Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Music

Article Date : 30/11/2023

Article Category : News

Bernyanyi dan bermain musik adalah hobi yang menyenangkan. Pernah nggak lo ngeliat temen lo atau orang lain yang jago banget mainin alat musik tertentu? Mereka kelihatan happy dan keren banget pas mainin alat musik. Lo juga bisa belajar buat main alat musik yang lo suka. Nggak ada kata terlambat buat belajar. Nah, pas banget kali ini SuperMusic bakal ngeshare beberapa tips kalau lo baru mau belajar main alat musik. Simak, ya!

1. Pilih alat musik yang sesuai

Tips pertama adalah, pilih alat musik yang mau lo pelajari. Ini bisa disesuaiin sama minat, preferensi, atau alat musik yang udah lo pernah pelajari. Misalnya, lo pernah belajar main gitar sebelumnya, nah lo bisa lanjutin buat belajar main gitar. Atau milih buat belajar mainin alat musik baru juga bisa.

Misalnya, lo suka melodi, mungkin piano atau gitar bisa jadi pilihan yang baik. Tapi, kalau lo suka sama ritme, drum bisa jadi opsi yang menarik. Intinya, pertimbangin dulu alat musik apa yang mau lo pelajari, sesuaiin sama minat lo, ya biar belajarnya enjoy.

2. Miliki alat musik dan peralatan yang tepat

Nah, tips yang kedua, miliki alat musik yang berkualitas dan sesuai sama budget lo. Nggak harus beli yang baru, lo bisa beli yang secondhand tapi kualitasnya masih oke dan masih nyaman buat dipakai main. Jangan lupa peralatan tambahan yang dibutuhin, misalnya tuner buat gitar atau metronome buat bantu jaga ritme, dan lain sebagainya.

Biar alat musik lo umurnya panjang, jangan lupa buat belajar cara ngerawat, bersihin, dan penyetelan dengan benar.

3. Pahami bagian-bagian alat musik

Sebelum mulai belajar bermain, coba buat pahami bagian-bagian utama dari alat musik lo. Misalnya, pada gitar, kenali senar, fret, dan bagian lainnya. Hal ini bakal ngebantu lo buat lebih paham soal dasar-dasar instrumen sebelum lo mulai memainkannya.

4. Pelajari notasi musik dasar

Selanjutnya, pelajari notasi musik dasar, apalagi kalau lo milih alat musik yang pakai not balok kayak piano. Belajar notasi dasar sebelum memainkan alat musik penting karena ngebantu dalam komunikasi musikal.

Kalau lo udah biasa baca dan nulis musik pakai notasi, proses belajar lagu baru jadi lebih efisien, nggak cuma bergantung sama pendengaran aja. Selain itu, dengan paham notasi juga bisa ngebuka peluang buat nyusun komposisi sendiri dengan pemahaman yang lebih baik terhadap elemen-elemen musik kayak melodi, harmoni, dan ritme.

5. Pelajari teknik dasar bermain alat musik

Selanjutnya adalah, pelajari teknik dasar memainkan alat musik. Teknik dasar ini mencakup aspek kontrol, presisi, dan postur yang jadi elemen kunci dalam permainan musik. Lo bakal belajar buat cara megang alat musik yang benar, cara menggunakan tangan atau jari-jari dengan efisien, dan teknik pemetikan atau penekanan kunci yang tepat. Semua ini bakal ngebantu nyiptain suara yang jelas dan melatih kontrol artistik.

Nggak sebatas itu aja, paham teknik dasar dengan baik juga bisa bantu mencegah cedera fisik. Misalnya postur tubuh, ini bisa menghindarkan lo dari risiko cedera karena repetisi gerakan. Itu kenapa belajar teknik dasar bukan cuma tentang ngasilin suara yang baik, tapi juga ngejaga kesehatan dan kenyamanan bermain.

6. Ikuti tutorial dari berbagai media

Lo bisa dapet tutorial mainin alat musik dari dasar di berbagai media sosial kayak TikTok, YouTube, atau platform pembelajaran musik lainnya. Lo juga bisa belajar dari buku yang. Ini bantu ngasih panduan visual dan instruksi langkah demi langkah.

7. Praktek rutin

Kunci keberhasilan belajar alat musik adalah praktek yang rutin. Sediain waktu setiap hari, meskipun lo cuma punya beberapa menit aja buat latihan. Dengan praktik yang konsisten, lo nggak cuma ngasah keterampilan motorik halus dan koordinasi tubuh yang dibutuhin buat main alat musik, tapi juga ngebentuk "memori muscular" yang bikin gerakan-gerakan tersebut jadi lebih otomatis.

Selain itu, praktik yang terus-menerus ngebantu melatih telinga buat mendengar dengan lebih tajam, nambah pemahaman teori musik, dan ningkatin stabilitas ritme.

8. Mulai dengan lagu-lagu sederhana

Lo bisa mulai dengan lagu-lagu yang sederhana atau mudah buat dimainin, sesuai sama keterampilan lo. Misalnya lagu-lagu dengan akord dasar atau melodi yang relatif gampang buat lo pahamin. Biar belajarnya makin semangat, coba cari deh lagu kesukaan lo yang kira-kira gampang buat dipelajari dan dimainin apa. Ini bisa nambahin semangat dan motivasi belajar lo.

9. Gabung dengan komunitas musik

Komunitas berisi orang-orang dengan minat atau kepentingan yang sama. Gabung ke komunitas musik bisa bantu lo ketemu banyak orang yang suka atau lagi belajar musik. Nah, lewat komunitas ini lo bisa diskusi, sharing pengalaman, atau minta saran yang bisa jadi sumber motivasi atau inspirasi. Lewat komunitas, mungkin juga lo bisa ketemu temen belajar bareng atau mentor yang mau ngajarin cara main alat musik.

10. Ambil kursus musik

Tips terakhir adalah ambil kursus alat musik. Kalau memungkinkan, lo bisa pertimbangin buat ambil les atau kursus sama guru musik. Mereka bakal ngasih panduan secara personal, step by step, ngajarin teknik dasar, ngasih feedback langsung tiap selesai kursus, dan bantu lo buat ngatasin hambatan spesifik di proses belajar lo.

Apalagi kalau lo tipe orang yang kurang cocok belajar musik secara online, belajar offline bareng guru musik bisa jadi solusi yang pas. Pelajaran langsung juga memungkinkan lo buat paham teknik dan konsep musik dengan lebih baik.

Bisa bermain alat musik nggak instan, ya. Sama kayak proses belajar hal lainnya, butuh waktu dan proses. Yang penting lo harus sabar dan konsisten biar semangat nggak kendor di tengah jalan. Semangat terus ya belajar alat musiknya, semoga cepet jago! Jangan lupa ikuti terus update soal musik paling lengkap hanya di SuperMusic!

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#industri musik

Source:Supermusic

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

LØLØ Rilis Album Perdana 'falling for robots & wishing i was one'

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Balik ke Eropa, Burgerkill Gelar Euro Rampage Tour

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Danesa Lepas Maxi Single Bertajuk Years to Keep dan About Time

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Pluviophile Single Terbaru Bertajuk L.E.S

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Palm Trees Kembali dengan Single Terbaru Berjudul Terjerat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

House of Protection Lepas Single Kedua Bertajuk Learn to Forget

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Shye Berikan Single Baru Berjudul Wonderful Day

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Cigarettes After Sex Rilis Single Terbaru, Baby Blue Movie

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Electra Remake Lagu “Kau” Milik T-Five

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Ariana Grande Rilis Musik Video Single The Boy Is Mine

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /