarak dekat harap untuk menjauh yaa bro, karena pastinya lo enggak mau hal buruk terjadi kepada lo.

Ular Cabe yang memiliki nama latin Calliophis Intestinalis. Lalu untuk penyebaran dari ular ini terdapat di Asia Tenggara. Jadi Indonesia termasuk dalam teritori dari ular berbisa ini. Atau biasanya dalam bahasa Melayu, ular ini biasa disebut ular tali kasut. Yang memiliki arti ular tali sepatu karena dari bentuknya yang menyerupai tali sepatu.

[readalso url=5039]

Jangan mudah tertipu dengan penampilan dari ular ini bro. Dibalik dari keindahannya ular ini benar-benar mematikan. Agar lo lebih tahu mengenai ular ini, di dalam artikel ini akan mengulas beberapa hal penting untuk lo ketahui. Daripada nanti lo tergigit oleh ular ini karena belum tahu ciri-cirinya seperti apa, lebih baik simak informasi yang ada di bawah ini.

Asal-Usul Nama Ular Cabe

Asal-Usul Nama Ular Cabe

Penampakan Dari Ular Cabe. Credit: fakta.co.id

Di Indonesia sendiri, ular jenis ini sering sekali disebut juga Ular Cabai Merah. Mungkin agak sedikit aneh apabila baru pertama kali mendengarnya. Karena memang bila lo lihat dari bentuk serta warnanya, secara sekilas ular ini hampir menyerupai cabai merah.

Bila diperhatikan kembali, ular ini memiliki kepala dan ekor yang berwarna merah. Apalagi bilamana ekor dari ular ini dilengkungkan, benar-benar akan terlihat seperti seperti cabe merah. Namun di tengah tubuh ular ini berwarna hitam bergaris biru.

Membunuh Sesama Ular

Membunuh Sesama Ular

Ular Cabe Yang Berbahaya. Credit: ularindonesian.blogspot.co.id

Terdengar sangat menyeramkan bukan? Tapi ini merupakan fakta yang harus lo ketahui bro. Ular cabe ini juga terkenal sebagai ular yang suka membunuh ular berbisa lainnya. Bahkan, untuk ular yang berukuran lebih besar dari ular ini pun bisa terbunuh oleh ular.

Padahal ular cabe ini memiliki tubuh yang relative kecil. Untuk itu patut untuk diperhatikan gerak-gerik dari ular ini. Apalagi bilamana lo sedang berada di luar rumah atau sedang berjalan-jalan di alam bebas. Selalu berhati-hati bro.

Sangat Berbisa

Sangat Berbisa

Ular Cabe, Kecil Namun Berbahaya. Credit: ularindonesian.blogspot.co.id

Salah satu fakta dari ular ini yang membuat ular ini sangat berbahaya ialah karena ular ini memiliki kelenjar bisa yang lebih besar ketimbang ular-ular pada umumnya. Lalu bisa dilihat pula dari kandungan racun yang terdapat di dalam ular ini.

Racun atau bisa yang terdapat di dalam kelenjar ular ini ialah Calliotoxin. Nah, Calliotoxin inilah yang menjadi salah satu alasan gigitan ular cabe sangat berbahaya.

Memiliki Tubuh Kecil

Memiliki Tubuh Kecil

Ukuran Ular Cabe Yang Paling Kecil. Credit: kaskus.co.id

Walaupun sangat berbisa, ternyata ular ini memilki ukuran tubuh yang relatif kecil. Bayangkan saja bro, untuk ular yang sangat berbisa ini hanya memiliki tubuh sepanjang 58 cm hingga 71 cm. Dapat dibayangkan ukuran ular ini memang sangat kecil, namun menyimpan potensi yang dapat membahayakan nyawa lo.

Membunuh Manusia

Membunuh Manusia

Sosok Ular Cabe Yang Mampu Membunuh Manusia. Credit: aps18.com

Berbicara mengenai nyawa lo, tentunya ular yang memiliki ukuran mungil ini dapat membunuh lo secara diam-diam. Prosesnya pun sangat mengerikan. Awalnya lo akan kejang-kejang sangat berat hingga menuju kepada hari kematian lo.

Karena Calliotoxin yang ada di dalam bisa ular ini menganggu kanal sodium. Kanal sodium ini sendiri merupakan jalur untuk mengatur aktif atau tidaknya saraf kita. Kanal sodium ini sendiri juga merupakan partikel di dalam tubuh kita yang mempengaruhi munculnya rasa sakit yang kita alami.

Oleh sebab itu, pada saat lo tergigit oleh ular ini, saraf lo langsung terserang dengan bisa yang dimiliki ular ini. Jangan sampai tergigit yaa bro!

Obat Penghilang Rasa Sakit

Obat Penghilang Rasa Sakit

Penampakan Ular Cabe. Credit: sains.kompas.com

Mungkin agak sedikit aneh apabila racun atau bisa di dalam tubuh ular ini bisa digunakan sebagai obat penghilang rasa sakit. Namun hal itu merupakan hal yang benar bro. Karena Calliotoxin tersebut dapat menjad bahan baku untuk dijadikan obat penghilang rasa sakit.

Tentunya Calliotoxin tersebut perlu untuk dicampur kembali dengan beberapa bahan-bahan lainnya. Itu dikarenakan Calliotoxin sendiri bisa juga menghambar kanal sodium sehingga bisa mengatasi rasa sakit.

Kebiasaan Ular Cabe

Kebiasaan Ular Cabe

Penampakan Ular Cabe Yang Berbisa. Credit: intisari.grid.id

Ular Cabe ini terutama hidup di hutan primer dan sekunder, namun tidak menutup kemungkinan ular ini ada di kebun-kebun atau perkarangan. Lalu ular ini aktif pada malam hari, dan hidup diatas tanah dan dibawah tanah.

Lalu ular ini bersifat pemalu, dan suka ini sering bersembunyi di lubang-lubang tanah, di bawah kayu, tumpukan batu atau serasah. Ular cabe terutama memangsa ular-ular kecil yang hidup di dalam tanah.

Pada saat siang hari, ular ini tidak kelihatan agresif dan keleihatan jinak, uniknya lagi ular ini tidak akan lari apabila diganggu. Ciri-ciri apabila ular ini merasa terganggu ialah dengan memipihkan tubuhnya dan menjungkitkan ekornya sehingga bagian yang berwarna merah terlihat jelas. Atau bisa juga ular ini memutar balikan badanya, hingga perutnya yang belang tersebut menghadap ke atas.

Kalau lo sudah melihat ular cabe ini dalam kondisi seperti itu, maka lebih baik lo menjauhkan diri lo dari ular tersebut. Karena lo tidak akan tahu kapan ular ini akan menyerang lo. Bisa saja secara tiba-tiba langsung mematuk lo. Dan selalu diingat kalau ular ini memiliki bisa yang sangat berbahaya dan mematikan.

[readalso url=4640]

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Ular Cabe ini? Semoga bisa menjadi panduan lo agar dapat terhindar dari keganasan dari ular ini. Teruslah untuk berhati-hati apabila sedang berjalan-jalan di alam  bebas bro. Waspada selalu yaa bro.

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Wilderness

5 Gunung Terbesar di Pulau Jawa yang Mencengangkan, Penuh Misteri!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Misteri Gunung Semeru Paling Terkenal dan Tidak Terpecahkan Hingga Sekarang

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Keindahan Gunung Kawi yang Akrab dengan Pesona Mistis

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Arjuno, Gunung di Tiga Wilayah yang Punya Cerita Menarik

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Fakta-Fakta Menarik Gunung Arjuno, Pendaki Wajib Tahu!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Serba-serbi Pendakian Gunung Latimojong

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Cara Agar Tidak Tersesat di Blank 75 Gunung Semeru

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

3 Fakta Puncak Carstensz Pyramid yang Terletak di Pegunungan Jayawijaya

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Jalur Pendakian Gunung Tambora Paling Populer

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Dianggap Mati, Gunung Berapi di Indonesia Ini Mulai Kembali Aktif

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /