Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

5 Fakta Menarik Gunung Sumbing yang Mesti Diketahui Oleh Para Pendaki!

Author :

Article Date : 27/12/2018

Article Category : Wilderness

Kalau Gunung Merbabu mempunyai fakta menarik soal bunga Edelweiss-nya, atau Gunung Lawu yang mempunyai dua jalur pendakian favorit, Gunung Sumbing juga punya deretan fakta menarik nih.

Masih ada nih pendaki yang tergolong nekat untuk langsung saja mendaki ke sebuah gunung. Tidak apa-apa sih, namun – lebih oke lagi kalau lo tahu dulu nih kurang lebih bagaimana kondisi target spot petualangan yang akan lo datangi.

[readalso url=19287]

Seperti beberapa deret fakta menarik yang ada di Gunung Sumbing ini yang mesti lo ketahui. Setidaknya, ada lima fakta mengenai pendakian di Gunung Sumbing di bahasan kali ini.

Gunung Sumbing dari dulu hingga sekarang, salah satu hal yang membuatnya menjadi pendakian populer adalah cerita misteri yang cukup magis dan mempunyai beberapa bukti nyata. Pembuktian itulah yang menjadi dasar mengapa banyak petualang yang ingin datang ke sana.

Buat lo yang semakin penasaran bagaimana deretan fakta-fakta menarik di Gunung Sumbing, sila lanjutkan bahasan kali ini ya!

Gunung Sumbing di Dalam Tiga Kabupaten Sekaligus

5 Fakta Menarik Gunung Sumbing yang Mesti Diketahui Oleh Para Pendaki! credit photo: travelosta.wordpress.com

Gunung Sumbing sendiri memiliki ketinggian 3.371 mdpl yang menjadikan gunung ini menduduki peringkat kedua di Jawa Tengah sebagai gunung tertinggi setelah Gunung Slamet. Namun, jika masuk rangking se-Pulau Jawa, Gunung Sumbing berada di posisi ketiga setelah Gunung Slamet dan Gunung Semeru.

Terlepas dari soal ketinggiannya, Gunung Sumbing secara administratif memiliki tiga wilayah sekaligus di areanya. Area kabupaten tersebut diantaranya adalah Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Wonosobo.

Dengan adanya tiga area kabupaten sekaligus di Gunung Sumbing, tentu sebenarnya ada beberapa jalur pendakian yang belum terekspos. Namun, ada satu jalur pendakian yang cukup populer di kalangan petualang yang bisa lo ketahui lebih lanjut di fakta kedua ini nanti.

Jalur Pendakian Favorit: Garung Reco di Wonosobo

5 Fakta Menarik Gunung Sumbing yang Mesti Diketahui Oleh Para Pendaki! credit photo: mutamam.web.id

Seperti yang sudah dijelaskan di atas sebelumnya kalau area Gunung Sumbing sampai mencakup tiga kabupaten sekaligus, termasuk Kabupaten Wonosobo.

Oleh karena itu, kebetulan di Kabupaten Wonosobo sendiri, ternyata ada satu jalur pendakian Gunung Sumbing yang sudah cukup terkenal di kalangan para petualang. Jalur pendakian itu adalah jalur Garung Reco di Wonosobo.

Terbilang cukup mudah ditemukan karena lokasinya yang berada di samping jalan. Buat lo yang adarang dari Semarang, lo bisa ambil jalur Sumowono-Temanggung-Wonosobo. Setelah perbatasan Temanggung dan Wonosobo, ada jalur ke arah kiri dengan papan petunjuk ‘basecamp Garung Gunung Sumbing’.

Jalur ini terkenal karena hal-hal yang bisa ditemukan oleh para petualang sepanjang pendakiannya. Mulai dari segala keindahan alam yang ditawarkan di sana, sampai beberapa hal mistis dan penuh magis yang bisa jadi, bisa lo temukan lewat jalur pendakian ini.

Meskipun terhitung sebagai jalur pendakian yang cukup rumit dan sulit, namun seperti waktu sekarang ini menjelang tahun baru, jalur pendakian ini akan ramai oleh para petualang. Oleh karena itu, buat lo yang ingin mendapatkan suasana semangat pergantian tahun baru yang berbeda, bisa lho mendaki Gunung Sumbing via jalur Garung Reco di Wonosobo ini.

Lima Jalur Resmi di Gunung Sumbing

5 Fakta Menarik Gunung Sumbing yang Mesti Diketahui Oleh Para Pendaki! credit photo: walterpinem.me

Bisa jadi, karena area yang cukup luas, jalur pendakian yang ada di Gunung Sumbing bisa jadi bertambah atau berkurang. Namun, sekarang ini – setidaknya ada lima jalur resmi pendakian Gunung Sumbing. Selain Garung Reco di Wonosobo yang sudah terkenal, ada empat lainnya yang mesti lo ketahui nih.

Empat jalur pendakian lainnya adalah Cepit Parakan, Mangli Kaliangkrik, Bawongso, dan Sipetung yang ada di Kabupaten Temanggung. Lima jalur pendakian tersebut bisa lo lalui dari masing-masing basecamp-nya nih.

Pasar Setan di Gunung Sumbing

5 Fakta Menarik Gunung Sumbing yang Mesti Diketahui Oleh Para Pendaki! credit photo: indonesiapunyasegalanya.blogspot.com

Kalau Gunung Merapi terkenal dengan Pasar Bubrah yang diketahui sebagai pasar gaib yang penghuninya tentu tidak kasat mata. Nah, di Gunung Sumbing juga ada fenomena ‘pasar setan’ yang kerap ditemui oleh para pendaki dan petualang.

Mengenai hal ini, memang belum sepenuhnya bisa dibuktikan dengan presisi, namun sebagian petualang yang sudah membuktikannya. Oleh karena itu, Gunung Sumbing memang benar adanya terkenal karena hal-hal gaibnya.

Pasar Setan yang ada di Gunung Sumbing bisa ditandai oleh para petualang dan pendaki yang mulai mendengar suara ramai gemuruh seperti adanya transaksi jual beli seperti di pasar pada umumnya. Namun, ketika sumber suara tersebut didatangi, tidak ada satupun tanda-tanda seperti suara yang terdengar sebelumnya.

Pasar Setan sendiri di Gunung Sumbing ini berada di Pasar Watu. Konon katanya, Pasar Setan ini berada di jalur yang terjal dan berpasir setelah melewati Pos 3 di pendakian tersebut.

Penampakan Lainnya di Jalur Pendakian Gunung Sumbing

5 Fakta Menarik Gunung Sumbing yang Mesti Diketahui Oleh Para Pendaki! credit photo: parapencaripuncak.com

Tidak hanya Pasar Setan yang ada di jalur pendakian Gunung Sumbing, namun beberapa pendakian ke Gunung Sumbing juga sering terjadi penampakan, lho. Penampakan yang sering terlihat oleh para petualang dan pendaki adalah raksasa hitam penunggu pintu masuk dan hantu pertapa.

Namun, sekali lagi – hal-hal yang tidak bisa terlihat mata telanjang dengan presisi ini memang tidak mungkin bisa diperhitungkan dengan detil. Oleh karena itu, tetap jaga attitude saat mendaki gunung manapun, termasuk Gunung Sumbing.

[readalso url=19223]

Wah bagaimana nih bro? Semakin penasaran dengan pendakian Gunung Sumbing dan deretan fakta di atas? Siapkan waktu luang untuk datang ke Gunung Sumbing, bro!

 

Source

Feature Image - wisata.temanggungkab.go.id

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #Climbing #Extreme #Hiking #jungle-trekking #solo-backpacker #solo-traveling

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Wilderness

5 Gunung Terbesar di Pulau Jawa yang Mencengangkan, Penuh Misteri!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Misteri Gunung Semeru Paling Terkenal dan Tidak Terpecahkan Hingga Sekarang

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Keindahan Gunung Kawi yang Akrab dengan Pesona Mistis

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Arjuno, Gunung di Tiga Wilayah yang Punya Cerita Menarik

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Fakta-Fakta Menarik Gunung Arjuno, Pendaki Wajib Tahu!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Serba-serbi Pendakian Gunung Latimojong

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Cara Agar Tidak Tersesat di Blank 75 Gunung Semeru

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

3 Fakta Puncak Carstensz Pyramid yang Terletak di Pegunungan Jayawijaya

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Jalur Pendakian Gunung Tambora Paling Populer

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Dianggap Mati, Gunung Berapi di Indonesia Ini Mulai Kembali Aktif

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /