Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Soccer

Article Date : 21/11/2023

Article Category : News

Bagi lo masing-masing pencinta kedua olah raga bola ini, mungkin sudah saatnya berhenti berdebat mengenai siapa yang paling baik. Walaupun sama-sama berbentuk permainan bola yang ditendang, pada dasarnya dua jenis olahraga ini memiliki perbedaan yang cukup banyak. Apa aja itu? Nah, kali ini kita akan membahas mengenai perbedaannya. Tanpa basa-basi, langsung check it out!

1. Jumlah Pemain

Di sepak bola, setiap tim punya sebelas pemain di lapangan. Ini termasuk pemain bertahan, gelandang, penyerang, dan tentunya, kiper yang jadi pahlawan belakang gawang. Jumlahnya agak banyak, kan? Jadi, setiap pemain punya peran masing-masing dalam tim.

Sedangkan di futsal, ceritanya lebih sederhana. Tiap tim cuma punya lima pemain di lapangan. Bayangin kayak main bola di halaman rumah, yang penting seru dan nggak terlalu banyak pemain, Tapi ketika sudah dalam pertandingan sikap profesionalitas tetap dijunjung tinggi ya.. Jadi, setiap pemain di futsal harus jadi serba bisa, bisa ngegolin dan juga ngebela gawang. Hemat ruang, tapi tetap seru!

2. Waktu permainan

Waktu permainan juga beda, nih. Pertandingan futsal tradisional sekitar 40 menit, dibagi jadi dua babak masing-masing 20 menit. Tapi, kadang durasi futsal bisa disesuaikan asal disetujui tim dan wasit sebelumnya, walaupun jarang banget. Kalau sepak bola, main dua babak masing-masing 45 menit, ada jeda 15 menit di tengahnya.

3. Posisi Penjaga Gawang

Peran penjaga gawang juga sama, tapi ada sedikit perbedaan. Penjaga gawang sepak bola cuma boleh pake tangan di area penalti. Tugas utamanya? Jaga gawang, tentunya! Penjaga gawang futsal punya tugas yang mirip, tapi mereka juga ikut-ikutan main serangan timnya.

4. Wasit Sepak Bola vs Wasit Futsal

Nah, tentang wasitnya, sepak bola biasanya punya satu wasit dan dua asisten wasit. Kalau futsal, cuma ada satu wasit dan satu "wasit kedua." Keduanya punya wewenang yang sama, kecuali soal waktu dan keputusan nge-suspend atau nggak lanjutin pertandingan. Dengan dua wasit, futsal jadi lebih efisien dan nggak ada drama berlebihan.

5. Ukuran Bola

Ukuran bola juga bikin perbedaan. Bola sepak bola standar pakai yang ukuran 5, sementara futsal pilih bola yang lebih kecil dan padat, dengan pantulan yang lebih rendah.

6. Aturan Pergantian Pemain

Nah, soal pergantian pemain juga beda. Sepak bola boleh tiga kali pergantian pemain dalam satu pertandingan, sementara futsal lebih fleksibel, boleh ganti pemain sepuasnya. Biar lebih lincah dan seru!

7. Offside

Aturan offside cuma ada di sepak bola. Artinya, pemain dianggap offside kalau dia lebih dekat ke gawang lawan daripada bola dan pemain bertahan kedua terakhir saat terima umpan. Futsal? Gak usah ribet, gak ada aturan offside!

8. Time out

Manajemen waktu juga beda, nih. Sepak bola nggak punya time-out, main terus tanpa henti. Futsal, sebaliknya, setiap tim punya satu kali time-out per babak, selama satu menit. Istirahat cepat buat nyusun strategi dan recharge energi!

9. Aturan Pelanggaran

a. Pelanggaran di Sepak Bola

Pada sepak bola, pelanggaran biasanya lebih bersifat individu. Pelanggaran ini juga dibagi menjadi beberapa jenis:

  • Pelanggaran Ringan: Misalnya, menjatuhkan lawan tanpa tujuan jelas atau melakukan tackle yang kurang hati-hati.

  • Pelanggaran Sedang: Mungkin menyikut lawan atau melakukan pelanggaran yang agak kasar.

  • Pelanggaran Berat: Seperti tekel berbahaya atau menyikut lawan dengan sengaja.

b. Pelanggaran di Futsal

Pada futsal juga memiliki beberapa aturan dasar terkait pelanggaran yaitu sebagai berikut ini nih:

  • Pelanggaran Ringan: Contohnya, menyentuh lawan secara kasual atau menghalang-halangi gerakan mereka.

  • Pelanggaran Sedang: Misalnya, melakukan tackle yang terlalu keras atau menggagalkan serangan lawan dengan cara yang kurang fair.

  • Pelanggaran Berat: Seperti melakukan tekel berbahaya atau melanggar dengan cara yang bisa membahayakan pemain lawan.

c. Akumulasi Pelanggaran

Nah, di futsal, ada yang namanya "akumulasi pelanggaran." Ini artinya, kalau satu tim udah kumpulin sejumlah pelanggaran tertentu dalam satu babak, lawan bakal dapet hadiah. Mulai dari tendangan bebas tanpa rintangan sampai tendangan penalti kalau pelanggarannya parah banget.

Sedangkan di sepak bola, nggak ada konsep akumulasi pelanggaran seperti di futsal. Pelanggaran dihitung secara individual, dan pemain bisa dapat kartu kuning atau merah tergantung seberapa parah pelanggarannya.

Jadi, beda-beda tipis ya. Di futsal, tim harus ekstra hati-hati dengan pelanggaran, soalnya bisa berakibat pada keuntungan besar bagi lawan. Sementara di sepak bola, setiap pelanggaran dihitung sendiri, tapi bisa berujung pada kartu kuning atau merah. Yang pasti, baik di sepak bola maupun futsal, fair play selalu jadi kunci!

10. Aturan Bola ke Luar Lapangan

Kalau bola keluar lapangan, sepak bola kasih lemparan ke dalam buat tim lawan. Bikin kesempatan baru buat memulai serangan. Futsal lebih kekinian, pake tendangan ke dalam aja, harus ditempatin di pinggir lapangan sebelum mulai lagi.

Jadi, intinya, sepak bola dan futsal punya karakteristik sendiri-sendiri. Meski ada kesamaan, seperti bola dan gawang, perbedaan-perbedaan ini justru yang bikin keduanya jadi unik dan menarik!

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Futsal Soccer #Soccer #Industri Sepakbola

Source:Supersoccer

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Suning Group Terdepak dari Inter Milan, Kapan Oaktree Capital Ambil Alih Klub?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Bursa Pelatih Anyar Barcelona: Hansi Flick dan Rafa Marquez Jadi Pilihan Realistis

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Arsenal Berburu Striker Baru: Selain Alexander Isak, Siapa Lagi yang Dibidik?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Rio Ferdinand: Manchester United Akan Pecat Erik Ten Hag Usai Final FA Cup

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Arsenal Gagal Juara Premier League, Kai Havertz: Rasanya Tidak Adil

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Rodri Sindir Arsenal: Mereka Tak Mau Kalahkan Manchester City!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Pengertian dan Kepentingan Fair Play dalam Sepak Bola

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mengenal Goal Line Technology: Inovasi yang Mengubah Sepak Bola

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Cristiano Ronaldo: Arsenal Takkan Jadi Juara Premier League!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mohamed Salah Mengenang Kali Pertama Berbicara dengan Jurgen Klopp

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /