Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

thumbnail

Author : Admin Soccer

Article Date : 07/09/2023

Article Category : News

Siapa sih yang tidak suka dengan sepak bola? Tak diragukan lagi, olahraga ini menjadi salah satu cabang yang paling digemari di dunia. Bahkan bisa dibilang cukup populer di Indonesia, ya. Apakah kamu salah satu yang gemar bermain sepak bola? Atau sedang ingin menekuni sepak bola?

 

Perlu kamu ketahui, bermain sepak bola tidak hanya sekedar ‘nendang-nendang’ bola saja, loh! Tapi ada teknik dasarnya. Nah, dengan mempelajari teknik dasar sepak bola ini, kamu akan lebih mudah untuk menguasai permainan. Lalu, ada apa saja sih teknik dasar sepak bola itu? Yuk, simak penjelasannya di artikel ini!

 

Ada 12 teknik dasar sepak bola yang bisa kamu ketahui, di antaranya:

1.Tackling

 

Teknik yang satu ini, umum digunakan dalam sepak bola (dan beberapa olahraga lainnya, seperti Rugby atau American Football). Tackling adalah teknik yang digunakan untuk menghalangi lawan agar tidak memasuki area pertahanan tim. Ada 3 jenis tackling yang biasa digunakan oleh pemain sepak bola, yaitu:

  • Block Tackle

Block tackle adalah teknik yang dilakukan untuk menghadang serangan lawan dari arah depan atau berhadapan. Tujuannya bukan untuk merebut bola, melainkan untuk mencegah lawan menendang bola ke arah gawang. Block tackle dilakukan menggunakan kaki atau telapak kaki, saat lawan telah berada di dekat jangkauan. Saat melakukan teknik ini, disarankan untuk mencari posisi yang memungkinkan perubahan arah secara cepat agar lawan tidak cedera. 

  • Poke Tackle

Poke tackle dilakukan untuk menghalangi serangan lawan dari samping atau belakang. Teknik ini dilakukan dengan mendorong kaki ke arah bola. Teknik ini memerlukan keseimbangan. Jadi, pastikan kamu mengkoordinasikan gerakan tubuh dengan baik, supaya tidak jatuh dan cedera. 

  • Slide Tackle  

Terakhir, slide tackle adalah jenis tackling dengan gerakan merosot (sliding). Pemain yang melakukan sliding tackle biasanya berlari menuju lawan dengan cepat, kemudian meluncurkan tubuhnya dengan satu atau kedua kaki ke depan untuk merebut bola. Teknik ini hanya dilakukan ketika sudah tidak ada lagi cara untuk menghalangi lawan. Namun, slide tackle cukup beresiko karena jika tidak dilakukan secara presisi, akan menyebabkan cedera atau pelanggaran.

2. Dribbling

 

Dribbling adalah teknik menggiring bola. Teknik ini wajib dikuasai oleh pemain bola, sebelum menguasai teknik lainnya. Dribbling dilakukan dengan cara membawa bola dengan kaki kamu, sambil mengatur kecepatan dan arah laju bola. Sama seperti tackling, ada beberapa macam teknik dribbling, yaitu:

  • Speed Dribbling

Speed dribbling dilakukan dengan cara menendang bola ke depan, lalu mengejar dengan cepat bola tersebut. Tujuannya untuk melepaskan diri dari penjagaan lawan dan mengalahkan pemain lawan dengan kecepatan. Karena speed dribbling harus dilakukan secara cepat, kamu harus punya fokus yang tinggi dalam melakukannya.

  • Close Dribbling

Sementara itu, close dribbling adalah teknik menggiring bola jarak dekat. Teknik ini digunakan ketika pemain berada di area yang banyak terdapat pemain lawan. Tujuannya adalah untuk tetap mengontrol bola dan melewati pemain lawan yang mendekati dengan cara yang presisi.

  • Menggiring dengan Punggung Kaki

Untuk melakukan teknik menggiring bola dengan punggung kaki, kamu bisa mengikuti tahapan berikut: 1) Satu kaki berada di belakang dengan lutut sedikit ditekuk. 2) Satu kaki lagi yang digunakan untuk menendang bola, sedikit diangkat dan pergelangan kaki diluruskan. 3) Tendanglah bola dengan punggung kaki. 4) Lakukan beberapa kali secara perlahan dan terputus setiap langkah. 

  • Menggiring dengan Kaki Bagian Dalam

Teknik ini dilakukan dengan cara, yaitu: 1) Posisi berdiri menghadap arah gerakan dan pandangan lurus ke depan. 2) Posisi kaki penumpu berada di samping bola, sementara kaki yang akan digunakan menendang menghadap keluar. 3) Dorong bola menggunakan kaki bagian dalam dan ikuti arah bola. 4) Ulangi gerakan tadi secara perlahan dan terus menerus.

  • Menggiring dengan Kaki Bagian Luar

Gerakan menggiring bola satu ini dilakukan dengan cara: 1) Pandangan fokus pada bola. 2) Posisi badan bagian atas sedikit dibungkukkan. 3) Posisikan salah satu kaki berada di depan dekat bola dengan pergelangan kaki sedikit diputar ke dalam, sehingga kaki bagian luar menghadap ke bola. 4) Kaki lainnya berada di belakang untuk menjaga keseimbangan. 5) Tendanglah bola secara perlahan menggunakan kaki bagian luar. Tendangan dilakukan sambil berjalan atau berlari dan terputus setiap langkah.

3. Shooting

 

Shooting adalah teknik menendang bola yang berguna untuk membobol gawang lawan. Kamu bisa menggunakan 3 cara menendang, yaitu menggunakan punggung kaki, kaki bagian luar, maupun kaki bagian dalam. Untuk memulai shooting, kamu harus memfokuskan pandangan ke arah target. Kemudian, letakkan satu kaki di samping bola. Gunakan tenaga yang kuat untuk mengayun kaki dan menendang bola ke arah target. 

 

Dalam shooting sendiri, ada beberapa jenis teknik yang bisa kamu gunakan, di antaranya finesse shot (tendangan pisang ala David Beckham), instep drive, chip, volley (tendangan saat bola dioper dan belum menyentuh tanah), lob (ketika bola dilambungkan untuk melewati kiper), bicycle kick, curling, dan lainnya.  

4. Passing