Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

thumbnail

Author : Admin Soccer

Article Date : 07/09/2023

Article Category : News

Siapa sih yang tidak suka dengan sepak bola? Tak diragukan lagi, olahraga ini menjadi salah satu cabang yang paling digemari di dunia. Bahkan bisa dibilang cukup populer di Indonesia, ya. Apakah kamu salah satu yang gemar bermain sepak bola? Atau sedang ingin menekuni sepak bola?

 

Perlu kamu ketahui, bermain sepak bola tidak hanya sekedar ‘nendang-nendang’ bola saja, loh! Tapi ada teknik dasarnya. Nah, dengan mempelajari teknik dasar sepak bola ini, kamu akan lebih mudah untuk menguasai permainan. Lalu, ada apa saja sih teknik dasar sepak bola itu? Yuk, simak penjelasannya di artikel ini!

 

Ada 12 teknik dasar sepak bola yang bisa kamu ketahui, di antaranya:

1.Tackling

 

Teknik yang satu ini, umum digunakan dalam sepak bola (dan beberapa olahraga lainnya, seperti Rugby atau American Football). Tackling adalah teknik yang digunakan untuk menghalangi lawan agar tidak memasuki area pertahanan tim. Ada 3 jenis tackling yang biasa digunakan oleh pemain sepak bola, yaitu:

  • Block Tackle

Block tackle adalah teknik yang dilakukan untuk menghadang serangan lawan dari arah depan atau berhadapan. Tujuannya bukan untuk merebut bola, melainkan untuk mencegah lawan menendang bola ke arah gawang. Block tackle dilakukan menggunakan kaki atau telapak kaki, saat lawan telah berada di dekat jangkauan. Saat melakukan teknik ini, disarankan untuk mencari posisi yang memungkinkan perubahan arah secara cepat agar lawan tidak cedera. 

  • Poke Tackle

Poke tackle dilakukan untuk menghalangi serangan lawan dari samping atau belakang. Teknik ini dilakukan dengan mendorong kaki ke arah bola. Teknik ini memerlukan keseimbangan. Jadi, pastikan kamu mengkoordinasikan gerakan tubuh dengan baik, supaya tidak jatuh dan cedera. 

  • Slide Tackle  

Terakhir, slide tackle adalah jenis tackling dengan gerakan merosot (sliding). Pemain yang melakukan sliding tackle biasanya berlari menuju lawan dengan cepat, kemudian meluncurkan tubuhnya dengan satu atau kedua kaki ke depan untuk merebut bola. Teknik ini hanya dilakukan ketika sudah tidak ada lagi cara untuk menghalangi lawan. Namun, slide tackle cukup beresiko karena jika tidak dilakukan secara presisi, akan menyebabkan cedera atau pelanggaran.

2. Dribbling

 

Dribbling adalah teknik menggiring bola. Teknik ini wajib dikuasai oleh pemain bola, sebelum menguasai teknik lainnya. Dribbling dilakukan dengan cara membawa bola dengan kaki kamu, sambil mengatur kecepatan dan arah laju bola. Sama seperti tackling, ada beberapa macam teknik dribbling, yaitu:

  • Speed Dribbling

Speed dribbling dilakukan dengan cara menendang bola ke depan, lalu mengejar dengan cepat bola tersebut. Tujuannya untuk melepaskan diri dari penjagaan lawan dan mengalahkan pemain lawan dengan kecepatan. Karena speed dribbling harus dilakukan secara cepat, kamu harus punya fokus yang tinggi dalam melakukannya.

  • Close Dribbling

Sementara itu, close dribbling adalah teknik menggiring bola jarak dekat. Teknik ini digunakan ketika pemain berada di area yang banyak terdapat pemain lawan. Tujuannya adalah untuk tetap mengontrol bola dan melewati pemain lawan yang mendekati dengan cara yang presisi.

  • Menggiring dengan Punggung Kaki

Untuk melakukan teknik menggiring bola dengan punggung kaki, kamu bisa mengikuti tahapan berikut: 1) Satu kaki berada di belakang dengan lutut sedikit ditekuk. 2) Satu kaki lagi yang digunakan untuk menendang bola, sedikit diangkat dan pergelangan kaki diluruskan. 3) Tendanglah bola dengan punggung kaki. 4) Lakukan beberapa kali secara perlahan dan terputus setiap langkah. 

  • Menggiring dengan Kaki Bagian Dalam

Teknik ini dilakukan dengan cara, yaitu: 1) Posisi berdiri menghadap arah gerakan dan pandangan lurus ke depan. 2) Posisi kaki penumpu berada di samping bola, sementara kaki yang akan digunakan menendang menghadap keluar. 3) Dorong bola menggunakan kaki bagian dalam dan ikuti arah bola. 4) Ulangi gerakan tadi secara perlahan dan terus menerus.

  • Menggiring dengan Kaki Bagian Luar

Gerakan menggiring bola satu ini dilakukan dengan cara: 1) Pandangan fokus pada bola. 2) Posisi badan bagian atas sedikit dibungkukkan. 3) Posisikan salah satu kaki berada di depan dekat bola dengan pergelangan kaki sedikit diputar ke dalam, sehingga kaki bagian luar menghadap ke bola. 4) Kaki lainnya berada di belakang untuk menjaga keseimbangan. 5) Tendanglah bola secara perlahan menggunakan kaki bagian luar. Tendangan dilakukan sambil berjalan atau berlari dan terputus setiap langkah.

3. Shooting

 

Shooting adalah teknik menendang bola yang berguna untuk membobol gawang lawan. Kamu bisa menggunakan 3 cara menendang, yaitu menggunakan punggung kaki, kaki bagian luar, maupun kaki bagian dalam. Untuk memulai shooting, kamu harus memfokuskan pandangan ke arah target. Kemudian, letakkan satu kaki di samping bola. Gunakan tenaga yang kuat untuk mengayun kaki dan menendang bola ke arah target. 

 

Dalam shooting sendiri, ada beberapa jenis teknik yang bisa kamu gunakan, di antaranya finesse shot (tendangan pisang ala David Beckham), instep drive, chip, volley (tendangan saat bola dioper dan belum menyentuh tanah), lob (ketika bola dilambungkan untuk melewati kiper), bicycle kick, curling, dan lainnya.  

4. Passing

 

Teknik dasar sepak bola selanjutnya ada passing. Passing adalah teknik mengoper bola yang dilakukan untuk menembus garis pertahanan lawan. Teknik ini tidak hanya membutuhkan kemampuan individu, tapi juga kemampuan kerjasama tim antara kamu dengan 10 pemain lainnya yang akan kamu berikan (oper) bola. Passing dapat dilakukan dengan cara passing pendek, passing panjang, through pass, dan passing jauh (atau yang lebih sering dikenal dengan umpan lambung). 

 

Untuk melakukan passing, pertama-tama kamu harus memposisikan badan menghadap bola. Kemudian, fokus pada pemain yang akan kamu berikan (oper) bola. Tarik dan ayunkan kaki untuk menendang bola menuju pemain tersebut. Sesuaikan power kaki dengan jarak pemain yang akan diberikan bola, ya. 

5. Heading

 

Dalam peraturan permainan sepak bola, kamu memang tidak diperbolehkan menggunakan tangan, ya. Tapi, kamu masih boleh menggunakan bagian kepala untuk menyundul bola, loh. Nah, teknik inilah yang dinamakan heading (menyundul bola). Heading bisa kamu gunakan ketika kamu tidak bisa menggapai operan bola yang terlalu tinggi, membobol gawang lawan, atau passing.

 

Cara melakukannya, kamu perlu mengatur posisi dan waktu yang tepat untuk melompat. Kemudian, gunakan dahi kamu untuk menyundul bola ke arah target. Beberapa pemain dengan sundulannya yang terkenal, di antaranya Olivier Giroud, Zlatan Ibrahimovic, Cristiano Ronaldo.   

6. Stopping

 

Stopping adalah teknik untuk menghentikan bola. Kemampuan menghentikan bola dengan baik dapat membantu pemain mengendalikan permainan, melewati pemain lawan, atau memulai serangan, loh. Ada beberapa teknik yang digunakan untuk menghentikan bola (stopping), tergantung pada situasi dan posisi pemain, antara lain:

  • Menghentikan Bola Menggunakan Kaki

Untuk menghentikan bola dengan kaki, kamu bisa menggunakan kaki bagian luar, dalam, telapak, dan punggung. Caranya, kamu harus memfokuskan dulu pandangan pada bola yang mengarah ke kamu. Kemudian, hentikan bola menggunakan bagian-bagian kaki tergantung dari arah datangnya bola. Pastikan juga kamu langsung  menjaganya dari tackle-an musuh.

  • Menghentikan Bola Menggunakan Paha

Cara ini sama dengan teknik stopping menggunakan kaki, ya. Kamu bisa mengangkat satu kaki untuk menahan bola menggunakan paha, kemudian atur gerakan agar bola jatuh sempurna di depanmu. Pemain juga bisa menggunakan paha untuk menghentikan bola, ketika bola yang datang cukup tinggi (sebatas paha hingga pinggang). 

  • Menghentikan Bola Menggunakan Dada

Nah, ketika bola yang datang lebih tinggi lagi, sekitar setinggi dada kamu, kamu juga bisa menggunakan dada untuk menghentikan bola itu. Caranya, fokuskan pandangan pada bola yang menuju ke arahmu. Kemudian, kamu bisa memajukan atau memundurkan badan. Lebarkan kedua tangan dan dada, lalu tahan bola.

7. Intercepting

 

Intercepting adalah teknik dasar sepak bola yang berguna untuk merebut bola dari tim lawan. Teknik ini juga bermanfaat untuk menahan serangan dan menghentikan laju umpan lawan. Sebelum melakukannya, kamu perlu membaca arah pergerakan lawan terlebih dahulu. Selain itu, kamu juga perlu berhati-hati saat merebut bola. Karena jika langkahnya kurang tepat, kamu berpotensi untuk terjatuh, atau melukai kaki lawan dan mendapatkan sanksi pelanggaran. 

8. Sweeping

 

Sweeping atau teknik menyapu bola, juga bisa digunakan untuk menghentikan serangan lawan. Biasanya, seorang pemain bertahan atau kiper menggunakan teknik sweeping untuk menghalau bola, terutama ketika bola berada di dekat area pertahanan. Teknik ini dilakukan dengan sapuan kaki yang menjulur ke depan dan menerjang ke samping untuk meraih bola. Untuk melakukannya, kamu perlu timing yang tepat agar bola berhasil direbut. 

9. Goal Keeping

 

Goal Keeping adalah teknik yang hanya dilakukan oleh penjaga gawang. Karena, pada teknik ini, kiper akan menggunakan tangannya untuk menghalau bola. Dengan kata lain, goal keeping merupakan bentuk pertahanan terakhir dari seorang kiper sebagai penjaga gawang. Jika kamu seorang kiper, kamu perlu melatih refleks menangkap bola ke kiri dan kanan, serta menguasai teknik menendang dengan power yang kuat.

10. Juggling

Pernahkah kamu melihat pemain bola memantul-mantulkan bola menggunakan pahanya? Atau kamu pernah melakukannya? Nah, dalam permainan sepak bola, itu dinamakan juggling. Teknik ini dipakai supaya pemain dapat lebih lihai dalam mengontrol bola, bahkan bisa menjadi strategi untuk menipu lawan di lapangan. 

 

Untuk melakukannya, pertama-tama, kamu harus fokuskan pandangan ke arah bola. Kemudian, tarik bola menggunakan telapak kaki menuju ujung kaki. Ketika bola sudah menyentuh ujung kaki, angkat kaki sehingga bola juga ikut terangkat. Tetap fokus, dan usahakan bola tidak jatuh ke tanah.

11. Throw In

 

Teknik dasar sepak bola selanjutnya adalah throw in atau teknik lemparan ke dalam. Teknik ini biasanya dilakukan saat bola terlempar keluar lapangan, dan pemain harus memasukkan bola kembali ke dalam lapangan. Caranya, pemain hanya perlu melemparkan bola menggunakan kedua tangan ke arah pemain satu tim yang ingin kamu berikan bola. Hal yang perlu diingat saat melakukan throw in adalah, jangan menyentuh bola sebelum pemain lain menyentuh bola tersebut.  

12. Running off The Ball  

 

Terakhir adalah teknik running off the ball. Teknik ini bisa dilakukan oleh para pemain ketika sedang tidak membawa bola. Alih-alih mereka akan berlari sambil menggiring bola melewati satu per satu pemain lawan, justru mereka hanya berlari mengikuti arah pergerakan bola, menciptakan peluang bagi rekan satu tim untuk bisa mengoper bola, hingga menciptakan gol. Running off the ball biasanya dilakukan oleh pemain sayap. Kamu bisa mengembangkan teknik ini dengan berlatih berlari diagonal ke tengah.

 

Nah, itulah beberapa teknik dasar sepak bola yang bisa kamu pelajari. Dengan menguasai teknik dasar ini, bisa membantu kamu untuk menjadi pemain sepak bola yang hebat, loh! Yuk, ketahui hal-hal menarik lainnya seputar sepak bola di blog ini!

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Soccer

Source:Supersoccer

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

3 Tim yang Paling Banyak Memiliki Wonderkid Mahal, Nomor 1 Ada Barcelona!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Di Tangan Hansi Flick, Barcelona Bakal Mirip Era Guardiola dan Cruyff

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Julian Alvarez Mau Cabut? Manchester City Langsung Patok Harga Tinggi!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Meski Berstatus Bintang, Para Pemain Ini Gak Pernah Ikutan di Olimpiade

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Ambil Gak? Inter Milan Ditawari Jasa Memphis Depay dan Domenico Berardi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mulai Bergerak, Barcelona Siapkan Kontrak Menggiurkan Buat Dani Olmo

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Guardiola dan Klopp Bakal Bosan Kalau Jadi Pelatih Inggris, Kenapa?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

3 Transfer Pemain yang Mungkin Lo Lewatkan karena Pesta Bola Eropa

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Digosipkan Jadi Pelatih Timnas Inggris? Begini Respon Josep Guardiola

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Liverpool Siap Tebus Klausul Rilis Takefusa Kubo, Segini Nilainya

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /