Kalau band lo mau lebih terkenal, lo perlu punya strategi promosi yang cakep. Media sosial bisa jadi cara lo buat bikin promosiin musik atau band lo, tapi posting foto atau musik terbaru lo aja ga cukup. Lo juga perlu boost sosial media lo lewat beberapa cara lainnya.
Jika lo adalah musisi atau tergabung dalam sebuah band dan merasa promosi media sosial yang dilakukan masih belum tepat, ada baiknya kembali menyusun ulang strategi pemasarannya. Simak tips mengelola media sosial yang bisa dilakukan dengan mudah, Supefriends.
-
Lakukan riset tentang pendengar
Strategi pertama adalah melakukan riset tentang karakteristik musik yang dibawakan. Riset ini bisa mengambil dasar dari beberapa band atau musisi yang lebih dulu terlihat sukses mengelola media sosialnya. Temukan kelebihan dan kekurangannya. Lalu, coba untuk aplikasikan sekaligus mencari titik pembeda untuk memberikan hal unik kepada pendengar genre musik yang lo pilih.
Lo juga bisa meriset arahan artistik konten atau karya yang ingin diunggah. Pilihlah arahan artistik yang sesuai dengan selera dari penggemar atau pendengar genre musik yang masih satu irisan agar para penggemar atau pendengar bisa lebih dekat dan tidak perlu merasa kaget dengan hal baru yang coba dibawakan dari media sosial lo yang baru mereka kenal.
-
Sesuaikan konten dengan data analisis
Tips mengelola media sosial selanjutnya adalah melibatkan data analisis yang dimiliki tentang genre musik yang lo pilih ke dalam konten-konten di media sosial. Data analisis tersebut berupa data yang lo dapatkan dari riset di berbagai platform. Platform riset media sosial yang bisa digunakan di antaranya ada Google Analytics, Facebook Analytics, Instagram Insights, dan masih banyak lagi.
Lo bisa menemukan analisis data terkait demografis pendengar atau penggemar musik yang lo usung. Rock misalnya. Dari data tersebut, lo bisa mulai aplikasikan membuat konten-konten suplementer di luar karya demi mendapatkan target demografi yang tepat. Sedangkan konten-kontennya bisa dibuat dengan substansi yang ringan sehingga dapat menarik interaksi lebih lanjut.
-
Lakukan promosi sesuai dengan konten
Tips selanjutnya adalah memaksimalkan akun yang lo miliki sebagai ladang promosi hingga menjadi tambahan pemasukan. Selain untuk mempromosikan lagu, lo pun bisa menggunakan media sosial untuk memperkenalkan koleksi merchandise baru sembari meningkatkan popularitas lo sebagai musisi atau band lo.
Memaksimalkan promosi merchandise bisa dilakukan demi meningkatkan interaksi sekaligus menarik follower baru. Meskipun lo punya gambaran sendiri tentang merchandise yang akan diperkenalkan melalui media sosial, lo pun tetap harus mengikuti arahan konten dari analisis data yang didapat sebelumnya.
-
Quality over quantity
Kuantitas konten memang masih jadi hal yang cukup memengaruhi algoritma agar akun lo jadi selalu terlihat. Tapi … memberikan kualitas konten tentu nggak kalah penting, Superfriends. Kalo lo nggak membarengi dengan kualitas konten yang baik, konten-konten yang diunggah seakan tidak memiliki kekuatan atau keunikannya sendiri.
-
Kolaborasi dan Ikutan Lomba Musik
Supaya band lo lebih terkenal lo perlu kolaborasi dengan brand atau ikutan lomba musik. Kenapa begitu? Karena kalo lo ikutan lomba musik, besar kemungkinan lo untuk dapat exposure dari ajang tersebut. Jadi dengan begini band lo bisa lebih terkenal!
Nah, kalau lo mau bikin band lo terkenal dan bikin socmed lo rame dengan ikutan lomba musik, mendingan lo ikutan ajang paling seru tahun ini: SUPERMUSIC SUPERSTAR 2023. Hadiah sebesar Rp750 juta udah nungguin lo untuk dibawa pulang, Superfriends.
Lo bisa upload karya materi musik yang paling SUPER dari beragam genre macem rock, pop, metal, punk, dan apa pun yang lo suka ke media sosial. Nah, kalo lo juga suka menggambar, bikin ilustrasi, mural, atau art project lainnya yang SUPER, lo juga bisa upload kok di beragam platform media sosial. Yuk, langsung simak syarat dan ketentuan, submission mechanism, dan cerita seru lainnya di sini.
ARTICLE TERKINI
1 Comments
Daftar dan Dapatkan Point Reward dari Superlive
Muhamad Saifudin
01/11/2024 at 08:34 AM